Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apa itu Stakeholder? Ini Jenis, Fungsi dan Contohnya

Stakeholder adalah hal yang sangat penting bagi semua orang yang ingin atau sudah terlibat dalam sebuah perusahaan atau bisnis.
Ilustrasi stakeholder/freepik
Ilustrasi stakeholder/freepik

Bisnis.com, SOLO - Stakeholder adalah semua pihak baik itu individu, komunitas atau kelompok masyarakat yang memiliki hubungan dan kepentingan terhadap organisasi, perusahaan dan permasalahan yang sedang dibahas. Arti stakeholder adalah seorang pemangku kepentingan atau pihak yang berkepentingan. Dilansir dari laman Investopedia, stakeholder adalah pihak yang memiliki kepentingan dalam perusahaan dan dapat mempengaruhi atau dipengaruhi oleh bisnis. 

Dalam kegiatan bisnis, stakeholder adalah diperlukan untuk memberikan bantuan untuk mengembangkan tujuan dari perusahaan tersebut. Namun, tidak semua stakeholder akan memberikan dampak positif terhadap sebuah perusahaan. 

Meskipun sering dikaitkan dalam kegiatan bisnis, stakeholder adalah satu bagian penting dari sebuah organisasi yang memiliki peran secara aktif dan pasif untuk menjalankan tujuannya. Bisa dikatakan bahwa stakeholder adalah pihak-pihak yang bisa mempengaruhi dan dipengaruhi oleh kebijakan perusahaan baik positif maupun negatif. 

Berikut ini beberapa hal tentang stakeholder yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Fungsi Stakeholder 

  • Fungsi karyawan 
    Karyawan adalah salah satu sumber daya manusia atau orang yang diangkat dan ditugaskan untuk menjalankan kegiatan perusahaan. Kinerja perusahaan sangat bergantung pada kinerja seluruh karyawan, baik secara individu atau secara kelompok. 
  • Fungsi pemasok (supplier)
    Pemasok menjadi partner kerja yang berperang penting dari perusahaan yang siap memenuhi ketersediaan bahan baku. Maka dari itu kinerja dari sebuah perusahaan juga Sebagian tergantung terhadap kemampuan pemasok dalam mengantarkan bahan baku dengan tepat waktu. 
  • Fungsi pelanggan (customer)
    Dengan memahami pelanggan, perusahaan akan lebih fokus dalam memberikan produk dan jasa yang mereka inginkan dan diharapkan oleh para pelanggan mereka. Karena itu sebuah perusahaan memiliki kepentingan utama untuk mengidentifikasi individu yang menggunakan produk dan jasa mereka. 
  • Fungsi pemilik atau pemegang saham 
    Sebuah bisnis dimulai dari sebuah ide seseorang atau lebih tentang suatu barang dan jasa. Kemudian mereka mengeluarkan uangnya sebagai modal untuk membiayai usaha tersebut. 
  • Fungsi kreditor 
    Kreditor merupakan Lembaga bagian keuangan atau individu yang memberikan sebuah pinjaman kepada perusahaan. 

2. Jenis-Jenis Stakeholder

  • Stakeholder utama (primer)
    Jenis stakeholder ini memiliki ikatan yang kuat hubungannya dengan penyusunan kebijakan, proyek dan juga program. Mereka tersebut adalah bagian pihak penentu yang paling utama dalam sebuah aktivitas pengambil keputusan perusahaan. 
  • Stakeholder pendukung (sekunder)
    Stakeholder pendukung adalah bagian yang tidak akan berhubungan langsung terhadap suatu program, dalma kebijakan atau sebuah proyek. Namun, stakeholder primer memiliki rasa simpati dan kepedulian, sehingga banyak dari mereka ikut serta dalam mengemukakan pendapatnya yang berpotensi mampu mengubah sikap stakeholder primer serta keputusan resmi pemerintah. 
  • Stakeholder kunci 
    Stakeholder kunci adalah bagian kelompok eksekutif yang memiliki wewenang resmi atau pengambilan keputusan. Contoh dari stakeholder kunci dalam sebuah proyek pemerintahan kabupaten yaitu pemerintah kabupaten, DPRD Kabupaten dan dinas yang bertanggung jawab langsung atas proyek tersebut. 

3. Contoh stakeholder

  • Stakeholder internal 
    Pihak yang memiliki kepentingan langsung dalam perusahaan, seperti pekerjaan, kepemilikan dan investasi. Contohnya seperti pemegang saham, karyawan, pemilik perusahaan. 
  • Stakeholder eksternal 
    Mereka yang tidak secara langsung bekerja dalam perusahaan tetapi mempengaruhi Tindakan dan hasil bisnis dari perusahaan. Contohnya seperti pelanggan, vendor, pemerintah, dan masyarakat umum

Itulah beberapa hal tentang stakeholder yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper