Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Kunci Rahasia Sukses Erigo, dari Sepetak Apartemen ke New York Fashion Week

Sadad bagikan tiga kunci kesuksesannya membangun Erigo di Pertamina SMEXPO
Erigo
Erigo

Bisnis.com, JAKARTA -- Membangun bisnis pasti penuh tantangan bagi siapa pun yang memulainya dari nol. Setiap pebisnis pun pasti punya kunci suksesnya masing-masing. 

Dalam acara Pertamina SMEXPO, Founder Erigo, Muhammad Sadad membagikan kunci kesuksesannya membangun Erigo dari apartemen kecil, hingga bisa membawa brandnya menuju New York Fashion Week. 

Sadad memulai terjun ke dunia bisnis sejak kuliah. Berbagai bisnis dijajal dari jual makanan sampai jadi calo tiket konser. Namun, keberuntungan tak berpihak, bisnisnya gagal satu per satu. 

Dia kemuian memulai bisnis konveksi dengan berjualan batik menggunakan brand Selected & Co. pada 2011 sampai 2012, mulai dari stok produk di apartemen, produksi di Ciledug, dan berjualan ke Tanah Abang. 

Kembali tak berjalan, dia mengubah fokus pasarnya menjadi berjualan baju kasual, dan mengubah nama brandnya menjadi Erigo, yang merupakan nama salah satu produk Batik Selected & Co. 

"Jadi Erigo itu salah satu produk Selected & Co. itu produknya Erigo Shirt Rp175.000, tapi merek kita udah ada yang punya di Inggris, terus ribet cara nyebutnya, jadi kita takut urusannya panjang, jadi kita ganti Erigo, kebetulan cari artinya bagus, menstimulasi, memperbaiki, membangun," jelasnya.

Kunci Kesuksesan Erigo

Pada 2015, melihat brandnya mulai terbangun, Sadad bahkan sampai meninggalkan kuliahnya di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. 

Ada tiga kunci sukses yang dipegang oleh Sadad dalam membangun bisnisnya, yaitu inspirasi, konsisten, dan hoki atau keberuntungan. 

Menurutnya, untuk bisa menjalankan bisnis perlu inspirasi. Tak perlu tokoh-tokoh ternama, Sadad mendapat inspirasi untuk maju dan sukses dari sang istri yang tengah hamil dan akan segera dikaruniai anak. 

"Mereka jadi inspirasi saya saat itu, karena artinya produk atau jualan apa pun saat itu pikirannya harus jadi, harus sukses. Inspirasi itu penting sebagai semangat tambahan buat kita menjalankan bisnis," katanya. 

Selanjutnya, adalah konsistensi. Sejak awal menjalankan Erigo, Sadad konsisten membuat konten yang bagus di mana-mana. Beruntung pada awal Erigo berdiri, media sosial belum menggunakan algoritma, sehingga dengan membuat konten sebanyak-banyaknya bisa membuat nama Erigo lebih mudah terkenal. 

Momentum tersebut dimanfaatkannya dengan tetap konsisten mempromosikan produk bagaimana pun caranya. Bisa lewat media sosial, lewat pameran, sampai iklan ke artis-artis terkenal. 

Setelah itu, jika sudah tekun, hoki atau keberuntungan akan menyusul. 

"Misalnya, ketika konsisten menghubungi artis atau orang-orang terkenal untuk promosi, saya dulu emailin satu-satu, karena konsisten, pasti ada yang masuk satu, di situlah hoki buat kita, harus kita manfaatkan sebaik mungkin momentumnya," imbuhnya. 

Seiring berjalannya waktu dan banyak kerja sama yang dihimpun, 2017 Erigo sudah bisa melakukan brand campaign dengan influencer ternama Arief Muhammad, ke Jepang dan ke Inggris.

Erigo konsisten menjalankan promosi di Instagram dan sosial media lainnya, hingga 2018 sama Al Ghazali sampai komika Uus. 

"2019 juga kita sempat campaign ke Jepang, jadi konsistensi dalam perjalanan bisnis kita itu penting dan kunci saya, konten harus menarik," ujarnya. 

Kemudian, pada 2021 Erigo bersama dengan sejumlah selebriti dan juga influencer, hadir dalam ajang bergengsi yaitu New York Fashion Week.

Erigo menampilkan 16 koleksi terbarunya berupa Erigo X yang mengincar pasar besar, diharapkan dapat dikenakan oleh semua kalangan dari berbagai ras, gender, dan bentuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper