Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klique Bagikan 5 Tips Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Produktif

Klique bagikan tips menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif untuk manajemen dan karyawan perusahaan.
Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja/Freepik
Ilustrasi karyawan mengalami kelelahan saat bekerja/Freepik

Bisnis.com, SOLO - Lingkungan kerja dapat mempengaruhi tingkat produktivitas dan efektivitas pekerjaan karyawan.

Adanya berbagai fasilitas diberikan untuk membuat kerja nyaman, sehingga bisa memberi pengaruh baik bagi kinerja dari karyawan.

Apabila karyawan nyaman, maka produktifitas yang diciptakan pun akan baik dan tercapai sesuai target.

Klique, perusahaan konsultan Human Resources, kemudian membagikan sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nayamn dan produktif.

Sejumlah tips di bawah ini bisa diterapkan oleh pihak manajemen maupun karyawan, agar kinerja yang terbaik bisa diproduksi dari hari ke hari. 

Berikut tips ciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif, menurut Klique:

1. Keteraturan ruang dan kelengkapan fasilitas

Faktor pertama yang mungkin dapat dirasakan secara langsung adalah keteraturan tata ruang dan juga kelengkapan fasilitas.

Pada dasarnya, ruang kerja tim berada pada satu ruangan bukan dilakukan tanpa rencana. Akan menjadi sulit untuk saling koordinasi ketika suatu tim memiliki ruang yang berbeda-beda.

Ditambah lagi jika tim tersebut berada pada sebuah divisi yang besar, maka ada baiknya menempatkan ruang kerjanya pada lantai yang sama.

Selain itu, ketersediaan fasilitas utama seperti meja dan bangku yang nyaman sangat penting untuk diperhatikan. Tambahan fasilitas lainnya juga dapat menciptakan lingkungan kerja yang efektif, misalnya seperti:

  • Pencahayaan yang baik
  • Kemudahan akses untuk ke kantin
  • Atau tambahan lainnya seperti meja berdiri (standing desk) atau adjustable desk.

2. Ciptakan komunikasi yang efektif

Mungkin kita semua setuju bahwa komunikasi merupakan salah satu aspek penting dalam kesuksesan bisnis.

Komunikasi yang tidak berjalan dengan baik, dapat berdampak negatif pada setiap aspek bisnis, mulai dari layanan pelanggan, retensi, kelancaran aktivitas kerja karyawan, hingga pada akhirnya mempengaruhi produktivitas, apabila Anda butuh bantuan untuk mengatur ini semua HR consultant service bisa jadi solusi.

Ada beberapa cara yang tentunya bisa Anda terapkan untuk menciptakan komunikasi yang efektif di lingkungan kerja yaitu sebagai berikut:

Membangun kepercayaan dengan karyawan

Kepercayaan adalah faktor paling penting dalam membangun hubungan. Rasa saling percaya ini bisa memberikan dampak yang baik dari segala aspek, mulai dari pendegelasian tugas, perencanaan strategi bisnis, dan tentunya komunikasi.

Benar-benar mendengarkan karyawan

Jika Anda beranggapan hal ini tidak mudah, maka Anda tidak sendirian. Pada dasarnya proses mendengarkan memang membutuhkan dedikasi yang cukup tinggi.

Ini bukan hanya mendengarkan apa yang karyawan sampaikan, tetapi lebih condong pada upaya untuk memberi respon terbaik dan bisa memuaskan mereka. Selain itu, ketika Anda mampu memberi respon yang tepat, tentu saja dapat meminimalisir terjadinya gesekan atau konflik.

Berikan konteks yang cukup seputar tugas

Cara selanjutnya memang lebih pada aktivitas manajemen, tetapi ini juga merupakan langkah penting untuk menciptakan komunikasi yang efektif.

Tak jarang para manajer mungkin merasa tugas yang diberikan sudah jelas. Namun, kenyataannya karyawan merasa mereka belum paham 100%.

Oleh karena itu, ada baiknya mencoba mengkonfirmasi ulang pemahaman mereka terhadap tugas yang diberikan.

Pelajari gaya komunikasi karyawan

Ada dua faktor penting yang bisa Anda fokuskan dalam hal ini. Pertama perlu bagi Anda untuk mencoba memahami gaya komunikasi karyawan Anda.

Apakah rata-rata dari mereka pasif atau aktif. Perbedaan generasi juga perlu Anda perhatikan karena mungkin ini bisa juga menjadi salah penyebab yang membuat komunikasi di lingkungan kerja tidak terjalin dengan baik.

Kedua adalah cara atau alat yang biasanya mereka gunakan dalam berkomunikasi. Tentunya Anda sudah menyadari bahwa kini banyak aplikasi yang digunakan dalam mengoptimalkan pengerjaan tugas, termasuk untuk komunikasi. Misalnya seperti slack, trello, discord, bahkan email.

Dengan memahami cara dan alat yang mereka gunakan akan mendukung komunikasi yang lebih baik.

3. Tingkatkan keterlibatan karyawan

perhatikan kesehatan mental dan rasa percaya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper