Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Pengusaha yang Kuasai Pasar Minyak Goreng di Indonesia

Berikut para pengusaha yang sukses menguasai pasar minyak goreng di Indonesia.
Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Anthoni Salim (kanan) memberikan penjelasan kepada awak media usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan luar biasa, di Jakarta, Rabu (29/5/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Anthoni Salim (kanan) memberikan penjelasan kepada awak media usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan luar biasa, di Jakarta, Rabu (29/5/2019)./Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada sejumlah pengusaha yang sukses berbisnis minyak goreng di Tanah Air.

Bahkan, sebagai produsen minyak goreng, otomatis para pengusaha tersebut mendapatkan pendapatan yang fantastis. 

Lantas, siapa saja pengusaha yang berkecimpung dalam bisnis minyak goreng di Indonesia? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya. 

1. Keluarga Widjaja

Keluarga Widjaja merupakan salah satu pengusaha minyak goreng terbesar di Indonesia. Melalui PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk

(PT SMART Tbk), produk minyak goreng terkenalnya adalah merek Filma, Mitra, Kunci Mas, dan Palmvita.

Berdasarkan laporan dari Forbes, pendirinya yaitu mendiang Eka Tjipta Widjaja pada 2022 lalu, dirinya berhasil menduduki peringkat ke-3 sebagai orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$10,8 miliar atau setara dengan Rp168,3 triliun. Sepeninggal Eka Tjipta, bisnis perusahaan diteruskan ke generasi kedua dan ketiganya. 

2. Anthony Salim

Anthony Salim yang merupakan pemilik dari perusahaan Indofood dan salah satu orang terkaya di Indonesia. Melalui Indofood Agri Resources Ltd. dirinya memproduksi minyak goreng merek Bimoli, Delima, dan Happy.

Berdasarkan laporan dari Forbes, diketahui pendapatan Salim sebagai CEO Indofood mencapai US$7,5 miliar atau setara Rp117,5 triliun. Selain mengedarkan produknya di dalam negeri, brand keluaran Indofood ini terkenal hingga ke mancanegara, seperti Indomie, Supermi, Sarimi, hingga Pop Mie.

3. Bachtiar Karim 

Bachtiar Karim adalah pengusaha kilang minyak sawit terbesar di Indonesia dan pemilik Grup Musim Mas yang memproduksi beberapa merek minyak goreng, seperti Sanco, Tani, M&M, Amago, Good Choice, dan Voila. 

Menurut Forbes, kekayaannya diperkirakan mencapai US$4 miliar atau sekitar Rp62,3  triliun. Per 2022, Bachtiar Karim menjadi orang terkaya ke-11 di Indonesia.

Bersama saudaranya, Burhan dan Bahari yang merupakan generasi ketiga dari pendiri Group Musim Mas memperoleh pendapatan US$9,9 miliar atau setara dengan Rp154,2 pada tahun 2021.

4. Bachrum Karim

Jika sang kakak, Bachtiar Karim mendirikan Grup Musim Mas, maka sang adik yaitu Bachrum Karim mendirikan PT Bina Karya Prima yang memproduksi merek Tropical, Hemart, Fraiswell dan Fitri.

5. Martua Sitorus

Nama Martua Sitorus bukanlah seseorang yang asing lagi. Dirinya memang dikenal sebagai raja minyak sawit di tanah air yang tak lain pendiri dari Wilmar Group, dengan merek dagang minyak goreng Fortune dan Sania.

Berkat bisnis yang dirinya tekuni, kini sosoknya masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes, di mana Martua menempati posisi ke-17, dengan harta kekayaan US$3,1 miliar atau setara dengan Rp48,3 triliun. 

6. Sukanto Tanoto  

Sukanto Tanoto adalah pengusaha yang memproduksi minyak goreng dengan merek Camar. Sebagai pemilik Royal Golden Eagle, grup yang bergerak di bidang pulp dan kertas, kelapa sawit, dan energi, menurut Forbes, harta kekayaan Tanoto per 2023 telah mencapai US$3 miliar atau setara denganRp46,7 triliun. 

7. Januar Darmawan

Melansir dari laman Facebook Nutrifood, Januar Darmawan adalah pendiri PT Nutrifood Indonesia bersama saudaranya pada tahun 1979. Perusahaan ini turut meluncurkan produk minyak jagung, yaitu Tropicana Slim Canola Oil. Sesuai namanya, minyak jagung adalah minyak olahan yang dihasilkan dari mengekstrak biji jagung. 

8. PT. BARCO

 Melansir dari situs perusahaan, PT BARCO yang berdiri sejak tahun 1950 telah menjadi perusahaan manufaktur pengolahan minyak nabati dengan bahan baku kelapa. Adapun, minyak Goreng BARCO adalah minyak yg terbuat dari kelapa dan bukan kelapa sawit. Kini, Presiden Direktur PT Barco adalah David Surono. 

9. PT Tunas Baru Lampung Tbk

Terakhir, melansir dari Bisnis, PT Tunas Baru Lampung Tbk., adalah produsen minyak goreng Rose Brand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper