Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Tips Jualan di TikTok Live Streaming dan Shopee Live

TikTok dan Shopee menjadi media sosial yang sering digunakan berbelanja. Simak tips berjalan agar laris manis.
Tips berjualan di Tiktok live dan Shopee live/Novita Sari Simamora
Tips berjualan di Tiktok live dan Shopee live/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA – Belanja di Tiktok Live streaming dan Shopee Live telah menjadi kebiasaan budaya masyarakat Indonesia. Kini masyarakat Indonesia sudah melek media sosial sehingga mudah menjual belikan kebutuhan atau keinginan hanya melalui handphone.

Kemudahan berbelanja melalui sosial media menarik perhatian banyak kalangan, pelanggan dan penjual tidak harus berpergian tetapi bisa langsung bertransaksi melalui handphone dan barang akan dikirim ke tempat tujuan.

TikTok dan Shopee menjadi media sosial yang sering digunakan sebagai laman berbelanja. Dengan  fitur live bagi pengguna yang ingin berinteraksi atau mempromosikan produk jualan bisa semakin mudah. Hal ini mungkin tidak asing lagi, tetapi jika kamu ingin menggunakan fitur ini untuk berjualan, kamu harus memahami strategi agar live mendatangkan banyak penonton dan produk jualan bisa laris.

Ini tips jualan laris lewat fitur live Tiktok dan Shopee:

1. Ketahui Slot Waktu Audiens/Customer 

Penjual perlu mengetahui kapan waktu costumer aktif dalam media sosial. Sebelum memilih tanggal dan waktu, pikirkan target pelanggan ideal kamu. Apakah mereka bekerja pada siang hari? Apakah malam hari atau akhir pekan lebih sesuai dengan jadwal mereka? Apakah perlu memperhitungkan zona waktu yang berbeda? 

Jika tidak yakin, uji waktu yang berbeda untuk melihat apa yang paling menarik pelanggan dan menghasilkan penjualan terbanyak. 

2. Rencanakan Acara dari Awal Hingga Akhir

Mempersiapkan topik dan poin penting sebelumnya akan membantu kamu memaksimalkan waktu. Secara bersamaan, skrip awal harus mencakup deskripsi produk secara rinci, pengenalan fungsi, utilitas.

Saat memperkenalkan produk kepada calon pelanggan, streamer harus memasukkan promosi, diskon untuk merangsang pelanggan membeli. Aksesori seperti smartphone, ring light, speaker juga diperlukan untuk menghadirkan kualitas live streaming terbaik.

Perencanaan ini juga merupakan peluang untuk menangkap potensi bencana dan menghilangkan rasa gugup.

3. Promosikan Dengan Aktif

Dorong costumer untuk menonton saat kamu sedang siaran langsung. Perkenalkan diri, sapa pelanggan saat mereka bergabung dan ajukan pertanyaan kepada mereka. Dengan kata lain, perlakukan acara penjualan langsung seperti pesta tatap muka dan pastikan tamu merasa disambut dan dilibatkan.

Hal yang penting, penjual tidak boleh ragu memberikan diskon dan bonus kepada pelanggan. Ini membantu mempromosikan dan menambah pelanggan.

4. Buat video Promosi

Pada siaran langsung terjadwal, kamu dapat menambahkan video Terkait. Gunakan ruang itu untuk memberikan cuplikan siaran yang akan datang. Terkhusus pada tiktok, berbeda dengan video biasa, video promosi ini akan berisi link ke siaran langsung, yang dapat diklik pengguna. Hal ini memudahkan mereka untuk mendaftar ke acara tersebut.

5. Bagikan Tautan Acara Terjadwal

Kamu dapat mengirim pesan langsung kepada orang-orang di platform atau mengarahkan mereka ke profil, tempat siaran langsung terjadwal biasanya ditampilkan secara otomatis. 

6. Periksa Koneksi Jaringan

Hal ini merupakan salah satu tips dasar yang tidak boleh  diabaikan. Sangat penting dalam penjualan streaming langsung untuk membuat proses pembelian lebih nyaman. Jika jaringan terus-menerus terputus, pelanggan yang menonton kemungkinan besar akan keluar dari acara tersebut dan meninggalkan acara tersebut. 

7. Tingkatkan Keterlibatan Audiens

Dorong audiens untuk berpartisipasi dalam streaming langsung. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan meminta mereka menjatuhkan emoji.

Ini dapat membantu meningkatkan algoritme streaming langsung agar lebih terlihat oleh pengguna TikTok atau shopee lainnya. Kamu juga harus memberi nilai tambah pada pengetahuan audiens. Berikan insentif kepada pemirsa mereka atau setidaknya pastikan mereka mendapatkan sesuatu yang penting di akhir streaming, yang paling sederhana edukasi tentang produk yang dijual.

8. Berikan Instruksi

Pastikan secara rutin mengingatkan pelanggan bagaimana mengambil tindakan. Akan ada orang-orang yang bergabung sepanjang acara, jadi ada baiknya mengulangi apa yang perlu mereka lakukan saat ingin membeli. 

9. Analisis Kinerja

Di akhir siaran langsung, kamu akan dapat melihat semua analisis. Kamu akan mendapatkan wawasan tentang jumlah total pengguna yang menonton streaming langsung dan pengikut yang peroleh. Hal ini kemudian harus dijadikan patokan dan peluang untuk live streaming penjualan berikutnya. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper