Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia, Siapa yang Nomor Satu?

Indonesia memiliki sejumlah pengusaha yang memiliki kekayaan sangat besar. Simak 10 nama orang terkaya di Indonesia dan kekayaan yang dimilikinya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 29 Oktober 2022  |  04:35 WIB
Daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia, Siapa yang Nomor Satu?
10 Orang Terkaya di Indonesia, Siapa yang Nomor Satu / Solopos
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa waktu lalu, Forbes Real Time Billionaire merilis sejumlah nama yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Ternyata terdapat sejumlah nama yang masuk dalam daftar konglomerat dari Indonesia. 

Lantas, siapa saja yang masuk dalam daftar orang kaya asal Indonesia? Dan berapa kekayaan yang dimilikinya? Berikut daftarnya yang perlu diketahui. 

Siapa Orang Terkaya di Indonesia?

1. Robert Budi Hartono dan Michael Hartono

Di posisi pertama ada nama Robert Budi Hartono sebagai orang terkaya di Indonesia 2022. Robert merupakan pemilik Bank Central Asia (BCA) dan Djarum. Kekayaan yang dimilikinya mencapai US$ 21,4 miliar.

Selain Robert Budi Hartono, keluarga Hartono lainnya yang masuk dalam orang paling kaya di Indonesia yaitu Michael Hartono. Ia merupakan pengusaha yang bergerak di bidang sama seperti R. Budi Hartono. Kekayaan yang dimiliki Michael Hartono mencapai US$ 20,6 miliar.

2. Chairul Tanjung

Pengusaha Indonesia lainnya yang masuk dalam daftar orang kaya di Indonesia yaitu Chairul Tanjung. Pemilik CT Corp ini mempunyai sejumlah bisnis seperti media, hiburan, asuransi, keuangan, ritel. Energi, dan agrobisnis. Keuntungan bersih yang dimilikinya mencapai US$7,5 miliar atau sekitar Rp110 triliun.

3. Sri Prakash Lohia

Sri Prakash Lohia merupakan pengusaha tekstil dan petrokimia terbesar di Indonesia. Pria kelahiran India ini memiliki kekayaan sekitar US$ 6,6 miliar dan menjadi orang terkaya di Indonesia nomor tiga setelah Chairul Tanjung. 

4. Prajogo Pangestu

Urutan orang terkaya di Indonesia selanjutnya yaitu Prajogo Pangestu. Prajogo merupakan pengusaha yang memiliki usaha di bidang petrokimia. Prajogo mempunyai kekayaan bersih sekitar US$5,4 miliar. Di dunia, Ia menduduki peringkat ke-471 sebagai orang terkaya di dunia. 

5. Low Tuck Kwong

Low Tuck Kwong merupakan pengusaha yang bergerak di sektor tambang batu bara. Kekayaan yang dimilikinya mencapai US$4,1 miliar atau sekitar Rp 54 triliun. Ia juga berada di posisi ke-801 sebagai orang kaya di dunia. 

6. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat merupakan pemilik Triputra Group yang membawahi usaha PT Adi Sarana Armada Tbk. dan PT Dharma Satya Nusantara Tbk. Theodore Rachmat masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan sekitar US$ 3,3 miliar atau sekitar Rp 48 triliun. 

7. Wijono dan Hermanto Tanoko

Bisnis yang dimiliki keduanya membuat mereka masuk dalam daftar orang paling kaya di Indonesia. Gurita bisnis Avia Avian membuat keduanya memiliki kekayaan sekitar US$3,2 miliar atau sekitar Rp 46,8 triliun. 

8. Djoko Susanto

Di posisi ke-8 ada nama Djoko Susanto sebagai orang terkaya di Indonesia. Djoko Susanto merupakan pemilik retail Alfamart dengan kekayaan yang dimiliki sekitar US$2,8 miliar. Usaha yang dimilikinya tersebar di berbagai wilayah, maka dari wajah jika kekayaan yang dimiliki bos Alfamart ini sangat besar. 

9. Martua Sitorus

Martua Sitorus merupakan pengusaha bahan pokok, salah satunya minyak sawit Wilmar International. Pengusaha ini mempunyai kekayaan sekitar US$2,9 miliar atau sekitar Rp 40,5 triliun. 

10. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Eddy Kusnadi Sariaatmadja merupakan pengelola PT. Elang Mahkota Teknologi atau Grup Emtek. Perusahaan yang dikelolanya bergerak di bidang media dan telekomunikasi, teknologi, serta pembangunan dan industri. Kekayaan yang dimiliki bos Emtek ini mencapai US$3 miliar. 

Itulah sejumlah nama yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Dari daftar di atas kita bisa mengetahui bahwa orang paling kaya di Indonesia seluruhnya merupakan pengusaha yang memiliki bisnis di berbagai bidang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top