Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tips Memulai Bisnis Undangan Digital Pernikahan, Agar Menarik dan Laku

Sebelum memulai bisnis undangan digital, berikut hal-hal penting yang harus Anda perhatikan.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  11:35 WIB
Tips Memulai Bisnis Undangan Digital Pernikahan, Agar Menarik dan Laku
Ilustrasi undangan digital
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis undangan digital punya potensi besar untuk dikembangkan. Bagi banyak orang, keberadaan undangan digital saat ini lebih efektif ketimbang undangan konvesional, sebab dinilai lebih simple dan ramah lingkungan bagi para calon pengantin.

Bahkan, dari sisi biaya undangan digital tentu lebih hemat. Pasalnya, calon pengantin tidak perlu mengeluarkan dana untuk mencetak undangan serta dirasa lebih efisien karena lebih cepat sampai ke penerima.

Artinya, bisnis undangan digital akan selalu punya pasar dan bisa menjadi usaha yang bisa dijalankan untuk jangka panjang. Terutama jika Anda konsisten menjaga kualitas guna memberi kepuasan pada pelanggan.

Lantas, seperti apa kiat untuk menghasilkan cuan dari bisnis undangan digital? Melansir dari Nerd Wallet, berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Pilih pasar yang spesifik dan lakukan riset pasar

Bisnis undangan pernikahan digital sangatlah luas. Anda harus lebih spesifik dari itu jika ingin menonjol di pasaran. Menemukan suatu yang spesifik sangatlah penting karena memungkinkan Anda untuk mengasah keahlian Anda dan membangun basis pelanggan setia pada saat yang bersamaan. Bahkan, dengan produk tawaran yang spesifik, value added dari bisnis akan kian kuat untuk memasarkan ke pelanggan.

Pikirkan jenis undangan digital yang menarik perhatian Anda. 

Apakah Anda terlalu bosan dengan tampilan desain ataupun kata-kata dari sebuah undangan digital?

Berfokuslah untuk membuat undangan digital dengan lebih interaktif, misalnya dengan menyisipkan lagu atau membuat beberapa undangan digital yang nampak seperti game. Tentunya, dengan melakukan hal itu akan membantu Anda membentuk identitas merek yang kuat dan menguasai proses produksi Anda. 

Saat Anda memilih pasar yang spesifik, penting untuk mempertimbangkan lebih dari sekadar selera Anda. Lakukan riset pasar dan pastikan ada kebutuhan dan ruang untuk bisnis undangan digital Anda.

2. Tulis rencana bisnis

Menulis rencana bisnis adalah langkah yang sangat penting untuk mempelajari cara memulai bisnis undangan digita. Faktanya, selain akan sangat membantu untuk kembali ke rencana bisnis Anda sesering mungkin untuk mengevaluasinya.

Rencana bisnis juga dapat membantu menjaga bisnis Anda tetap pada jalurnya, menguraikan rencana pertumbuhan Anda, dan membuktikan nilai merek Anda kepada calon investor. 

Jika Anda memilih mencari pendanaan untuk membantu meluncurkan perusahaan Anda, memiliki rencana bisnis yang komprehensif juga akan memberi sinyal kepada calon pemberi pinjaman bahwa Anda adalah peminjam yang bertanggung jawab.

3. Bangun portofolio

Jika persiapan Anda sudah siap, waktunya untuk membuat portofolio. Pengusaha undangan digital tidak dituntut untuk memiliki keahlian dalam desain. Sebab, kini banyak template undangan digital yang bisa dibeli. Jangan lupa, untuk menyesuaikan dan pilih template undangan yang terbaik.

Namun, apabila Anda lihai dalam mendesain, tidak ada salahnya untuk menciptakan template sendiri. Anda juga harus sudah mulai mempersiapkan domain dan hosting yang berbayar. Semakin bagus portofolio, maka semakin yakin calon klien terhadap jasa undangan digital milik Anda.

4. Buat situs web

Ketika Anda memulai bisnis undangan digital, tentunya Anda harus memiliki situs web sendiri untuk memamerkan beberapa contoh desain undangan digital, keterangan detail yang memuat harga, bagaimana cara memesan dan beberapa ketentuan lainnya. 

Anda bisa Arahkan juga ke WhatsApp agar konsumen bisa langsung bertanya dan memesan undangan sesuai dengan keperluan mereka. 

Kini sudah banyak template halaman website yang mudah dipersonalisasi dan didesain, sekaligus menampung semua tautan penting yang ingin Anda bagikan

5. Kerja sama dengan Wedding Organizer

Selain memasarkan jasa melalui media sosial dan penyebaran secara organik, langkah tepat yang perlu dilakukan adalah bekerja sama dengan penyelenggara pernikahan atau wedding organizer (WO).

WO yang sudah berkecimpung di dunia pernikahan tentu memiliki banyak relasi dan klien, hal ini bisa dimanfaatkan agar jasa undangan digital milik Anda bisa ditawarkan. Bekerja sama dengan WO bisa membuka peluang meraih jangkauan klien yang lebih luas.

6. Promosikan bisnis Anda

Pelanggan Anda mungkin tidak akan menemukan bisnis undangan digital jika Anda tidak mempromosikannya. Media sosial, pemasaran email, atau memasang iklan di koran lokal, bahkan menyewa influencer semuanya dapat membantu Anda menemukan pelanggan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu pernikahan undangan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top