Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Ben Bernanke, Mantan Bos The Fed dan Salah Satu Trio Pemenang Nobel Ekonomi 2022

Gagasan Ben Bernanke meningkatkan pemahaman mengenai peran bank dalam perekonomian, terutama selama krisis keuangan.
Ben S. Bernanke
Ben S. Bernanke

Profil Ben Bernanke

Bernanke lahir dan dibesarkan Dillon, Carolina Selatan. Ia lulus summa cum laude di bidang ekonomi dari Harvard University pada 1975 dan meraih gelar Ph.D. dari Institut Teknologi Massachusetts pada tahun 1979).

Dilansir dari Brittanica, ia pertama kali ditunjuk sebagai profesor oleh Universitas Stanford, tempatnya mengajar ekonomi dari 1979 hingga 1985. Dia menjadi profesor penuh pada tahun 1985 ketika dia pindah ke Universitas Princeton, dan dia menjabat sebagai profesor tamu di Universitas New York dan MIT.

Ia memiliki sejumlah karya mengenai masalah ekonomi yang diterbitkan secara luas, termasuk termasuk ekonomi makro, kebijakan moneter, Great Depression, dan siklus bisnis.

Pada tahun 2005 Bernanke dinominasikan oleh presiden AS George W. Bush untuk menggantikan Alan Greenspan sebagai Gubernur The Fed. Dia mulai menjabat pada 1 Februari 2006. Dengan latar belakang akademisnya yang kuat, Bernanke mewakili perbedaan yang jelas dari gubernur The Fed sebelumnya, yang biasanya berasal dari Wall Street.

Meskipun diharapkan untuk mempertahankan gaya manajemen fiskal yang ditetapkan oleh pendahulunya, ia membawa perubahan penting terhadap The Fed, terutama dalam hal inflasi.

Meskipun pendahulunya telah menolak target inflasi, Bernanke lebih memilih tujuan inflasi yang jelas, yang dia yakini akan membawa pertumbuhan dan stabilitas ekonomi.

Pada bulan September 2008 ia bekerja dengan Bush dan Menteri Keuangan saat itu Henry Paulson untuk merancang Undang-Undang Stabilisasi Ekonomi Darurat, untuk melindungi sistem keuangan AS selama krisis subprime mortgage.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper