Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Karakteristik yang Harus Dimiliki Pemimpin Muda

15 karakter yang harus dimiliki pemimpin agar efektif dalam membawa timnya semakin maju
Ilustrasi/Cambridgeinternational
Ilustrasi/Cambridgeinternational

8. Kesadaran diri

Untuk memimpin orang lain, seorang pemimpin harus menyadari kebutuhan, kekuatan, dan kekurangannya sendiri, dan menunjukkan hal ini dengan mengambil tindakan untuk memperbaikinya bila diperlukan.  

Dengan memiliki kesadaran diri, para pemimpin akan bisa diberdayakan untuk melakukan perubahan menjadi pemimpin yang lebih kuat. Orang-orang akan merespons dengan baik pemimpin yang sadar akan ciri-ciri kepribadian mereka dan bagaimana pengaruhnya terhadap orang lain.

Pemimpin harus bisa terhubung dengan dirinya sendiri, dan mereka menggunakan kesadaran diri itu untuk memberikan dampak yang lebih baik kepada orang lain di sekitar mereka.

9. Empati

Sikap mampu memahami dan merespons emosi dan pengalaman orang lain akan menciptakan pemimpin yang kuat dan berkepribadian. Empati sangat penting untuk membangun hubungan yang kuat antara seorang pemimpin dengan anggota tim atau masyarakat, dan hubungan tersebut membantu pemimpin mencapai lebih banyak hal.

Pemimpin harus bisa merespons emosi dan pengalaman orang lain dengan pemahaman empati, dan mereka menggunakan empati tersebut untuk membuat keputusan lebih baik.

10. Keterlibatan

Seorang pemimpin yang baik sering terlibat secara aktif dan senang berinteraksi dengan anggota tim atau masyarakat. Pemimpin ini tahu apa yang terjadi dalam kehidupan orang-orang di dalam timnya, bagaimana perkembangan dan hasil kerja di dalam tim tersebut dan mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk membuat segala sesuatunya berjalan lebih bebas sepanjang hari.

Pemimpin harus menjadi partisipan yang aktif dan terlibat dalam pekerjaan apa pun yang sedang berlangsung, dan pemimpin ini tidak takut untuk menerima tantangan apa pun.

11. Humoris

Terlalu serius bisa merugikan saat menjadi seorang pimpinan. Sementara, tertawa bisa meningkatkan semangat banyak orang dalam suatu organisasi, bahkan di saat-saat penuh tekanan atau tantangan. 

Humor memungkinkan seorang pemimpin untuk melihat sisi positif dari apa pun yang terjadi, bahkan jika sesuatu yang negatif terjadi. Orang-orang akan merespons dengan baik humor yang pantas dan tetap pada tempatnya.

Pemimpin yang memiliki karakter humoris akan menjadi nilai tambah, mereka akan memahami dan menerima kekuatan tertawa melalui humor yang tepat dan tepat waktu, yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan semangat kerja secara keseluruhan.

12. Penuh semangat

Pemimpin yang penuh semangat terhadap misinya mampu mengkomunikasikan visi yang jelas kepada orang-orang yang dipimpinnya. Semangat itu dapat mengarah pada pendekatan karismatik yang akan mendapat tanggapan baik baik oleh orang-orang.  

Ketika seorang pimpinan pandai mengkomunikasikan tujuan di balik tindakan mereka, semangat yang dibawanya dapat menyebar ke orang lain.

Pemimpin harus mempunyai semangat yang kuat terhadap apa yang mereka lakukan, dan mereka dapat menyampaikan semangat tersebut kepada orang-orang yang dipimpinnya.

13. Terhormat dan menghormati

Rasa hormat dapat diperoleh, dan integritas serta semangat seorang pemimpin yang kuat adalah sesuatu yang akan membuatnya dihormati orang lain jika disampaikan dengan rasa hormat pula, dengan keterbukaan, dan empati. 

Dengan menganut sifat-sifat ini, pemimpin akan mendapat apresiasi dari orang yang dipimpinnya. Para pemimpin ini membawa diri mereka sedemikian rupa sehingga mereka menuntut dan mendapat rasa hormat dari orang-orang di sekitar mereka.

14. Bertanggung Jawab

Pemimpin yang unggul dalam pekerjaannya memahami pentingnya membuat diri mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka. Baik melalui orang lain yang memimpin mereka atau dengan akuntabilitas terhadap timnya sendiri. 

Pemimpin yang baik akan menghubungi orang lain untuk memastikan mereka mencapai tujuan mereka dengan baik.

Pemimpin harus memiliki bisa diandalkan, dan mereka juga harus menganggap diri mereka sendiri bertanggung jawab pada sebuah pekerjaan, bukan hanya orang-orang di dalam timnya, baik ketika berhasil dan ketika gagal. 

15. Beretika

Pemimpin yang beretika percaya pada martabat dan nilai orang lain dan akan berusaha melindungi mereka dalam melakukan pekerjaannya. Perilaku etis mengalir dalam setiap keputusan, dan para pemimpin ini akan mendorong tindakan yang melindungi kebaikan bersama.

Pemimpin harus memiliki nilai-nilai etika yang kuat dan menggunakan nilai-nilai tersebut untuk mendorong pengambilan keputusan mereka sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper