Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aplikasi Selly Bikin Balon Bunga Kian Merekah

Melalui aplikasi Selly, UMKM merasakan efisiensi dan kemudahan dalam menjalankan bisnis
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 04 Juli 2022  |  09:37 WIB
Aplikasi Selly Bikin Balon Bunga Kian Merekah
Foto: Dok. GoTo Financial

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring meningkatnya penyelenggaraan pesta kecil dalam rumah selama pandemi Covid-19, baik itu ulang tahun anak, pernikahan, bridal maupun baby shower, dekorasi berbasis balon menjadi salah satu tren.

Emasurya Sarpono atau akrab disapa Ema, pemilik dari Balon Bunga yang menyediakan jasa dekorasi berbasis balon sejak 1993 mengakui ikut kecipratan rezeki dari tren itu. 

Sebelum digarap Ema, bisnis Balon Bunga yang berbasis di Semarang ini dijalankan secara tradisional, mengandalkan info dari mulut ke mulut dan brosur yang diedarkan ke masyarakat.   

Ema melihat hal ini kurang efektif dan mulai menerapkan sejumlah inovasi digital mulai dengan membuat akun sosial media, Whatsapp resmi untuk bisnis dan bekerjasama dengan influencer

Ema mengerti betul bahwa eksistensi digital merupakan hal yang sangat penting untuk Balon Bunga. Dia mengelola pelanggan-pelanggannya dan menyediakan jasa konsultasi terkait selera dekorasi unik yang diinginkan oleh pelanggan. 

Seiring berkembangnya bisnis, lama kelamaan Ema mulai merasa kerepotan dengan permintaan serta chat pelanggan yang makin banyak dan beragam. 

Pada 2017, Ema melihat aplikasi Selly, solusi bisnis dari GoTo Financial melalui salah satu iklan di Instagram. Sejak saat itu, dia pun mulai menggunakan aplikasi tersebut.

Selly merupakan keyboard berbasis aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan para penjual online mengelola pesanan dengan fitur auto text untuk mudah menyimpan berbagai template jawaban. 

“Melalui Selly, saya tidak perlu repot-repot membuka banyak aplikasi. Aplikasi Selly bisa membuat tagihan, cek ongkir, pesan kurir, terima pembayaran online, sampai cek status transaksi,” jelas Ema. 

Merasakan efisiensi setelah menggunakan Selly, Ema merekomendasikan Selly kepada teman-teman di komunitas dekorator balon yang dia ikuti dan membuat video tutorial penggunaannya. 

Ema mengatakan melalui dukungan Selly, Balon Bunga mengalami kenaikan transaksi penjualan hingga 50% selama pandemi tepatnya dari 2020 ke 2021. 

Kendati mulai berjualan secara online, Ema tidak meninggalkan penjualan offline demi menunjang kredibilitas bisnis. Saat ini Balon Bunga juga melayani pembelian retail maupun grosir. 

Sebagai pelaku bisnis, Ema berprinsip kepuasan pelanggan selalu menjadi prioritas Balon Bunga. Ema juga mengaku bukanlah hal yang mudah mengatur karyawan untuk melakukan proses bisnis jualan sehari-harinya secara efisien.

Ke depan, Ema bertekad untuk terus berinovasi agar Balon Bunga dapat menjadi lebih besar lagi dan dapat memberikan kebahagiaan ke lebih banyak pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

GoPay Goto
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top