Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenalan dengan Haidhar Wurjanto, Pemilik Esteh Indonesia yang Sukses Merajai Bisnis Kuliner

Haidhar Wurjanto adalah pendiri dari Esteh Indonesia yang saat ini menjadi salah satu brand kekinian yang populer.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 27 September 2022  |  11:29 WIB
Kenalan dengan Haidhar Wurjanto, Pemilik Esteh Indonesia yang Sukses Merajai Bisnis Kuliner
Haidhar Wurjanto, Pemilik Esteh Indonesia yang Sukses Merajai Bisnis Kuliner - instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Esteh Indonesia tengah mendapat sorotan warganet di sosial media, usai melakukan somasi terhadap konsumen yang mengkritik salah satu produknya.

Lantas siapakah sosok pemilik Esteh Indonesia yang kini sedang viral itu?

Pemilik Esteh Indonesia adalah Haidhar Wurjanto, seorang pengusaha kuliner muda. Berikut ulasan Bisnis selengkapnya soal siapa sebenarnya Haidhar Wurjanto itu.

Profil Haidhar Wurjanto

Haidhar Wurjanto merupakan pria kelahiran Christchurch, New Zealand pada 12 Januari 1990.

Melalui Linked-in, pria yang diketahui berusia 32 tahun ini sempat menempuh pendidikan dasar di Burnside Primary School New Zealand dan menengahnya di Cobham Intermediate New Zealand pada tahun 2000 hingga 2002.

Lalu, tahun 2005 sampai 2008, dirinya pun melanjutkan sekolah ke SMA Negeri 1 Bogor. Selanjutnya, Haidhar pun melanjutkan studinya ke jurusan Manajemen di Institut Pertanian Bogor.

Sebagai alumni IPB angkatan 2009 yang punya tekad kuat dalam berwirausaha, atas hasil kerja keras dan kreatifitasnya dalam memanfaatkan media sosial, akhirnya pada tahun 2020 tepatnya saat pandemi, bisnis Esteh Indonesia yang Haidhar kelola mendapat banyak sorotan akibat kesuksesannya dalam mendirikan Esteh Indonesia dengan cara yang viral, di mana saat ini dia telah menjabat sebagai Co-Founder Chief Executive Officer PT Es teh Indonesia Makmur.

Perjalanan Karier Haidhar Hingga Sukses Bangun Kerajaan Bisnis Kuliner

Tentu, keberhasilannya dalam mendirikan Esteh Indonesia yang secara resmi sudah ada 504 gerai yang beroperasi dan
tersebar di seluruh Indonesia adalah suatu pencapaian yang luar biasa.

Namun, perjalanan karier yang dia tempuh sebagai seorang entrepreneur nyatanya tidak mudah. Saat pertama kali belajar merintis usaha, disebutkan bahwa Haidhar sempat berjualan casing Blackberry hingga nasi goreng di gerobak.

Sayang, kedua bisnis Haidhar tersebut tidak berjalan sesuai harapan lantaran sepi pembeli dan minimnya inovasi. Sadar usahanya berakhir gagal, Haidhar terus memutar otak dalam menentukan kategori bisnis yang tepat demi menambah uang saku sekaligus memikirkan masa depannya setelah lulus kuliah.

Akhirnya, bersama sang rekan. Pada tahun 2011, Haidhar memutuskan untuk mendirikan bisnis rintisan di bidang agribisnis peternakan, bernama Fresh Momo Milk. Tercetusnya ide bisnis tersebut akibat keprihatinan Haidhar dalam melihat asupan menu yang mahasiswa IPB konsumsi. Sehingga, dia pun membuat kedai minuman sehat yang menjual minuman berbahan dasar susu dengan berbagai varian rasa.

Berkat ketekunannya, kini bisnis Fresh Momo Milk sudah memiliki outlet-nya sendiri di Bogor. Tak hanya itu, Haidhar pun menjadi pemenang nasional pertama di Wirausaha Muda Mandiri tahun 2013 kategori Boga. Pencapaian tersebutlah yang kian membangkitkan semangat Haidhar untuk terus berbisnis Haidhar di Food and Beverage.

Berawal dari bisnis susunya yang menuai kesuksesan. Kemudian, pada 2013, dia pun memutuskan untuk mendirikan kerajaan kulinernya lewat PT Simha Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang menaungi beberapa merek kekinian yang selalu mendapat respon positif di pasaran, seperti Foresthreecoffee, sebuah usaha kedai kopi yang dibuka sejak tahun 2016 lalu.

Haidhar membuka gerai pertamanya di Bogor, Jawa Barat. Kini per September 2022, gerainya telah mencapai 95 cabang yang tersebar di Jabodetabek hingga luar pulau Jawa. Bahkan, untuk mempercepat ekspansi gerai, Haidhar membuka kerjasama kemitraan

Tak hanya itu, Haidhar mengembangkan pula bisnis lain, yaitu Raindear Coffee and Kitchen, sebuah kafe yang berlokasi di Bogor dengan nuansa outdoor.

Terakhir, bisnis yang berada di bawah naungan PT Simha Group adalah Cakekinian, sebuah kolaborasi bisnis bersama sepasang suami-istri influencer ternama, Arief Muhammad dan Tiara Pangestika dalam menjual cake berbentuk kekinian dengan lapisan unik di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Es Teh Indonesia tokoh bisnis minuman kekinian
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top