Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Franchise dan Syarat Gabung Jadi Mitra McDonald’s Indonesia

Buat Anda yang berminat menjajaki peluang bisnis franchise lewat restoran cepat saji McDonalds, berikut syarat dan ketentuannya.
Seorang warga melewati gerai McDonalds di Moscow, Rusia yang telah tutup/The Moscow Times
Seorang warga melewati gerai McDonalds di Moscow, Rusia yang telah tutup/The Moscow Times

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis franchise makanan cepat saji, kini menjadi salah satu opsi yang disukai bagi para pebisnis, karena Anda tidak perlu membangun bisnis dari awal.

Adapun, salah satu franchise yang begitu dikenal oleh masyarakat, ialah McDonald’s. Di mana, pelanggan akan datang dengan sendirinya, sebab merek tersebut terkenal secara internasional.

McDonald’s sendiri masuk di Indonesia pertama kali pada tahun 1991, yakni di Sarinah, Thamrin. Bahkan, hingga kini telah tersebar di 200 gerai di Indonesia. Lantas, seperti apa cara bergabung dengan franchise tersebut? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

Franchise McDonald’s Indonesia

Di Indonesia sendiri, sejak 2009 PT Rekso Nasional Food (RNF) yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Rekso Group menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO) yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia.

Sehingga, untuk segala peluang kemitraan, maka Anda bisa menghubungi PT RKN. Mengingat sejak masuk di Indonesia, McDonald’s sendiri telah berada dalam naungan PT RKN dan menjadikan PT ini sebagai pengusa tunggal atau selaku pemegang lisensi McDonald’s Indonesia.

Syarat dan Biaya Franchise McDonald’s Indonesia

Menjadi mitra suatu perusahaan retail besar tentu akan memberikan banyak keuntungan kepada calon mitra. Adapun, beberapa syarat menjadi mitra dari McDonald’s ialah :

1. Seorang mitra harus punya pengalaman profesional dan memimpin tim. Melansir dari situs resmi, McDonald’s, bahwa pengalaman memiliki bisnis sendiri atau pengalaman di industri makanan bukanlah suatu keharusan. Program pelatihan kelas dunia kami membantu mempersiapkan Anda untuk memiliki waralaba McDonald's.

2. Mampu terlibat dalam visi strategis jangka panjang untuk mengembangkan brand McDonald’s

3. Punya kemampuan finansial yang cukup untuk mengembangkan restoran selama periode waktu tertentu. Di mana, seorang calon mitra harus bersedia menginvestasikan minimal US$700.000 dana non-pinjaman. Dengan biaya tersebut, Anda akan diberikan layanan dan dukungan kelas dunia serta dukungan pengembangan restoran dan program pelatihan ekstensif

4. Anda bersedia pindah lokasi demi menerima kesempatan. Hal tersebut, mengingat terbatasnya kuota yang tersedia setiap tahun. McDonald’s berkomitmen untuk membantu memastikan kandidat cocok dengan komunitas tempat mereka nantinya akan berbisnis.

Cara Gabung Franchise McDonald’s

Sayangnya, per November 2022, McDonald’s menyatakan belum membuka peluang kemitraan di Indonesia untuk saat ini.

“Kami tidak mencari franchisee tambahan saat ini. Jika Anda tertarik untuk menjual atau menyewakan properti di pasar ini, silakan hubungi kami di alamat email yang tercantum di bawah ini dan kami akan meneruskan informasi Anda ke franchisee kami,” jelasnya.

Itu berarti, McDonald’s masih membuka peluang kerja sama berupa sewa lahan. Di mana, calon mitra menyediakan struktur bangunan, IMB,dan fasilitas pendukung sesuai dengan kriteria McDonald’s.

Jika ingin bermitra kerja dengan McDonald’s, Anda perlu mengirimkan surat penawaran lokasi yang dilengkapi dengan, peta lokasi dengan memberikan keterangan usaha bisnis apa saja yang ada di sekitar area lokasi yang dituju, jika berbentuk tanah, Anda bisa cantumkan ukuran panjang dan lebar sesuai dengan sertifikat tanah. Sementara, jika berbentuk bangunan, Anda bisa juga mencantumkan ketinggian atau elevasi bangunan.

Dengan skema ini, investor akan mendapatkan pendapatan pasif secara berkala atas hasil penyewaan lokasi yang akan dibayarkan McDonald’s sesuai dengan kesepakatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper