Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Referensi Ide Bisnis Terbaik Cocok untuk Introvert

Jika Anda seorang guru yang hebat, memiliki naluri bisnis yang baik dan ingin berbagi pengetahuan Anda dengan orang lain, menjadi tutor online kemungkinan akan
Ilustrasi orang belajar koding/istimewa
Ilustrasi orang belajar koding/istimewa

Guru Online hingga Penulis Freelance

13. Guru Online

Jika Anda seorang guru yang hebat, memiliki naluri bisnis yang baik dan ingin berbagi pengetahuan Anda dengan orang lain, menjadi tutor online kemungkinan akan sangat cocok. Selain itu, jika Anda perlu mencari klien, Anda dapat mulai dengan mengajar siswa di daerah Anda sebelum memperluas jangkauan Anda secara online. Anda dapat mengajari siswa dalam segala hal mulai dari matematika hingga bahasa untuk persiapan ujian. Dan Anda dapat mengatur tarif dan jam Anda sendiri, yang menjadikannya ide bisnis fleksibel yang bagus untuk para introvert.

14. Bisnis Manajemen Pribadi

Jika Anda adalah orang yang pendiam yang membenci keramaian, bisnis penyelenggara pribadi adalah bisnis niche yang bagus untuk Anda. Dengan pekerjaan ini, kontak minimal, dan Anda dapat membantu orang dalam segala hal mulai dari merapikan rumah hingga mengatur lemari mereka.

15. Bisnis Merawat Hewan

Jika Anda menikmati menghabiskan waktu dengan hewan dibanding manusia, maka menjadi pemilik perusahaan berjalan-jalan anjing mungkin datang secara alami kepada Anda. Namun, keberhasilan bisnis ini akan sangat bergantung pada upaya pemasaran Anda, jadi Anda perlu menganggarkan waktu dan uang untuk memasarkannya.

16. Bisnis Ghostwriting

Jika Anda seorang penulis berbakat yang senang bekerja di belakang layar, maka Anda bisa jadi penulis untuk sebuah buk, artikel posting blog hingga pidato. Anda dapat menjalankan bisnis ini dari rumah, membuat sebagian besar pendapatan Anda murni keuntungan.

17. Bisnis Transkripsi

Jika Anda seorang introvert dengan kemampuan mendengarkan yang luar biasa dan dapat dengan cepat dan akurat mengetikkan apa yang Anda dengar, Anda bisa coba bisnis transkripsi. Anda akan menyalin file audio ke dalam dokumen tertulis sebagai bagian dari layanan transkripsi Anda. Anda dapat menawarkan layanan Anda kepada perusahaan di berbagai industri, dari hukum, kedokteran hingga asuransi. Potensi pertumbuhan akan tergantung pada rencana bisnis, sasaran, dan keterampilan pemasaran Anda.

18. Bisnis Tanaman

Apabila Anda punya keterampilan merawat tanaman, Anda bisa mulai menanam dan menjual apa saja mulai dari bunga hingga produk herbal.

19. Berjualan Online

Jika Anda seorang introvert yang lebih suka berdiam diri di rumah, Anda tetap bisa memiliki bisnis yang menggiurkan dengan menjual produk secara online. Anda dapat menjual barang-barang yang Anda buat sendiri, seperti seni dan kerajinan, atau menjual kembali produk yang Anda beli secara grosir. Situs seperti Etsy memudahkan penjualan online, dan dunia bisa menjadi tiram Anda jika Anda tetap fokus. Anda juga dapat membuat situs web Anda sendiri dan memasang barang-barang seperti minyak zaitun yang diresapi rasa atau kue dan permen gourmet.

20. Pengembang Aplikasi

Aplikasi seluler semakin populer setiap saat , seiring dengan kebutuhan untuk membuatnya dengan fitur baru dan unik. Pengembang aplikasi wiraswasta bekerja dari rumah atau kantor.

21. Layanan Pembersihan Rumah

Jika Anda seorang yang rapi, memulai bisnis pembersihan rumah adalah bisnis yang menguntungkan yang tidak membutuhkan banyak dana awal. Anda dapat menjalankan bisnis Anda dari tempat tinggal, Anda bisa bertemu dengan klien baik secara langsung atau melalui telepon. Dan Anda dapat membantu mereka dalam segala hal mulai dari merapikan rumah hingga membersihkan dapur secara menyeluruh.

22. Bisnis Entri Data

Entri data adalah ide bisnis bagus lainnya untuk introvert/ Jenis pekerjaan ini dapat dilakukan dari jarak jauh, dan Anda tidak perlu banyak berinteraksi dengan orang lain. Yang Anda butuhkan hanyalah komputer dan internet yang andal, dan Anda bisa mulai menawarkan layanan Anda kepada bisnis dan individu yang membutuhkan bantuan untuk mengatur data mereka.

23. Bisnis Koding

Banyak orang yang kini membutuhkan jasa coding secara freelance, dan ini sangat cocok dengan tipe kepribadian introvert yang punya ketelitian tinggi.

24. Penulisan Freelance

Jika Anda seorang penulis yang baik, bisnis ini dibuat khusus untuk Anda. Berbagai macam proyek penulisan tersedia, mulai dari copywriting hingga penulisan SEO. Anda juga tidak memerlukan pendidikan formal untuk menyediakan layanan menulis.

Bisakah Introvert Menjadi Pemilik Bisnis yang Sukses

Pernahkah Anda mendengar tentang Mark Zuckerberg, Marissa Mayer, Elon Musk atau Bill Gates? Kemungkinan Anda memilikinya, dan orang-orang terkenal ini memiliki kesamaan. Ya, Anda dapat menebaknya: mereka semua adalah introvert yang sangat sukses. Plus, semuanya membuktikan bahwa adalah mungkin untuk menciptakan bisnis yang sukses, bahkan ketika Anda sedikit mandiri. Bukankah itu hal yang luar biasa?

Bisnis Mana yang Terbaik untuk Introvert?

Untuk ide bisnis terbaik, Anda bukan hanya menyesuaikan kepribadia, tapi juga soal modal yang harus dipersiapkan, dan mengidentifikasi apa saja kelemahan Anda. Selain itu, cara terbaik untuk mengetahui bisnis mana yang tepat untuk Anda adalah dengan meluangkan waktu untuk memikirkan apa yang Anda sukai (apakah Anda nyaman melakukannya sendiri di rumah atau butuh intervensi dari orang lain).

Bisnis Apa yang Bisa Anda Lakukan Sendiri?

Deretan ide bisnis di atas setidaknya dapat Anda jalani tanpa banyak interaksi sosial. Tapi, akan menjadi hal yang mustahil, apabila Anda benar-benar tidak melakukan interaksi.

Singkatnya, Anda harus berinteraksi dengan orang-orang untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik dan lebih banyak lagi jika Anda ingin dibayar. Selain itu, mendapatkan lebih banyak klien sulit jika Anda tidak berinteraksi dengan mereka yang Anda miliki.

Meskipun demikian, sejumlah bisnis sangat cocok untuk introvert, karena sebagian besar dapat dilakukan sendiri. Anda akan menemukan bahwa apa pun mulai dari menjadi penulis lepas hingga melakukan pengkodean khusus dan menyediakan layanan desain grafis dapat dilakukan dari rumah tanpa terlalu banyak interaksi manusia. Sementara, Ide bisnis lain yang memungkinkan Anda menjadi sosok yang sangat penyendiri, adalah fotografer hewan peliharaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper