Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Tren Bisnis Tahun 2023 yang Bakal Booming

Forbes merilis prediksi tren bisnis yang akan booming tahun 2023, penasaran?
Ilustrasi entrepreneur
Ilustrasi entrepreneur

Bisnis.com, JAKARTA - Bisnis telah menghadapi tantangan besar dan telah mengalami banyak sekali perubahan selama beberapa tahun terakhir dan akan terus mengalami perubahan tren menjelang tahun 2023. 

Melansir dari Forbes, berikut adalah tren berbisnis yang diprediksi memiliki dampak besar di tahun 2023. Simak ulasannya.

1. Transformasi digital yang dipercepat

Pada tahun 2023, kita melihat kelanjutan inovasi dan perkembangan teknologi transformatif seperti artificial intelligence (AI), internet of things ( IoT ), virtual and augmented reality (VR/AR), cloud computing, blockchain, dan jaringan super cepat. protokol seperti 5G. 

Terlebih lagi, teknologi digital transformasional ini tidak ada secara terpisah satu sama lain, dan kita akan melihat batas di antara keduanya kabur. Solusi baru untuk augmented working, hybrid dan remote working  pengambilan keputusan bisnis, dan otomatisasi beban kerja manual, rutin, dan kreatif menggabungkan teknologi ini dengan cara yang memungkinkan mereka untuk saling menyempurnakan. 

Untuk mempersiapkan hal ini, bisnis harus memastikan mereka menanamkan teknologi yang tepat di seluruh proses mereka dan di setiap area operasi. Pada titik ini, sangat sedikit alasan untuk berbisnis dan tidak memiliki pemahaman tentang bagaimana AI dan teknologi lain yang disebutkan di atas akan memengaruhi bisnis dan industri Anda.

Penjualan dan pemasaran yang lebih efektif, layanan pelanggan yang lebih baik, rantai pasokan yang lebih efisien, produk dan layanan yang lebih selaras dengan kebutuhan pelanggan, dan proses manufaktur yang disederhanakan semuanya tersedia, dan pada tahun 2023, hambatan untuk mengaksesnya akan lebih rendah dari sebelumnya. 

2. Inflasi dan keamanan rantai pasokan

Banyak industri masih terganggu oleh masalah rantai pasokan yang muncul selama penutupan global yang disebabkan oleh Covid-19 dan semakin memburuk karena perang di Ukraina. 

Untuk mengatasi ini, perusahaan perlu meningkatkan ketahanan mereka dengan cara apa pun yang mereka bisa. Hal ini berarti mengurangi paparan terhadap harga pasar komoditas yang bergejolak, serta membangun langkah-langkah perlindungan ke dalam rantai pasokan untuk mengatasi kelangkaan dan kenaikan biaya logistik.

Penting bagi perusahaan untuk memetakan seluruh rantai pasokan mereka dan mengidentifikasi setiap paparan terhadap risiko pasokan dan inflasi. Dengan begitu, mereka dapat mencari cara untuk mengurangi risiko tersebut, seperti adanya alternatif pasokan dan menjadi lebih mandiri. 

3. Bisnis yang berkelanjutan

Dunia semakin menyadari fakta bahwa bencana iklim akan menimbulkan tantangan yang jauh lebih besar daripada apa pun yang telah kita alami dalam beberapa dekade terakhir dan akan mengecilkan tantangan yang dihadapi oleh pandemi Covid-19. Itu berarti investor dan konsumen lebih memilih bisnis dengan kredensial lingkungan dan sosial yang tepat, dan tren pembelian semakin didorong oleh konsumen yang sadar dan memprioritaskan dampak ekologis dan keberlanjutan saat memilih suatu produk. 

4. Pengalaman pelanggan yang imersif

Metaverse – istilah umum yang digunakan oleh para futuris untuk mendeskripsikan “tingkat berikutnya” dari internet, tempat kita berinteraksi dengan merek dan sesama konsumen melalui teknologi imersif, termasuk lingkungan 3D dan VR – adalah tahap di mana hal ini akan terjadi. 

Pikirkan toko online tempat kita dapat menelusuri dan "mencoba" representasi virtual dari pakaian, perhiasan, dan aksesori. Kita mungkin menggunakan ruang ganti virtual untuk mendandani avatar diri kita sendiri – seperti yang sudah dipelopori oleh orang-orang seperti Hugo Boss – atau bisa melibatkan AR, seperti yang digunakan oleh Walmart, untuk melihat bagaimana pakaian akan pas di tubuh kita yang sebenarnya. Tren ini akan berdampak pada ritel online dan offline.

5. Tantangan sumber daya

Selama setahun terakhir, telah terjadi pergerakan sumber daya yang melakukan pengunduran diri yang besar dan berhenti diam-diam demi mengejar passion. Hal ini telah menekan perusahaan, untuk memastikan mereka memberikan karir yang menarik, fleksibilitas kerja hybrid, dan lingkungan kerja serta budaya perusahaan yang menarik. 

Selain itu, transformasi digital yang dipercepat (tren di atas) mengarah pada lebih banyak otomatisasi tempat kerja yang akan meningkatkan hampir semua pekerjaan di dunia. Manusia akan semakin banyak berbagi pekerjaan mereka dengan mesin cerdas dan robot pintar, dan itu berdampak besar pada keterampilan dan bakat yang dibutuhkan perusahaan di masa depan. 

Ini berarti melatih kembali dan meningkatkan keterampilan orang-orang dalam bisnis kita serta merekrut orang-orang baru yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk masa depan.

Di satu sisi, bisnis harus menghadapi kesenjangan keterampilan yang luas yang ada di berbagai bidang seperti ilmu data, AI, dan bidang teknologi lainnya dan memastikan para tenaga kerja dapat bekerja sama dan mengembangkan keterampilan manusia unik mereka yang saat ini tidak dapat diotomatisasi. Pada tahun 2023, itu akan mencakup keterampilan seperti kreativitas, pemikiran kritis, komunikasi antarpribadi, kepemimpinan, dan penerapan kualitas "manusiawi" seperti kepedulian dan empati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper