Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Rekomendasi Franchise Bisnis Cuci Mobil, Modal Mulai Rp25 Juta-an

Empat rekomendasi franchise cuci mobil, mulai dari Rp25 juta, berminat memulai?
Cuci mobil/pamor1.com
Cuci mobil/pamor1.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tingginya jumlah kendaraan di Indonesia, terutama di kota besar seperti Jakarta membuka kesempatan bisnis tersendiri berkaitan dengan bidang otomotif ini. 

Berdasarkan data Korlantas Polri sampai dengan Februari 2023, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia yang aktif mencapai lebih dari 153 juta unit, termasuk di antaranya hampir 20 juta unit adalah mobil pribadi. 

Jumlah ini tentunya masih terus bertambah dengan semua pabrikan otomotif yang terus meluncurkan produk baru, terlebih pascapandemi Covid-19.

Jumlah kendaraan yang melimpah ini menjadi peluang tersendiri untuk membuka bisnis tempat cuci mobil.

Tak perlu memulai bisnis dari nol. Kini ada beberapa perusahaan tempat cuci mobil yang menawarkan paket kemitraan dan waralaba sehingga lebih mudah untuk calon pebisnis membuka bisnis cuci mobil baru tanpa ribet. 

Banyak waralaba yang menawarkan kemitraan dengan beberapa paket. Dana yang dikucurkan untuk menjalin kemitraan tersebut sudah mencakup harga perizinan usaha, dan seluruh fasilitas yang diperlukan. 

Namun, tentu saja ada modal di luar biaya kemitraan seperti penyediaan lokasi yang strategis sehingga menambah peluang untuk menarik minat konsumen, 

Daya tarik lebih dari adanya mesin pencuci mobil otomatis atau yang menggunakan robot juga bisa menjadi investasi menguntungkan karena bisa menggantikan pekerja manusia.

Berikut beberapa rekomendasi perusahaan cuci mobil yang menawarkan paket waralaba atau franchise, mulai dari Rp25 jutaan:

1. Gorillaz

Franchise cucian mobil ini berada di bawah PT Sinar Berkah Group yang beroperasi pertama kali di Surabaya. Tak hanya menyediakan jasa cuci mobil, tetapi juga ada jasa lainnya, seperti detailing dan nano wax yang menjadi daya  tarik untuk membantu mempercantik mobil pelanggan.

Gorillaz memberikan tiga paket waralaba bagi yang ingin menjadi mitra kerjanya, dimulai dari harga Rp99 juta, Rp120 juta, dan juga Rp227 juta untuk paket lengkap cuci mobil, nano ceramic coating, detailing, dan treatment untuk mobil. 

Dengan biaya tersebut, mitra bisa membuka gerai cuci mobil  mulai dari kapasitas 2 mobil, hingga bisa membuka 3 gerai sekaligus. 

Adapun, dari biaya yang dikeluarkan, mitra Gorillaz akan mendapatkan bimbingan atau training dan pendampingan serta konsultasi. 

2. Autoglaze

Rekomendasi franchise tempat cuci mobil selanjutnya adalah Autoglaze. Autoglaze adalah salah satu brand cuci mobil yang sudah bekerja sama dengan PT Pertamina Retail sehingga mudah ditemukan di berbagai SPBU. 

Dalam kemitraan dengan Autoglaze, nantinya perusahaan ini akan mengerjakan semua hal yang berhubungan dengan operasional bisnis, dan mengirimkan laporan keuangan setiap bulannya. 

Mitra usaha hanya tinggal menyediakan lokasi, biaya pembangunan dan biaya peralatan. Nantinya setiap lokasi yang diajukan oleh mitra usaha akan dikaji dan disurvey oleh tim Autoglaze untuk melihat prospek usaha di lokasi tersebut. 

Untuk bisa bermitra dengan Autoglaze, calon mitra bisa menyiapkan modal awal atau dana sebesar Rp600 juta. Dana tersebut sudah termasuk peralatan cuci sampai dengan pelatihan manajemen dan SDM. Namun, biaya ini belum termasuk dengan biaya sewa tempat. 

Dari sisi lokasi sendiri, calon mitra harus menyiapkan lahan seluas 6 x 20 meter persegi. 

3. MasterSnow Robotic Car Wash

Berikutnya, ada franchise MasterSnow Robotic Car Wash, yang sudah beroperasi sejak 2007. 

Bisnis ini memiliki keunikan tersendiri karena menggunakan sistem robot dalam pencucian mobil. Dengan demikian, pengerjaan pencucian mobil juga menjadi lebih cepat.

Untuk menjadi mitra MasterSnow, calon mitra harus mempersiapkan dana Rp200 juta. Dana tersebut sudah akan mencakup peralatan cuci mobil, bahan untuk operasional, dan fasilitas pelengkap lainnya. Pihak MasterSnow juga mengatakan bahwa kamu dapat memperoleh keuntungan Rp 75 juta dalam satu bulan.

4. Auto Clean Waterless

Berbeda dengan kemitraan cuci mobil yang lainnya, kemitraan cuci mobil satu ini menawarkan kemitraan mulai dari Rp25 juta saja. 

Salah satu nilai tambah dari tempat cuci mobil ini adalah konsep ramah lingkungnanya yang menggunakan lebih sedikit air. 

Dengan kemitraan Autoclean, mitranya bisa memperoleh akses ke teknologi cuci kendaraan hemat air yang inovatif dan software bisnis yang terintegrasi. 

Dana yang dikeluarkan untuk kemitraan juga termasuk memberikan manfaat seperti training dan pendampingan untuk memastikan mitra memahami dan memasarkan produk Auto Clean dengan sukses.

Auto Clean juga menjanjikan mitra akan memperoleh margin keuntungan yang kompetitif dan dukungan marketing yang efektif untuk membantu bisnis berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper