Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sejarah Bakmi GM, dari Warung Pinggir Jalan, jadi Restoran Bakmi yang Ikonik

Restoran Bakmi yang Ikonik Bakmi GM dimulai dari warung pinggir jalan, simak perjalanan bisnisnya
Bakmi GM
Bakmi GM

Bisnis.com, JAKARTA – Berdiri sejak tahun 1959, Bakmi GM adalah salah satu restoran bakmi yang ikonik yang dikenal masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Restoran yang menyajikan bakmi sebagai menu utama ini juga menyediakan nasi dan menu pendamping lainnya. Salah satu menu favorit selain bakmi yaitu pangsit goreng.

Semua menu yang disediakan oleh Bakmi GM dirancang khusus untuk memberikan rasa yang lezat, yang dibuat dari bahan baku pilihan, dan disajikan dengan harga yang ekonomis.

Bakmi GM menyediakan lebih dari 50 menu yang dapat dipilih oleh pelanggan. Bakmi GM juga meluncurkan produk-produk baru secara berkala.

Sejarah Berdirinya Bakmi GM

PT Griya Miesejati adalah induk perusahaan dari perusahaan restoran cepat saji Bakmi GM.

Nama Bakmi GM sebelumnya dikenal dengan Bakmi Gajah Mada yang didirikan oleh sepasang suami istri Tjhai Sioe dan Loei Kwai Fong.

Kesuksesan Bakmi GM dimulai dari sebuah warung mi yang terletak di Jl Gajah Mada No77, Jakarta. Warung ini hanyalah sebuah warung kecil yang dapat menampung tak lebih dari 20 orang.

Dengan suasanya dapur yang masih kumuh, saat itu Tjhai bersama istrinya hanya menyediakan menu bakmi ayam bakso pangsit.

Selama 3 tahun berdiri, Bakmi GM akhirnya mulai dikenal masyarakat. Tepatnya setelah adanya Asean Games pada tahun 1962 hingga 1963.

Para pengunjung yang berasal dari luar kota maupun luar negeri banyak berdatangan untuk menyicipi Bakmi GM. Hal inilah awal mula kesuksesan Bakmi GM yang berkembang pesat hingga saat ini.

Namun, pada tahun 1968, warung ini sempat tutup sementara akibat pelebaran Jalan Gajah Mada saat itu. Selama pelebaran jalan ini, Tjhai dan istrinya beroperasi di Jalan Kejayaan, Jakarta Barat.

Hingga pada tahun 1971, Bakmi GM membuka cabang pertamanya di Jalan Melawai. Cabang ini kemudian disambut baik oleh masyarakat sekitar sehingga berbuah menjadi banyak cabang di tempat-tempat lain.

Kini Bakmi GM memiliki outlet-outlet yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Bali. Dengan pengalaman lebih dari 60 tahun di industri restoran, Bakmi GM saat ini melayani lebih dari 30.000 pelanggan per harinya. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler