Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Minol Laris Manis, Jinro Sukses Bertahan Hampir 100 Tahun

Minuman beralkohol asal Korea, Jinro berdiri hampir 100 tahun ketika bisnis minuman alkohol kian laris manis
Jinro Soju/Bisnis-Mutiara Nabila
Jinro Soju/Bisnis-Mutiara Nabila

Bisnis.com, JAKARTA — Minuman beralkohol tak lagi asing di lidah orang Indonesia. Termasuk minuman beralkohol dari mancanegara.

Salah satu minuman beralkohol yang terkenal adalah soju khas Korea Selatan. Ditambah lagi dengan adanya Gelombang Korea atau dikenal dengan Hallyu membuat minuman beralkohol ini semakin tenar.

Salah satu merek yang cukup terkenal di Korea adalah Jinro, yang sudah berdiri hampir 100 tahun. 

Merek minuman beralkohol ini mulai masuk ke Indonesia secara resmi pada 2016, melalui PT Nano Logistics. Jinro sudah mulai melanglang buana diekspor ke luar Korea sejak 1988 mulai dari Vietnam. Saat ini, merek soju nomor 1 di dunia sudah tersebar di 80 negara.

Manajer Asean Team Hitejinro Co. Ltd. Yu Byung Jun menyebutkan salah satu yang membymut Jinro ternama di dunia tak lepas dari adanya Hallyu atau Gelombang Korea.

"Jinro sudah dikenal di Korea dari sebelum K-Pop dan K-Drama booming, tetapi terkenalnya Jinro di dunia juga tak lepas dari adanya tren itu di seluruh dunia," kata Jun.

Ada pula yang membuat minol ini spesial adalah varian rasa yang berbeda di tiap-tiap negara, meskipun didasari dengan rasa dan racikan yang sama dengan yang diproduksi di Korea.

"Rasanya sendiri sama dengan di korea karena pabrik pembuatannya sama. Tapi beberapa rasa ada yang hanya diekspor, seperti peach, strawberry, dan plum. Tapi di Korea sendiri ada rasa yang juga hanya dijual di Korea," jelasnya.

Jun menjelaskan, soju dengan rasa buah diproduksi tergantung permintaan, dari tiap negara ada permintaan dan rasa-rasa favoritnya. Di Korea sendiri justru rasa original yang paling banyak dicari.

Tantangan Masuk ke Indonesia

Brand Development Manager PT Nano Logistic Nina Lukman menagatakan memasukkan Jinro ke Indonesia secara resmi tidak ada kesulitan yang berarti, meskipun Indonesia dikenal sebagai negara muslim.

Pasalnya, penggemar minuman beralkohol di Indonesia sudah banyak. Ditambah dengan Hallyu, membuat minol asal Korea ini makin mudah dikenali.

"Yang tidak disangka lagi, pelancong mancanegara juga banyak yang mencari soju Jinro alih-alih mencari bir," ungkap Nina.

Hadapi Tantangan Saat Pandemi

Saat pandemi, penjualan Jinro tak luput dari penurunan. Namun, pembelian secara online sangat menolong penjualan jinro.

"Awalnya sulit, tapi lama kelamaan mungkin orang sudah bosan, lalu jadi mulai undang teman-teman ke rumah dan pesan soju secara online. Ini cukup membantu penjualan," ungkap Nina.

Jinro dapat ditemui di berbagai restoran makanan khas korea, di toko khusus minuman alkohol, di pub, bar, dan hotel-hotel. Menurut Nina, penjualan dari restoran korea juga menyumbang paling pembelian paling banyak.

Dia berharap Jinro bisa semakin maju, namun minuman alkohol Indonesia tetap bisa bersaing dengan minuman internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper