Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis Sampingan dan Freelance yang Cepat Untung

Lihatlah sekeliling rumah Anda untuk mencari barang-barang yang tidak lagi terpakai. Simak 10 ide bisnis sampingan atau freelance.
Ilustrasi bisnis sampingan/amazon
Ilustrasi bisnis sampingan/amazon

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak pekerjaan kantoran yang tengah berupaya untuk mencari ide bisnis sampingan atau freelance, guna menambah sumber pendapatan tambahan dari pekerjaan penuh waktu. 

Freelance atau pekerjaan sampingan bisa  dilakukan setelah pekerjaan utama selesai, sehingga bisa menghasilkan uang. Pekerjaan sampingan, bisa juga berasal dari hobi.

Anda juga bisa menggunakan hobi untuk menghasilkan uang, sehingga hobi yang Anda senangi bisa mendapatkan cuan. 

Pekerjaan sampingan biasanya tidak sama dengan pekerjaan paruh waktu dan memungkinkan Anda untuk melakukan hobi secara produktif dan memberi kesempatan untuk mencoba sesuatu yang berbeda dari pekerjaan Anda sehari-hari. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada banyak pekerjaan yang dapat Anda lakukan secara online atau di akhir pekan. Silakan pilih sesuai dengan keinginan masing-masing.

Simak 10 ide pekerjaan sampingan dan freelance untuk menghasilkan lebih banyak uang:


1. Freelance proofreading dan editing

Apakah Anda pandai menemukan kesalahan tata bahasa dan ejaan? Gunakan keahlian ini untuk mendapatkan uang tambahan melalui proofreading dan editing.

Mungkin ada beberapa alat pengecekan bahasa online, tapi tidak ada yang bisa mengalahkan mata manusia untuk menemukan kesalahan dan memahami konteks tulisan. Perusahaan-perusahaan ternama biasanya lebih suka mengoreksi konten dan salinan mereka oleh korektor manusia.  

2. Membuat blog

Jika Anda suka menulis, dan ingin berbagi minat, pengalaman, serta opini dengan orang lain, Anda bisa mencoba untuk membuat situs web dan blog. Gunakan iklan dan tautan afiliasi untuk menghasilkan pendapatan dari blog Anda. 

Namun, jika Anda membutuhkan uang tunai cepat, ini mungkin bukan pilihan terbaik karena butuh waktu untuk membangun blog Anda sebelum menghasilkan uang dari blog.

3. Jasa desain web

Menawarkan desain web sebagai sebuah layanan membutuhkan keahlian dan pengalaman sebelumnya. Jika Anda tahu cara melakukan desain grafis, tawarkan layanan desain web Anda ke perusahaan yang memiliki situs web maupun media sosial atau pertimbangkan untuk menghubungi perusahaan lokal. 

Saat Anda bekerja, pastikan untuk menambahkan pekerjaan profesional yang sudah selesai ke portofolio untuk menunjukkan kepada calon klien. 

jenis pekerjaan freelance
jenis pekerjaan freelance

4. Membuat kanal YouTube

Tidak jauh berbeda dengan membuat blog, jika Anda ingin berbagi minat, pengalaman, serta opini dengan orang lain, Anda bisa mencoba untuk membuat kanal youtube. 

Buat dan unggah video dengan tujuan mengedukasi pemirsa atau mendiskusikan suatu topik. Namun, saluran Anda harus mencapai pencapaian tertentu sebelum bisa mendapat penghasilan dari YouTube. 


5. Mengajar bahasa Inggris atau bahasa lain secara online

Mengajar bahasa secara online sudah menjadi cara yang populer untuk mendapatkan uang secara online dan sebagai pekerjaan sampingan. 

Ada banyak situs yang bisa Anda ikuti untuk menjadi guru online dan mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua kepada orang-orang dari negara lain. Pekerjaan ini bisa menjadi penghasilan sampingan yang stabil jika Anda berkomitmen untuk mengadakan kelas yang terjadwal secara teratur.


6. Menjual barang bekas

Lihatlah sekeliling rumah Anda untuk mencari barang-barang yang tidak lagi terpakai. Kumpulkan barang-barang tersebut untuk dijual. Anda bisa mencoba untuk menjualnya lewat media sosial dan e-commerce. 

Selain menghasilkan uang tambahan, hal ini dapat membantu membersihkan rumah Anda. Anda mungkin juga memiliki teman atau tetangga yang memiliki barang yang ingin mereka jual namun tidak punya waktu. Anda bisa menawarkan untuk menjual barang mereka dan membagi keuntungan dengan mereka.

tips memulai bisnis online saat freelance
tips memulai bisnis online saat freelance


7. Menjadi tutor atau pengajar

Individu yang terampil atau berpengetahuan luas dalam suatu mata pelajaran dapat menjadi tutor dan mengajar orang lain. Apa pun mata pelajaran yang Anda kuasai, kemungkinan besar Anda akan dapat menemukan seseorang yang membutuhkan bimbingan belajar di bidang itu.


8. Membuat dan menjual kerajinan tangan

Jika Anda tahu cara membuat kerajinan tangan, manfaatkan keterampilan ini untuk mendapatkan uang dengan menjualnya secara online. Lebih baik memulai dengan sumber daya dan investasi yang terbatas. Setelah Anda mulai mendapatkan respon yang baik, Anda dapat meningkatkan produksi.

Kunjungi pasar online yang menjual kerajinan tangan untuk mencari tahu tentang produk yang sedang naik daun. Atau, Anda dapat memilih untuk membuat sesuatu yang tidak tersedia dengan mudah. Setelah produk Anda siap, Anda bisa menjualnya melalui bantuan media sosial maupun e-commerce. 


9. Menjual eBook atau buku elektronik

Jika Anda memiliki bakat menulis, menjual eBook bisa menjadi ide bisnis sampingan. Saat ini, Anda tidak perlu menunggu penerbit menyetujui naskah Anda untuk menerbitkan buku. Buatlah eBook dan jual kepada pembaca.

Anda bisa menulis eBook tentang topik yang sedang tren seperti pengembangan diri atau motivasi. Anda juga bisa menulis buku yang akan mengajarkan orang lain cara mempelajari keterampilan atau kemajuan dalam karier mereka. 


10. Mengikuti survei online

Ada beberapa platform online yang membayar orang untuk mengikuti survei untuk menilai seberapa baik sebuah situs web bekerja, kualitas produk, atau layanan lain yang perlu diukur dan dinilai. 

Survei sering kali tidak membayar banyak, tetapi Anda bisa mendaftar ke sebanyak mungkin situs survei yang Anda inginkan untuk meningkatkan penghasilan Anda secara keseluruhan dengan metode ini. 

Namun, ini adalah pekerjaan sampingan yang rentan terhadap situs penipuan, jadi pastikan Anda meneliti perusahaan survei online dengan cermat sebelum mendaftar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper