Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kumpulan Bisnis Berpeluang Cuan Setelah Lebaran

Setelah lebaran, ada beberapa peluang usaha yang berpeluang cuan untuk dilakoni, simak lengkapnya.
Operasi pasar sembako di Depok/Bisnis-Miftahul Khoer
Operasi pasar sembako di Depok/Bisnis-Miftahul Khoer

Bisnis.com, JAKARTA - Peluang bisnis selalu ada kapan pun tidak mengenal waktu. Namun, ada waktu-waktu yang perlu dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam mengambil kesempatan berbisnis, contohnya adalah setelah lebaran.

Berikut bisnis-bisnis yang bisa Anda coba setelah lebaran.

1. Katering makanan sehat atau diet

Setelah puasa dan lebaran, pola makan kita cenderung tidak teratur. Hidangan lebaran juga biasanya mengandung banyak karbohidrat dan lemak. Membuka katering makanan sehat atau diet mungkin akan ramai pelanggan yang ingin memperbaiki pola makannya, tetapi tidak sempat untuk membuat makanan sehat sendiri.

2. Mainan

Tradisi lebaran di berbagai daerah di Indonesia biasanya memberikan uang ke anak-anak kecil. Anak kecil cenderung membelanjakan uang tersebut untuk membeli mainan atau barang-barang hobi yang mereka gemari. Membuka bisnis mainan memiliki peluang ramai setelah lebaran.

3. Hewan kurban

Selang dua bulan setelah lebaran, yakni Juni 2023, adalah bulan Dzulhijjah yang merupakan hari raya Iduladha. Setelah lebaran mungkin masyarakat mulai mencari hewan-hewan kurban untuk dikurbankan saat Iduladha.

4. Wedding Organizer (WO)

Membentuk bisnis jasa ini memang berpeluang besar terutama setelah lebaran karena banyak Muslim yang menggelar pernikahannya di bulan Syawal atau setelah lebaran. Hal ini dikarenakan umat Islam percaya bahwa bulan tersebut adalah bulan baik.

Dilansir dari situs Kemenag, bulan Syawal dijadikan waktu disunahkannya menikah untuk menghilangkan kepercayaan orang-orang Arab Jahiliyah yang menganggap bahwa pernikahan di bulan Syawal adalah sebuah kesialan dan akan berujung perceraian. Oleh karena itu, Muslim dianjurkan menikah pada bulan Syawal sebagai bentuk ibadah menjalankan sunah Rasulullah.

5. Perlengkapan sekolah

Anak-anak sekolah biasanya menjalani libur sekolah untuk semester baru dekat dengan lebaran. Oleh karena itu, bisnis ini juga cocok dan berpotensi ramai setelah lebaran.

6. Oleh-oleh

Sebelum lebaran, biasanya masyarakat memberikan hampers pada orang-orang di sekitarnya, seperti keluarga, tetangga, dan teman kantor. Jika ada yang terlewat atau tidak sempat memberikan hampers, biasanya masyarakat memberikan oleh-oleh dari kota tempat mereka mudik.

7. Bahan-bahan pokok

Bahan-bahan pokok selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Toko kelontong adalah pilihan bisnis yang cocok dibuat dan cenderung ramai setelah lebaran.

8. Home cleaning

Jasa bersih-bersih rumah bisa menjadi peluang bisnis yang ramai setelah lebaran. Setelah merayakan Idulfitri dan menerima banyak tamu, kemungkinan rumah akan berantakan. Masa sekarang, yang serba cepat dan instan, jasa home cleaning ini adalah sesuatu yang menjanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper