Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Referensi Ide Bisnis Terbaik Cocok untuk Introvert

Jika Anda punya passion di bidang fotografi, dan tahu cara mengoperasikan tools pengeditan foto, bisnis pengeditan foto bisa menjadi karir penuh waktu untuk And
Ilustrasi media sosial/Freepik.com
Ilustrasi media sosial/Freepik.com

Kelola Akun Media Sosial hingga Bisnis Pembuangan Sampah

1. Kelola Akun Media Sosial

Saat ini, banyak bisnis beralih ke platform media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok untuk memasarkan produk dan layanan. Dan ketika mereka melakukannya, mereka sering menyewa spesialis untuk mengelola tugas ini. Sebagai konsultan media sosial, Anda dapat bekerja secara mandiri dan jarak jauh sambil tetap kreatif dan berinteraksi dengan orang lain. Lebih baik lagi, ada peluang untuk berkolaborasi dengan klien dalam jangka panjang, yang berarti aliran pendapatan tetap.

2. Bisnis Edit Foto

Jika Anda punya passion di bidang fotografi, dan tahu cara mengoperasikan tools pengeditan foto, bisnis pengeditan foto bisa menjadi karir penuh waktu untuk Anda secara mandiri.

3. Bisnis Kursus Online

Anda bisa mendirikan sebuah bisnis kursus. Anda tidak perlu jadi tenaga pengajar, tapi Anda bisa membuka lowongan bagi para instruktur dan orang-orang dengan pengetahuan luas di bidang mereka dan cakap dalam berinteraksi lama dengan orang

4. Bisnis Pengerjaan Kayu

Jika Anda terbiasa dengan perkakas listrik dan senang bekerja dengan kayu, memulai bisnis pertukangan kayu adalah cara yang bagus untuk memanfaatkan keahlian Anda. Anda dapat menjalankan bisnis Anda dari rumah dan mendirikan bengkel di garasi. Anda juga dapat menjual produk Anda secara online atau di pameran kerajinan lokal dan pasar petani.

5. Bisnis Miner (Penambang) Bitcoin

Introvert yang memiliki pengetahuan tentang segala sesuatu yang bitcoin akan menyukai opsi ini karena mereka dapat bekerja dari operasi penambangan bitcoin di properti mereka. Anda hanya perlu sebuah aplikasi dan Anda bisa menjadi solo mining.

6. Bisnis Konsultasi Hidup

Jika Anda seorang pendengar yang baik dan senang membantu orang lain, menjadi konsultan hidup adalah ide bisnis yang bagus. Agar memberikan pelayanan maksimal, Anda bisa mengikuti sertifikat online atau melalui kursus community college. Anda dapat menjalankan bisnis Anda dari rumah, bertemu dengan klien 1-on-1 secara langsung, melalui telepon, atau di Skype.

7. Landscape Business Analysist

Jika Anda suka berada di luar ruangan dan bekerja dengan tangan Anda, maka pekerjaan ini akan sangat menyenangkan untuk dimiliki. Anda dapat membantu klien dalam segala hal mulai dari desain hingga pemeliharaan.

8. Bisnis Desain Grafis

Jika Anda adalah orang yang canggung secara sosial yang kreatif dan menyukai desain, memulai bisnis desain grafis adalah cara yang bagus untuk menggunakan keahlian Anda. Anda mulai bisa mendesain iklan spanduk, logo perusahaan, dan ilustrasi. Pengusaha yang sangat terampil dalam bisnis ini dapat melihat margin keuntungan yang berkisar antara 15% -50%. Selain itu, Anda dapat membidik klien mulai dari bisnis kecil hingga perusahaan besar

9. Pelatihan Bisnis

Jika Anda memiliki pengalaman menjalankan bisnis dan senang membantu orang lain, maka menjadi pelatih bisnis adalah pilihan yang bagus untuk Anda. Dan Anda dapat membantu mereka dalam segala hal mulai dari startup hingga strategi pemasaran hingga manajemen waktu. Anda dapat menjalankan bisnis baru Anda dari rumah dan bertemu dengan klien secara langsung atau berbicara dengan mereka melalui telepon. Juga, jika Anda menginginkan tempat yang lebih profesional untuk bertemu, Anda bisa menghemat biaya dengan melakukan sewa per jam di working space dibandingkan sewa kantor tradisional.

10. Bisnis Blogging

Banyak pengusaha sukses yang punya sifat introvert telah mendirikan bisnis blogging dengan snagat menguntungkan. Namun, introvert yang berencana memiliki blog sendiri harus benar-benar mengetahui subjek mereka dan bersiap untuk menyampaikan ide dan pendapat mereka kepada orang lain dengan sukses.

11. Fotografer Hewan Peliharaan

Jika Anda menyukai binatang dan bisa melakukan fotografi, memulai bisnis fotografi hewan peliharaan adalah cara sempurna untuk menggabungkan dua hasrat Anda.

12. Bisnis Pembuangan Sampah

Nomor 12 adalah industri ceruk yang bagus untuk pemilik usaha kecil yang introvert, karena memungkinkan Anda untuk bekerja sendirian. Tapi, tentu saja, ketika Anda pertama kali tiba di rumah atau bisnis mereka, Anda harus bersaing dengan pelanggan untuk memberi mereka penawaran untuk layanan penghapusan sampah Anda. Tetapi selain itu, Anda dapat menyelesaikan sebagian besar pekerjaan sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper