Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip Profil dan Harta Kekayaan Raja Salman yang Fantastis

Raja Salman, menggantikan mendiang saudara laki-lakinya yakni Abdullah bin Abdulaziz Al Saud pada tahun 2015. Raja Abdullah dilaporkan meninggal pada usia 82 tahun dengan kekayaan sebesar US$17 miliar.
Jessica Gabriela Soehandoko
Jessica Gabriela Soehandoko - Bisnis.com 09 Mei 2022  |  15:18 WIB
Intip Profil dan Harta Kekayaan Raja Salman yang Fantastis
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Raja Salman, salah satu anggota yang paling berpengaruh dari keluarga kerajaan dan diketahui memiliki kekayaan yang fantastis. 

Raja Salman, menggantikan mendiang saudara laki-lakinya yakni Abdullah bin Abdulaziz Al Saud pada tahun 2015. Raja Abdullah dilaporkan meninggal pada usia 82 tahun dengan kekayaan sebesar US$17 miliar.

Dilansir dari CNBC, diketahui bahwa kekayaan keluarga kerajaan ini bisa mencapai lebih dari US$1 triliun pada tahun 2021. 

Kemudian, diketahui bahwa keluarga kerajaan mengendalikan perusahaan minyak milik negara bernama Saudi Aramco. 

Saudi Aramco adalah perusahaan gas alam dan minyak milik negara. Saudi Aramco merupakan perusahaan cadangan minyak mentah terbesar kedua dan produsen minyak harian terbesar, dilansir dari The Richest. 

Berdasarkan laporan dari Forbes pada Maret 2021, Saudi Aramco memiliki kapitalisasi pasar  sebesar US$1,9 triliun. Saudi Aramco juga masuk dalam daftar Global 2000 2021 Forbes dalam urutan kelima dengan penjualan sebesar US$229,7 miliar dan keuntungan sebesar US$49,3 miliar. 

Bahkan diketahui juga bahwa harta kekayaan keluarga Raja Salman mengungguli kerajaan Inggris. 

Mengenai kekayaan lainnya, keluarga kerajaan Arab Saudi berusaha merahasiakan informasi mengenai aset mereka. 

Namun berdasarkan laporan dari The Richest, Raja Salman memiliki setidaknya empat perkebunan mewah. Salah satu istananya yakni Istana Murabba, memiliki 32 kamar dan sekitar tujuh halaman. 

Kemudian, Raja Salman juga memiliki istana kedua bernama Istana Al Yamama dengan 400 kamar. Istana Riyadh juga memiliki lampu gantung, dekorasi emas dan dikenal mewah karena delapan lantai marmernya.

Raja Salman kemudian juga memiliki perkebunan mewah lain yang dikenal Istana Erga. Istana ini memiliki lantai mozaik dan ukiran unik di langit-langitnya yang tinggi serta memiliki dinding yang besar. 

Pewarisnya dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, juga diketahui memiliki puri senilai US$300 juta di Prancis yang disebut sebagai rumah paling mahal di dunia. 

Sang pewaris takhta juga memiliki superyacht bernama Serene dengan harga sekitar US$500 juta dan dianggap sebagai salah satu yacht paling mahal di dunia. 

Kemudian, putra mahkota juga memiliki lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci dengan harga sekitar US$450 juta dalam lelang rahasia. Dirinya diketahui menyukai karya seni. 

Dalam wawancara dengan CBS News, sang putra mahkota mengatakan bahwa dirinya bukan orang kaya dan bukanlah orang miskin. 

“Saya bukan Gandhi atau Mandela. Saya anggota keluarga penguasa yang ada selama ratusan tahun sebelum berdirinya Arab Saudi. Kami memiliki tanah yang sangat luas, dan kehidupan pribadi saya sama seperti 10 atau 20 tahun yang lalu” Ucapnya. 

Kemudian dalam wawancara tersebut, dirinya mengatakan bahwa sebagian besar kekayaannya digunakan untuk amal. Dirinya menghabiskan sebesar 51 persen untuk orang-orang dan sebesar 49 persen untuk dirinya sendiri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

orang terkaya raja salman tokoh bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top