Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keren, Ibu Asal Purwakarta Olah Kulit Buah Manggis Jadi Sabun Antiseptik

Bisa jadi sabun antiseptik hingga sirop manis menyegarkan, pengusaha UMKM asal Purwakarta ini manfaatkan kulit manggis
Produk Sirop Manggis khas Kabupaten Purwakarta
Produk Sirop Manggis khas Kabupaten Purwakarta

Bisnis.com, PURWAKARTA – Buah Manggis, adalah salah satu produk holtikultura khas Kabupaten Purwakarta. Selain menjadi andalan ekspor, sejauh ini Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) setempat juga mendorong para pembudidaya buah dengan nama latin Garcinia Mangostana itu untuk berinovasi.

Ya, para pembudidaya telah diarahkan supaya tidak hanya menjual buahnya secara langsung. Tapi, juga disarankan untuk mengolah buah Manggis menjadi produk yang bisa bernilai ekonomi tinggi.

Sitti Sarah Nuraini adalah salah satu pelaku UMKM yang berhasil mengolah buah manggis menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi. Setelah sukses membuat sabun antiseptik berbahan kulit manggis, kini Kepala Program Farmasi Industri SMK Farmasi Purwakarta itu juga menyulap buah manggis menjadi sirop yang menyegarkan. 

Menurut Sitti, Buah manggis ini bisa dimanfaatkan dari semua bagian buahnya. Mulai dari daging buah, hingga kulit buahnya. Jadi jika daging buahnya dikonsumsi, ratu buah tropis ini akan memberikan efek untuk daya tahan tubuh dari serangan virus. Sedang, jika kulit buahnya diaplikasikan bisa menjadi sabun efektif untuk memberikan khasiat antiseptik.

"Ratu buah tropis ini kaya akan manfaat. Kami telah memuat sejumlah olahan dari buah manggis. Seperti, masker dari kulit manggis, teh kulit manggis, sabun manggis dan sirop manggis," ujar Sitti kepada Bisnis.com, belum lama ini.

Sitti lantas menyeritakan awal mula dirinya terjun ke dunia usaha olahan manggis. Pada 2018 yang lalu, 3sadulur yang menjadi brand usahanya itu mendapat permintaan pengembangan produk berbahan dasar manggis dari Bidang Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta.

"Olahan manggis kami, awalnya untuk ditampilkan di Festival Manggis pertama. Kami, memberdayakan pelajar di SMK Farmasi Purwakarta," ujarnya.

Siapa sangka, saat itu produk olahan manggis ini laku keras dan menjadi perhatian masyarakat. Sehingga, kerja sama pun dilanjutkan pada tahun 2019 dalam kegiatan Festival Manggis ke 2 yang diselenggarakan pemerintah.

Berangkat dari kepercayaan publik inilah, sejak saat saat itu pihaknya tak hanya memproduksi olahan manggis untuk kegiatan festival saja. Melainkan, mulai konsen pada pengembangan usaha komersil. Salah satu yang saat ini ditekuni adalah memproduksi sirop manggis. Kini, sirop manggis sudah memiliki izin edar dan PIRT.

Saat ini, sirop maggis yang diproduksi 3sadulur sudah menjadi produk unggulan. Bahkan, menjadi ikon baru di Purwakarta. Dengan demikian, sirop manggis tersebut saat ini menjadi produk UMKM khas Purwakarta.

"Bahan bakunya dari kulit manggis," kata dia.

Menurut dia, Sirop manggis ini sangat cocok dipadupadankan dengan es batu, susu ataupun soda. Sehingga, sangat cocok menjadi teman santai.

Dia menambahkan, pihaknya tak memungkiri banyak di antara masyarakat yang tak mengetahui akan khasiat dan kandungan nutrisi dari buah dengan ciri khas warna kulit merah keunguan itu. Menurut dia, buah Manggis memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia, luar dan dalam.

"Alpha-mangostin merupakan pigmen warna pada kulit buah. Zat tersebut, efektif sebagai antibacericidal, fungicidal dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu terbukti juga sebagai antioksidan dan anti-inflamatory," jelas dia.

1682837304_a74b393f-9e11-4061-828f-2c79c0d032de.
1682837304_a74b393f-9e11-4061-828f-2c79c0d032de.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler