Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanpa Modal! Begini Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Berikut lima strategi untuk mendapatkan uang dari TikTok dengan mengunggah berbagai konten.
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin
Logo aplikasi media sosial TikTok yang dikelola oleh ByteDance./Bloomberg-Brent Lewin

Bisnis.com, JAKARTA - Di era digital saat ini, TikTok telah menjadi platform yang sangat populer untuk mengunggah dan membagikan berbagai jenis konten pendek. 

Meskipun banyak pengguna berusaha untuk mencapai viralitas dengan konten mereka, namun mereka tetap merasa kesulitan untuk menghasilkan pendapatan dari platform ini.

Melansir dari Entrepreneur, berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan agar konten TikTok bisa memberikan keuntungan. Simak ulasannya. 

Cara mendapat uang dari konten TikTok:

1. Manfaatkan Fitur Monetisasi

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan fitur monetisasi di TikTok, seperti Live Gifts dan Creator Fund.

Fitur Live Gifts memungkinkan pengguna untuk menerima hadiah dari penggemar mereka selama siaran langsung di TikTok.

Sedangkan Creator Fund adalah program monetisasi resmi yang dikeluarkan oleh TikTok, di mana pengguna dapat menghasilkan uang dari konten mereka jika memenuhi syarat tertentu, seperti jumlah pengikut dan tayangan.

2. Bangun Personal Branding

Untuk memulai menghasilkan uang di TikTok, Anda harus membangun citra yang kuat di platform ini. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunggah konten berkualitas, kreatif, dan unik yang dapat menarik perhatian pengguna TikTok.

Anda juga harus memastikan bahwa konten Anda sesuai dengan audiens target Anda.

3. Buat Iklan Gratis Sampai Viral 

Ini adalah salah satu strategi untuk memulai memonetisasi di TikTok dengan cara membuat iklan gratis untuk merek. 

Dalam strategi ini, Anda mencoba menghubungi sebanyak mungkin merek dan menawarkan untuk membuat iklan dengan imbalan produk gratis.

Contohnya, sebagai seorang influencer dengan 20.000 pengikut, Anda dapat menawarkan untuk membuat video gratis untuk merek dan mempostingnya ke halaman Anda sampai salah satu dari video Anda menjadi viral dan memperoleh lebih dari satu juta penayangan. 

Baru setelah itu Anda dapat mulai memasang harga untuk layanan Anda. 

Strategi ini memungkinkan Anda untuk membangun rekam jejak yang terbukti dan mendapatkan pengalaman dalam bekerja dengan merek sebelum mulai menghasilkan uang secara konsisten di TikTok.

4. Bangun Portofolio

Langkah selanjutnya setelah berhasil membuat salah satu iklan viral, yaitu mengembangkan pengalaman Anda dengan membuat portofolio. 

Portofolio ini tidak hanya berdasarkan jumlah pengikut, tetapi juga kisah sukses kampanye merek yang Anda jalankan.

Portofolio akun harus berisi informasi yang jelas dan singkat tentang KPI (key performance indicator) dari merek yang Anda promosikan, struktur kampanye, hasil nyata yang telah Anda capai, serta alasan mengapa statistik tersebut penting. 

Pastikan untuk menunjukkan bagaimana kinerja Anda telah mencapai KPI kampanye menggunakan analitik yang akurat. 

Dengan membuat analisis detail dari sebuah peristiwa atau situasi tertentu yang kuat dan meyakinkan, Anda dapat menunjukkan added value hingga bisa memperoleh kesempatan untuk bekerja sama secara berkelanjutan.

5. Jalin hubungan dengan merek

Untuk memonetisasi TikTok, Anda harus menjalin hubungan dengan merek yang ingin bekerja sama dengan Anda.

Jika Anda memiliki video yang menjadi viral untuk merek makeup, Anda dapat melakukan pendekatan untuk mendapat kerja sama dengan sebuah brand.

Dalam menghasilkan uang di TikTok, penting untuk menghindari mentalitas "pengikut" dan fokus pada ROI Anda. Ini berarti bahwa Anda harus menunjukkan kepada klien potensi penghasilan yang dapat mereka dapatkan dari kerja sama dengan Anda, bukan hanya berdasarkan jumlah pengikut yang Anda miliki. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper