Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mendulang Cuan dari Bisnis Kartu Undangan

Simak beragam kiat mengelola bisnis kartu undangan agar menarik banyak minat
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 13 Oktober 2022  |  15:54 WIB
Mendulang Cuan dari Bisnis Kartu Undangan
Kartu undangan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memulai bisnis kartu undangan, baik itu undangan pernikahan, syukuran hingga undangan pesta, tentu masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Meski, undangan digital kini mulai diminati, tapi mayoritas masyarakat masih lebih memilih mengirimkan undangan fisik secara langsung kepada orang-orang yang akan diundang. Pasalnya mengirim undangan secara langsung dianggap lebih sopan dan menghargai tamu undangan.

Melihat dari hal tersebut tak salah bila bisnis kartu undangan bisa menjadi usaha yang bisa dijalankan untuk jangka panjang. Terutama jika Anda konsisten menjaga kualitas guna memberi kepuasan pada pelanggan.

Lalu, seperti apa tips untuk memulai bisnis kartu undangan yang sukses? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Rencanakan Bisnis

Tentukan jenis undangan yang ingin Anda berikan. Anda berhak punya spesialiasi dalam satu kategori, seperti kartu undangan untuk pernikahan, atau menyediakan kartu undangan untuk berbagai acara. Hal ini bertujuan agar Anda mengetahui berapa banyak modal yang harus dipersiapkan, jenis promosi yang akan digunakan, hingga perlengkapan apa saja yang dibutuhkan dalam percetakan undangan.

Tak hanya itu, Anda juga harus melakukan riset kompetitor, agar bisa mengenali keunggulan dari produk dan menentukan harga yang tepat di pasaran.

2. Persiapkan Katalog

Penting untuk mempersiapkan katalog hasil kartu undangan. Gunakan beberapa kertas dan font yang berbeda untuk menunjukkan kualitas pekerjaan yang dapat Anda hasilkan.

3. Pilihlah Supplier Kertas yang Sesuai

Carilah supplier kertas yang berkualitas dan lengkap. Ada beberapa jenis kertas yang umum dipilih sebagai media cetak undangan pernikahan. Contohnya adalah matt paper, art carton dan kertas aster. Sebelum membeli material tersebut, pastikan Anda juga mendapat tawaran harga terbaik agar Anda bisa membuka usaha dengan modal yang tidak terlalu besar.

4. Bermitra dengan Bisnis Percetakan

Dalam mencari relasi percetakan, carilah yang memiliki kualitas bagus, cepat dan tentunya harganya terjangkau. Dengan begitu, anda tidak akan mengecewakan pelanggan anda. Sebuah perusahaan percetakan akan sangat membantu dalam membuat cara cepat dan sukses mencetak bahan yang dibutuhkan.

5. Tentukan Lokasi

Sebenarnya, lokasi tidak terlalu penting ketika Anda inginmenjalankan bisnis kartu undangan. tetapi jika Anda lebih suka menyewa lokasi komersial untuk memberikan tampilan yang lebih profesional pada bisnis Anda, itu juga menjadi hal yang baik.

6. Perhatikan Desain Kartu Undangan

Anda harus menyesuaikan visual Anda, baik secara online dan offline. Sehingga, Anda terlihat konsisten dan ekspetasi klien terpenuhi. Sebagai seorang desainer grafis, buatlah undangan semudah mungkin untuk dibaca, jangan mengorbankan kegunaan untuk estetika semata. Anda juga bisa memberikan tawaran custom ukuran dan bentuk kepada klien.

7. Lakukan Promosi

Anda bisa melakukan promosi online lewat media sosial dengan membuat konten menarik yang terkait dengan promosi. Sertakan juga portofolio terbaik Anda, deskripsi layanan hingga harga.

Menambahkan artikel yang memiliki kata kunci yang terkait dengan layanan undangan yang Anda berikan dapat membantu calon klien menemukan Anda di Internet. Demikian juga, Anda mungkin mendapatkan lebih banyak pengunjung situs web jika Anda menambahkan alamat situs web Anda ke materi iklan Anda.

Tidak hanya secara online, Anda pun dapat melakukan promosi dengan cara konvensional, yaitu memperkenalkan bisnis kartu undangan Anda kepada kerabat yang sekiranya membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu undangan pernikahan pesta
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top