Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bakmi Hotplate yang Viral di Magelang, Ini Biaya Buka Gerai Kemitraan

Salah satu bisnis kuliner yang sempat menarik perhatian warga magelang beberapa tahun lalu adalah Bakmi Hotplate.
Bakmi Hotplate/istimewa
Bakmi Hotplate/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang bisa dikatakan tidak akan redup karena makanan adalah kebutuhan dasar manusia. 

Namun, dari banyaknya bisnis kuliner yang ada saat ini, tentunya membutuhkan ide dan inovasi baru agar bisnis kuliner yang anda miliki mempunyai daya tarik sendiri.

Salah satu bisnis kuliner yang sempat menarik perhatian warga magelang beberapa tahun lalu adalah Bakmi Hotplate. 

Didirikan pada tahun 2021 di Magelang, Oksi, pemilik bisnis kuliner ini mendirikan Bakmi Hotplate bermodalkan teras rumah yang dimilikinya. Awalnya, Oksi hanya menjual menu mi ayam jawa biasa. Namun, karena dia melihat di sekitarnya sudah banyak yang menjual jenis makanan yang sama, Oksi memutar otak untuk membuat inovasi baru.

Bermodalkan 7 buah hotplate yang dimilikinya, Oksi mencoba untuk mengubah resep dan formulasi dari bakmi yang dimilikinya agar berbeda dan menarik. Siapa sangka, inovasi yang dibuatnya ternyata berhasil dan diterima oleh masyarakat sekitar. 

Karena Oksi melihat Bakmi Hotplate yang dimilikinya membuahkan peluang, akhirnya sejak tahun 2023, dia memutuskan untuk pindah ke Yogyakarta dengan maksud mengembangkan bisnisnya di kota yang lebih besar. 

Tak hanya sampai di situ, Oksi pun mulai berinovasi dengan menambahkan menu di restoran bakmi miliknya. Karena inovasi bakmi yang dibuatnya mendapatkan sambutan baik dari para pembeli, Bakmi Hotplate pun menciptakan inovasi baru dengan menambah menu, yaitu ramen hotpot. 

“Awalnya di Magelang sampai 2023, habis itu emang pengennya berkembang ke kota yang lebih besar. Kalau di Magelang kan masih kota kecil, terus kalau di Yogya, kota besar dan daya belinya juga lebih tinggi. Di Yogya juga kan targetnya mahasiswa, akhirnya kita nambahin menu baru,” ujar Oksi kepada Bisnis, Jumat (25/8/2023). 

Siapa sangka, bisnis yang dimulai dengan modal sekitar 2 juta dan pendapatan penjualan rata-rata per hari sekitar 300 ribu hingga 1 juta, selama 3 bulan di Yogyakarta, Bakmi Hotplate berhasil mendapatkan omzet yang jauh lebih besar, yaitu sekitar 50 juta hingga 60 juta per bulan. 

Berpusat di Yogyakarta, saat ini Bakmi Hotplate sudah memperluas penjualannya ke beberapa kota, seperti Ngawi, Jakarta Timur, Balikpapan, dan Palangkaraya. 

Adapun menu yang menjadi andalan Bakmi Hotplate yaitu Ramen Hotpot Kanagawa, Bakmi Pepper Steak, dan Ramen Hotpot Senku. 

Konsep Kemitraan Bakmi Hotplate

Dalam hal kemitraan, Oksi mengambil konsep kemitraan yang cukup berbeda dari kebanyakan bisnis kuliner lainnya. Dengan mengikuti hukum Islam, dia menjalankan konsep kemitraan syariah, dimana konsep ini berbeda dengan sistem franchise. 

Jika anda berminat untuk bermitra dengan Bakmi Hotplate, anda bisa menyiapkan biaya sekitar Rp38 juta untuk kemitraan bakmi hotplate dan Rp28 juta untuk kemitraan ramen hotpot. 

Namun, harga ini belum termasuk dengan sewa tempat. Jadi, anda harus menyiapkan terlebih dahulu lahan untuk menjalankan kemitraan dengan Bakmi Hotplate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper