Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Entrepreneur: Arti dan Manfaat Hak Paten

Ada 7 manfaat terpenting yang datang dengan perlindungan paten yang harus Anda pelajari sebagai pengusaha
Hak Kekayaan Intelektual/lp2m
Hak Kekayaan Intelektual/lp2m

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam bisnis, mungkin Anda terbiasa mendengar istilah paten atau hak paten.

Paten adalah Hak milik yang diberikan kepada penemu untuk mengecualikan orang lain dari membuat, menggunakan, menawarkan untuk dijual, atau menjual penemuan untuk waktu yang terbatas dalam pertukaran untuk pengungkapan publik penemuan ketika paten diberikan.

Paten juga merupakan hak eksklusif yang diberikan untuk sebuah penemuan, yang merupakan produk atau proses yang secara umum memberikan cara baru dalam melakukan sesuatu, atau menawarkan solusi teknis baru untuk suatu masalah. Untuk mendapatkan paten, informasi teknis tentang invensi tersebut harus diungkapkan kepada publik dalam permohonan paten.

Pada prinsipnya, pemilik paten memiliki hak eksklusif untuk mencegah atau menghentikan orang lain untuk mengeksploitasi secara komersial invensi yang dipatenkan. Dengan kata lain, perlindungan paten berarti bahwa penemuan tersebut tidak dapat dibuat, digunakan, didistribusikan, diimpor, atau dijual secara komersial oleh orang lain tanpa persetujuan pemilik paten.

Ada 7 manfaat terpenting yang datang dengan perlindungan paten dilansir dari inventionpatentdrawings:

1. Mencegah Penyalinan

Anda dapat menghentikan orang lain untuk menyalin, membuat, menjual, atau mengimpor penemuan Anda.

2. Menagih Harga Lebih Tinggi

Anda mungkin dapat mengenakan harga yang lebih tinggi jika pesaing tidak dapat meniru produk Anda. Misalnya, harga iPhone akan JAUH lebih rendah jika Apple tidak dapat melindungi produk mereka dengan paten mereka.

3. Lingkup R&D:

Kemampuan untuk membelanjakan lebih banyak untuk R&D. Kemampuan untuk membebankan premi memberi produsen kemampuan untuk mendanai investasi dalam produk baru yang inovatif.

4. Bersaing dengan Merek Besar:

Untuk perusahaan kecil, paten dapat memberi Anda kemampuan untuk bersaing dengan perusahaan besar. Perusahaan yang lebih besar mungkin dapat berinvestasi lebih banyak dalam R&D, tetapi jika Anda memiliki ide bagus yang dilindungi oleh paten, Anda mungkin dapat bersaing dengan lebih efektif.

5. Keuntungan pemasaran

Kedengarannya mengesankan untuk menggambarkan produk Anda sebagai mengandalkan "teknologi yang dipatenkan."

6. Menarik Investasi

Membantu mengumpulkan uang. Jika Anda mencari modal ventura, akan lebih mudah untuk mengumpulkan uang jika investor mengetahui bahwa investasi mereka dilindungi oleh paten.

7. Pengurangan Biaya Manufaktur

Anda tidak perlu membuat produk sendiri. Dengan paten, Anda dapat melisensikan teknologi Anda ke perusahaan lain, dan menghasilkan uang dari penemuan atau desain Anda tanpa harus memproduksi atau menjualnya sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper