Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Franky Widjaja, Salah Satu dari Sederet Taipan yang Tanam Duit di IKN

Salah satu investor lokal yang masuk ke IKN adalah Profil Franky Widjaja, Bos Grup Sinar Mas, simak profilnya
Bos Grup Sinar Mas, Franky Oesman Widjaja ternyata memegang saham emiten batu bara PT Bumi Resources Tbk. (BUMI).
Bos Grup Sinar Mas, Franky Oesman Widjaja ternyata memegang saham emiten batu bara PT Bumi Resources Tbk. (BUMI).

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah taipan Indonesia turut serta untuk mengebut pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, salah satunya anak dari Eka Tjipta Widjaja, Franky Oesman Widjaja. 

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengungkap ada sejumlah nama baru konglomerat yang siap menyuntikkan dana untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Bahlil mengungkapkan bahwa Bos Sinar Mas, Franky Oesman Widjadja juga dilaporkan siap menanamkan modal untuk pembangunan proyek di IKN. 

Dalam konsorsium yang dibentuk BKPM tersebut, nantinya penanam modal dalam negeri (PMDN) akan membangun sejumlah infrastruktur dasar mulai dari hotel, taman-taman, gedung sekolah, rumah sakit, hingga mal.

Profil Franky Widjaja

Franky Widjaja merupakan putra dari konglomerat pendiri Grup Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja, yang meninggal pada Januari 2019 di usia 95 tahun. 

Pada 2022, Forbes mencatat total kekayaan keluarga Widjaja mencapai US$10,8 miliar atau sekitar Rp157,2 triliun dan sempat menduduki peringkat ketiga orang terkaya di Indonesia.

Eka Tjipta Widjaja sendiri merupakan seorang imigran dari China yang datang ke Indonesia, dan mulai menjual biskuit saat remaja. Widjaja dilaporkan menjualnya untuk perbekalan kepada pasukan Indonesia. 

Menikah dengan dua orang istri, Eka Widjaja memiliki 15 anak, salah satunya Franky Widjaja. 

Sebelum menerima berbagai posisi tertinggi di Grup Sinar Mas, Franky merupakan lulusan Universitas Aoyama Gakuin, Jepang dan lulus dengan gelar Sarjana Perdagangan pada 1979.

Franky menjabat sebagai Chief Executive Officer di Golden Agri-resources Ltd. sejak tahun 1996. Dia menjabat sebagai Kepala Divisi Produk Agri-Bisnis dan Makanan Konsumen Grup Sinar Mas. 

Dia juga sempat menjabat sebagai Wakil Presiden anak perusahaan GAR di Indonesia, PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk. Franky kemudian didapuk menjadi Chief Executive Officer Sinarmas Land Ltd. pada 2000 hingga Desember 2006. 

Franky memiliki beragam pengalaman manajerian dan operasional di berbagai industri, seperti kertas, properti, bahan kimia, jasa keuangan dan agribisnis, pada periode 1982 hingga 2003. 

Sejak 1982, beliau telah terlibat dalam berbagai bisnis termasuk pulp dan kertas, properti, kimia, jasa keuangan dan pertanian. Dia menduduki dewan direksi di beberapa perusahaan Sinar Mas. 

Melalui pengalamannya di Grup Sinar Mas, Franky juga ditunjuk menjabat sebagai Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Bidang Agrobisnis, Pangan, dan Peternakan, Ketua Dewan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (DMSI), dan Penasihat Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI). 

Dia juga merupakan anggota Dewan Pengurus Gabungan Pengusaha Makanan & Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) serta anggota Dewan Kehormatan Asosiasi Emiten Indonesia (AEI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper