Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

9 Ide Bisnis untuk Fresh Graduate

Berikut adalah ide bisnis murah yang bisa Anda mulai sebagai lulusan baru.
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 14 Juni 2022  |  15:59 WIB
Fitness. - istimewa
Fitness. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Buat fresh graduate yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, ada  yang memilih untuk bekerja kantoran, tapi banyak juga yang memilih menjadi wirausaha.

Banyak pilihan ide bisnis yang dijalankan para fresh graduate pasca lulus kuliah.

Berikut adalah ide bisnis murah yang bisa Anda mulai sebagai lulusan baru seperti dilansir dari bussinessnewsdaily.

1. Perusahaan pakaian

Jika Anda memiliki skill atau keahlian dalam fesyen, maka memulai membuka usaha fesyen bisa menjadi peluang bagus.

Mengetahui cara menjahit atau menyablon akan membantu Anda memulai bisnis ini, tetapi pada akhirnya Anda harus menemukan produsen yang baik untuk mencapai tahap perkembangan bisnis berikutnya. Seperti halnya bisnis apa pun, produk berkualitas tinggi yang dikombinasikan dengan keterampilan pemasaran yang hebat adalah kunci sukses. 

2. Pembuatan konten

Berkat media sosial orang yang kreatif seperti penulis dan desainer grafis dapat menggunakan bakat mereka untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi yang.

Lewat sarana ini, orang lebih memasarkan dirinya. Ini juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membangun keterampilan Anda jika Anda memilih untuk mencari pekerjaan penuh waktu. Pastikan Anda memiliki pengetahuan tentang konten yang Anda buat.

3. Mekanik alat elektronik

Di dunia yang serba teknologi saat ini, kebanyakan orang menggunakan smartphone, tablet, dan laptop. Nah, ketika gadget mereka rusak, pasti akan mencari mekanik untuk memperbaikinya.

Ini menjadi peluang Anda jika memiliki kemampuan untuk memperbaiki alat elektronik.

4. Hiburan acara

Buat Anda yang suka merancang sebuah acara, maka ini menjadi peluang menjanjikan. Memanaje sebuah acara, atau memberikan acara hiburan di sebuah acara seperti persewaan speaker, subwoofer, dan aksesori lainnya.

5. Instruktur kebugaran

Buat Anda yang hobi gym, maka menjadi instruktur kebugaran menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menjadi instruktur private yang bisa dipanggil ke rumah, atau menyewakan jasa Anda di fitnes centre.

6. Desain grafis

Apakah Anda ahli dengan perangkat lunak seperti Adobe Illustrator atau Photoshop? Meluncurkan bisnis desain freelance desain grafis menjadi pilihan Anda. 

7. Kerajinan tangan

Apakah Anda memiliki bakat merajut, membuat perhiasan, atau membuat kerajinan kecil lainnya? Jika iya, Anda dapat membuka  etalase online dan menjual kreasi ke publik. Biaya awal sangat rendah jika Anda membeli bahan dalam jumlah besar dari pemasok kerajinan, dan jika Anda bisa mendapatkan pesanan dengan cepat.

8. Konsultasi media sosial

Ingin memanfaatkan gelar pemasaran atau komunikasi Anda? Pertimbangkan untuk memulai perusahaan konsultan media sosial. Usaha kecil sering kali harus mengurus  pemasaran media sosial mereka sendiri. Namun, dengan begitu banyak tanggung jawab lain, pemilik perusahaan mungkin terlalu sibuk untuk membuat strategi hebat untuk setiap saluran sosial yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh bisnis yang jumlahnya terus bertambah.

9. Mengajarkan keterampilan Anda

Apakah Anda seorang ahli dalam fotografi? Gitar? Pertimbangkan untuk memulai bisnis lepas yang mengajarkan keterampilan yang Anda miliki kepada orang lain. Ini adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan (dan memonetisasi) bakat Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peluang bisnis ide bisnis
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top