Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia 5 Pekerjaan Remote dengan Bayaran Tertinggi

Lima pekerjaan yang bisa dikerjakan di mana saja dengan upah tertinggi di AS dan secara global
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang tahun baru dan setelah pandemi, kebiasaan orang bekerja di kantor sudah berubah jadi bisa bekerja di mana saja. 

Melansir Forbes, saat ini, sudah banyak kantor yang menerapkan pekerjaan hybrid dan jarak jauh. Survei mengungkapkan bahwa 60 persen tenaga kerja AS akan bekerja jarak jauh pada tahun baru.  

Pekerjaan jarak jauh dan pekerjaan hybrid memberikan banyak manfaat bagi pemberi kerja dan karyawan, termasuk fleksibilitas yang memungkinkan produktivitas lebih tinggi,   meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik, peningkatan kepuasan kerja, dan ruang kerja yang lebih nyaman dan ergonomis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pekerja.

Berdasarkan laporan FlexJobs Remote Work & RTO Pulse menemukan bahwa lebih dari separuh pekerja mengenal seseorang yang telah berhenti atau berencana berhenti karena keharusan untuk kembali ke kantor. 

Dalam survei yang sama, 63 persen peserta juga mengatakan pekerjaan jarak jauh adalah hal yang paling penting bagi mereka dalam suatu pekerjaan, bahkan lebih panting daripada gaji yang akan diterima.

Banyak orang memilih pengaturan kerja jarak jauh karena alasan pribadi atau logistik, misalnya, karena ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, memiliki fleksibilitas yang lebih besar untuk janji temu dengan dokter atau pertemuan di sekolah anak, atau ingin melindungi diri dari penyakit. 

Banyak introvert juga menganggap bekerja jarak jauh bermanfaat dan sesuai dengan kepribadian dan preferensi kerja mereka.

Namun di sisi lain agar berhasil dalam sistem kerja jarak jauh, Anda harus memiliki disiplin, percaya diri pada bidang pekerjaan Anda, serta memiliki motivasi dan terorganisir.  

Berikut ini adalah daftar beberapa pekerjaan jarak jauh dengan bayaran tertinggi yang dapat dipertimbangkan sebagai pilihan pekerjaan menjelang pergantian tahun. Perkiraan upah diambil dari Salary.com, Mondo, dan Glassdoor. 

1. Pimpinan Teknisi Perangkat Lunak

Sebagai teknisi perangkat lunak, tanggung jawab Anda akan menjadi kombinasi yang seimbang antara pengembangan dan pemeliharaan perangkat lunak teknis, dan memimpin dengan teknik yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menguji aplikasi perangkat lunak.  

Anda akan menjadi titik kontak utama bagi tim lain dalam organisasi Anda, dan mungkin perlu memberikan presentasi kepada pemangku kepentingan lain yang terlibat dalam produk.

Kualifikasi/persyaratan yang diperlukan:

- Gelar sarjana di bidang terkait seperti ilmu komputer atau teknologi informasi

- Pengalaman lima hingga tujuh tahun dalam pengembangan perangkat lunak dan pengetahuan domain yang kuat

- Keterampilan coding dalam bahasa seperti C++, Java, dan HTML5

- Pengalaman penelitian, pengujian, dan analisis data

- Pengetahuan tentang alat pengembangan dan teknik pemrograman yang progresif dan canggih

Gaji rata-rata: US$122.667

2. Teknisi Keamanan Siber

Rekayasa keamanan siber dengan cepat menjadi salah satu peran yang paling banyak diminati di AS dan secara global, terutama karena sebagian besar orang bekerja atau belajar dari rumah setidaknya pada sebagian waktu, dan banyak organisasi yang mengelola tim, produk, layanan, dan komunikasi online, sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap ancaman serangan siber.  

Biro Statistik Tenaga Kerja AS memperkirakan bahwa permintaan untuk peran ini akan tumbuh sebesar 32 persen selama dekade berikutnya, dengan 600.000 pekerjaan keamanan siber yang belum terisi di AS saat ini, dan diperkirakan 3,5 juta pekerjaan terbuka secara global.

Dalam peran ini, Anda akan menjaga jaringan komputer, sistem, situs web, dan aplikasi organisasi dari ancaman dan serangan dunia maya, serta mengembangkan, memelihara, dan menguji efektivitas sistem keamanan.

Kualifikasi/persyaratan yang diperlukan:

- Gelar sarjana di bidang keamanan siber, ilmu komputer, atau terkait

- Kualifikasi profesional praktis dalam keamanan siber

- Pengalaman langsung dalam deteksi dan respons insiden

- Keterampilan komunikasi yang kuat

- Kemahiran Python, C++, Java, Ruby, Node, Go, dan/atau Power Shell

Gaji rata-rata: US$149.617

3. Direktur Penyampaian Program

Sebagai direktur penyampaian program, Anda akan fokus dalam mengelola dan memastikan keberhasilan proyek yang Anda awasi secara keseluruhan. Beberapa tugas Anda akan mencakup menetapkan tujuan, menetapkan jadwal, mengelola anggaran, mengalokasikan sumber daya, dan mengawasi manajer dan tim penyampaian sambil mengembangkan pelaporan untuk pemangku kepentingan di tingkat eksekutif.

Kualifikasi/persyaratan yang diperlukan:

- PMP dan/atau kualifikasi khusus industri

- Gelar sarjana atau master dalam bisnis atau terkait terkadang lebih disukai

- Pengalaman manajemen proyek atau penyampaian program yang signifikan

- Kemahiran alat teknis manajemen proyek

- Keterampilan operasional, analitis, dan perencanaan dan komunikasi yang kuat

Gaji rata-rata: US$185.000

4. Manajer produk

Sebagai manajer produk, Anda akan memainkan peran penting dalam mengembangkan dan merilis produk dengan mempertimbangkan pelanggan akhir, dan mengelola seluruh siklus hidupnya. Anda akan terlibat dalam melakukan riset pasar dan berkolaborasi dengan tim lain seperti tim teknik, pemasaran, dan penjualan untuk memastikan keberhasilan adopsi produk.

Kualifikasi/persyaratan yang diperlukan:

- Gelar sarjana dalam bisnis atau bidang terkait

- Keahlian teknis khusus industri

-  Keterampilan analitis, kepemimpinan, dan komunikasi yang kuat

- Sertifikasi manajemen produk akan sangat membantu

- Pengalaman terkait dalam pengembangan produk

Gaji rata-rata: Bergantung pada level, dapat bervariasi dari US$110.422 untuk Manajer Produk, hingga US$180.934 untuk Pimpinan Manajer Produk. Manajer produk AI menghasilkan lebih banyak lagi, rata-rata US$193.000.

5. Tim Riset AI

Jika bisa menjadi yang terdepan dalam booming AI dan mendorong solusi inovatif menggunakan kecerdasan buatan membuat Anda bersemangat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan karier sebagai ilmuwan riset AI. 

Pasar kecerdasan buatan global diproyeksikan tumbuh pada CAGR (tingkat pertumbuhan tahunan gabungan) sebesar 36,8 persen, dan peran dalam industri ini, khususnya ilmuwan peneliti AI, sangat diminati karena adopsi kecerdasan buatan secara massal dalam bisnis dan untuk menciptakan produk baru secara global.  

Dalam peran ini, Anda akan mengeksplorasi dan mengembangkan teknik dan infrastruktur baru untuk membangun produk baru yang inovatif melalui kolaborasi dengan tim produk dan teknik.

Kualifikasi/persyaratan yang diperlukan:

- Gelar lanjutan dalam ilmu komputer, teknik, atau terkait

- Pengalaman pembelajaran mesin

- Keterampilan pemrograman yang kuat dalam bahasa seperti Python, C++, TensorFlow, dan PyTorch

- Pengalaman penelitian yang relevan juga disukai oleh banyak perusahaan

Gaji rata-rata:  Peran ini menghasilkan gaji non-kepemimpinan tertinggi di bidang teknologi, dari sekitar US$130.000, hingga beberapa penelitian menghasilkan tujuh angka, bergantung pada lokasi dan pemberi kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper