Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Profil Bos Panorama Sentrawisata, Travel Tour yang Melegenda di Indonesia

Sebelum menjadi PT Panorama Sentrawisata, perusahaan ini sudah berdiri sejak 1974, didirikan oleh ayah dari Budijanto Tirtawisata, Adhi Tirtawisata.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 15 Januari 2023  |  17:53 WIB
Profil Bos Panorama Sentrawisata, Travel Tour yang Melegenda di Indonesia
Budijanto Tirtawisata.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sektor pariwisata di Indonesia menyumbang porsi yang cukup diperhitungkan terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia, lantaran termasuk negara yang kaya akan budaya dan panorama alam.

Kemenparekraf juga mencatat, pendapatan devisa Indonesia dari sektor ini, mencapai US$ 4,26 miliar pada 2022. DataIndonesia menyebut, angka US$ 4,26 miliar tadi, juga telah meningkat tiga kali lipat lebih tinggi dari target tahun ini. 

Salah satu agen travel tour yang yang terbesar di Indonesia adalah Panorama Sentrawisata yang sudah berkiprah di bidang ini lebih dari 40 tahun. Kini, Panorama Sentrawisata dipegang oleh generasi keduanya, Budijanto Tirtawisata.

Dikutip dari Website Panorama dan Wikipedia, Budijanto Tirtawisata atau yang lebih dikenal dengan Budi Tirtawisata merupakan bos PT Panorama Sentrawisata Tbk. Dia menyelesaikan Sarjana Strata Satunya di Universitas California, Amerika serikat di bidang Administrasi Bisnis.

Sejak tahun 2009, dia ditunjuk menjadi Direktur Utama PT Panorama Sentrawisata. Selain itu, dia juga tercatat berkiprah di bidang perbankan dengan menduduki jabatan direksi di beberapa bank nasional.

Budi Tirtawisata sendiri merupakan generasi kedua yang memegang Panorama Grup, dia merupakan anak suluh Adhi Tirtawisata, yang merintis usaha ini sejak tahun 1970an dengan nama PT Regina Alta Panorama Tours.  

PT Regina Alta Panorama Tours kemudian berubah nama menjadi Panorama Sentrawisata sejak 22 Juli 1995 lalu,  yang menawarkan perjalanan wisata domestik maupun internasional bagi masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2021, emiten dengan kode PANR ini memiliki total aset sebesar Rp1,446 triliun dengan total ekuitas sebesar Rp540,997 miliar dan pendapatan sebesar Rp101,573 miliar.

Di tahun yang sama, PANR memiliki karyawan sebanyak 574. PANR tidak hanya bergerak di bidang pariwisata, tetapi juga angkutan antar kota, angkutan pariwisata, penyelenggara acara, serta publikasi acara.

PANR memiliki merek usaha Panorama, Asiaworld, Smart Holiday, Wupi, Preferred, CWT, MG, White Horse, DayTrans, serta Explore.id.

Anak usaha PANR meliputi PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk, PT Panorama JTB Tours Indonesia, PT Panorama Media, PT Ventura Indonesia, PT Andalan Selaras Abadi, PT Panorama Aplikasi Nusantara dan PT WEHA Transportasi Tbk dengan saham sebesar 44,91 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokoh bisnis travel travel agent
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top