Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 8 Universitas di AS Pencetak Miliarder Dunia Terbanyak

Miliarder dunia banyak merupakan alumni dari 8 perguruan tinggi berikut ini, simak daftarnya
Pejalan kaki berjalan di dalam kampus Harvard University di Cambridge, Massachusetts, AS, Senin (20/4/2020)./Bloomberg-Adam Glanzman
Pejalan kaki berjalan di dalam kampus Harvard University di Cambridge, Massachusetts, AS, Senin (20/4/2020)./Bloomberg-Adam Glanzman

Bisnis.com, JAKARTA - Ada sederet universitas yang menelurkan banyak miliarder dunia. 

Menurut laporan dari Henley & Partners yang berbasis di London, setidaknya ada delapan universitas yang paling banyak mencetak miliarder dunia ini berasal dari Amerika Serikat (AS).

Melansir dari Business Insider, berikut sejumlah universitas pencetak miliarder terbesar di AS. Simak ulasannya. 

1. Universitas Harvard

Harvard Yard melahirkan lulusan miliarder paling banyak dari sekolah manapun. Dari 29 miliarder yang berhasil dicetak, 17 di antaranya mengumpulkan kekayaan mereka dari industri keuangan dan investasi, termasuk tiga pendatang baru dalam daftar orang terkaya di dunia yakni si kembar Bitcoin, Cameron dan Tyler Winklevoss, dan mantan CEO Goldman Sachs. Lloyd Blankfein. 

Lalu ada bankir investasi Brasil, Jorge Paulo Lemann dengan kekayaan bersih sebesar USD16,9 miliar lewat kesepakatan cerdas di industri makanan dan minuman, portofolio perusahaannya mencakup saham di Anheuser-Busch InBev dan Kraft Heinz.

CEO Meta Mark Zuckerberg mendaftar di Harvard pada tahun 2002 tetapi turun setelah mendirikan Facebook. Kekayaan bersihnya mencapai US$62,1 miliar atau setara dengan Rp941,6 triliun. 

Harvard, yang merupakan perguruan tinggi tertua di negara itu, juga mengklaim predikat institusi yang menghasilkan jumlah presiden AS terbanyak . Delapan alumninya kemudian memimpin negara: John Adams, John Quincy Adams, John F. Kennedy, Franklin Delano Roosevelt, Theodore Roosevelt, George Bush, Rutherford B. Hayes, dan Barack Obama.

2. Massachusetts Institute of Technology

Massachusetts Institute of Technology berada di urutan kedua, yang telah menghasilkan 5 persen dari miliarder dunia. Ini termasuk mantan CEO Merrill Lynch John Thain. 

Alumni MIT terkenal lainnya termasuk mantan ketua Fed Ben Bernanke, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, dan Bill Hewlett, salah satu pendiri Hewlett-Packard.

3. Universitas Stanford

Lima persen orang terkaya Amerika ternyata berasal dari Universitas Stanford, perguruan tinggi ini berada di urutan ketiga dalam daftar. Alumni terkemuka termasuk pendiri Google Sergei Brin dan pendiri Netflix Reed Hastings.

4. Universitas Pennsylvania

UPenn telah meluluskan 4 persen dari miliarder dunia, termasuk CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk.

Musk sendiri adalah orang terkaya kedua di dunia dengan kekayaan bersih US$198,2 miliar atau setara dengan Rp3.004 triliun. Dia lulus UPenn pada 1990-an dengan gelar di bidang ekonomi. 

Mantan Presiden Donald Trump ternyata juga alumnus Wharton School of Finance UPenn.

5. Universitas Kolombia

Basis alumni sekolah membanggakan 4 persen dari orang Amerika terkaya, termasuk seperti Warren Buffet, legenda investasi dan CEO Berkshire Hathaway, yang bersekolah di sekolah bisnis Columbia.

Dikenal sebagai "Oracle of Omaha," Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Dia menjalankan konglomerat investasi Berkshire Hathaway, yang memiliki lusinan perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell, dan rantai restoran Dairy Queen. Adapun, kekayaan bersihnya mencapai US$108,5 miliar atau setara dengan Rp1.619 triliun. 

Sallie Krawcheck, mantan CEO Citi Global Wealth Management, dan pemilik New England Patriots Robert Kraft juga merupakan alumni dari sini. 

6. Universitas Yale

Universitas Yale menyumbang 4 persen dari semua centi -miliuner di negara ini. Salah satunya adalah Ben Silbermann , salah satu pendiri Pinterest yang lulus dari Yale pada tahun 2003. Dia bernilai US$1,5 miliar atau setara dengan Rp22,7 triliun per 16 Februari 2023. 

Alumni terkenal lainnya termasuk mantan Presiden Bill Clinton dan calon Demokrat 2016 Hillary Clinton, yang bertemu saat belajar di Yale Law. 

7. Universitas Cornell

Universitas yang berlokasi di New York tersebut menyumbang 3 persen dari miliarder dunia. Daftar alumni terkemuka Cornell termasuk Bill Nye, pembawa acara "Bill Nye the Science Guy", yang ditayangkan antara tahun 1993 hingga 1998. 

Alumni terkenal lainnya termasuk hakim agung Ruth Bader Ginsburg, dan Ratan Tata, ketua Tata Group konglomerat India yang sangat kaya.

8. Universitas Princeton

Menurut Net Worth, universitas ini menyumbang 3 persen dari semua miliarder di dunia. Salah satu alumni Princeton yang paling menonjol adalah Jeff Bezos, ketua dan pendiri Amazon. Melansir dari Forbes, lulusan tahun 1986 itu memiliki kekayaan bersih mencapai US$126,3 miliar atau setara dengan Rp1.884 triliun Alumni terkenal lainnya termasuk Michelle Obama dan mantan CEO Google Eric Schmidt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper