Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Si Cantik Cathie Wood, Investor Kaya Antitesis Warren Buffet

Sosok Cathie Wood menarik perhatian dunia, lantaran gaya investasinya yang jauh berbeda dibanding Warren Buffet.
Sosok Cathie Wood menarik perhatian dunia, lantaran gaya investasinya yang jauh berbeda dibanding Warren Buffet.
Sosok Cathie Wood menarik perhatian dunia, lantaran gaya investasinya yang jauh berbeda dibanding Warren Buffet.

Bisnis.com, JAKARTA - Cathie Wood adalah seorang investor terkenal yang tengah mencuri perhatian dalam dunia investasi dalam beberapa tahun terakhir. 

Sebagai pendiri dari ARK Invest, dirinya begitu populer lantaran ahli dalam mengidentifikasi tren dan peluang di sektor-sektor yang sedang mengalami pertumbuhan pesat. Mulai dari teknologi, seperti teknologi, bioteknologi, kecerdasan buatan hingga energi bersih.

Apabila Warren Buffett mengadopsi pendekatan nilai investasi tradisional, di mana dirinya berinvestasi pada perusahaan yang sedang terdiskon dan valuasi murah serta telah memiliki fundamental bisnis kuat dan mampu melipatgandakan labanya.

Justru, Cathie Wood cenderung memilih mencari perusahaan dengan valuasi tinggi dan memiliki keunggulan kompetitif yang kuat. 

Prediksinya pun terbukti, di mana wanita kelahiran Los Angeles ini mampu memberikan keuntungan berlipat bahkan hingga di atas 300 persen selama masa pandemi. 

Mengenal Sang Investor Cathie Wood

Cathie Wood adalah seorang investor dengan lebih dari 40 tahun pengalaman dalam dunia investasi. 

Namun, dia menjadi lebih dikenal secara luas pada 2020. Dana ARK Innovation yang dikelolanya menghasilkan hampir 150 persenkeuntungan pada tahun tersebut, yang membuatnya mendapatkan ketenaran yang lebih besar. 

Dalam lima tahun terakhir, dana ARK Innovation menghasilkan sekitar 45 persen keuntungan tahunan. Kesuksesan Cathie Wood juga disebut-sebut beriringan dengan keputusan suku bunga Bank Sentral AS, The Fed.

Wood pun dikenal karena terkadang membuat klaim besar tentang masa depan. Dia adalah pendukung bitcoin, dan dia yakin bahwa produsen mobil listrik Tesla (TSLA) masih merupakan perusahaan yang dihargai terlalu rendah dan memprediksi bahwa nilainya akan mencapai US$3 triliun suatu saat nanti. 

Meskipun banyak yang meragukan klaim tersebut ketika dia pertama kali mengatakannya, akan tetapi dengan kapitalisasi pasar Tesla saat ini mencapai $923,77 miliar per 4 Mei 2022, prediksi tersebut terlihat tidak terlalu berlebihan. 

Berkat kecermatannya, ini menjadi alasan mengapa para investor mengikuti Cathie Wood dan menginvestasikan dana mereka di perusahaan-perusahaannya.

Bahkan, dirinya mampu memberikan keuntungan berlipat bahkan hingga di atas 300 persen, di masa pandemi hingga puncaknya pada awal 2021

Awal Kehidupan dan Jumlah Kekayaan

Wanita ini lahir pada 1955 di Los Angeles. Orangtuanya adalah imigran asal Irlandia, dan dia dianggap sebagai seorang miliarder yang meraih kesuksesan secara mandiri. Wood kuliah di University of Southern California, jurusan ekonomi. 

Salah satu mentornya adalah Art Laffer, yang terkenal dengan teori kaitan antara pendapatan pajak dan tarif pajak serta menciptakan Kurva Laffer.

Setelah lulus summa cum laude pada 1981, dirinya menghabiskan waktu 18 tahun sebagai ekonomo, peneliti, manajer portofolio hingga direktur. 

Dengan pengetahuannya tersebut, Wood tak jarang terlibat untuk mengelola portofolio senilai lebih dari US$5 miliar atau Rp74,2 triliun. 

Akhirnya, pada tahun 2014, Wood mendirikan ARK Invest dan mengemban peran sebagai CEO dan CIO. 

Sejarah panjangnya dalam berinvestasi tematik mendorongnya untuk mempelajari inovasi yang mengganggu dan berfokus pada investasi yang dirancang untuk memecahkan masalah-masalah besar.

Pada umumnya, strategi tematik mencoba mengidentifikasi apa yang bisa mengubah dunia - bahkan jika teknologi yang mendasarinya belum sepenuhnya dikembangkan.

Wood telah mendapatkan pengakuan di dunia investasi. Bahkan dirinya mendapat sejumlah penghargaan, seperti Power Women pada 2021 dan salah satu dari 50 Over 50 versfi Forbes. 

Dia juga telah diakui oleh Bloomberg dan Fortune, dan menjadi pembicara utama di World Economic Forum.

Kekayaan bersih Cathie Wood diperkirakan mencapai US$250 juta atau Rp3,7 triliun, dan ARK Invest diperkirakan memiliki sekitar US$60 miliar atau Rp890,9 triliun dalam aset.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arlina Laras
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper