Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis yang Menguntungkan di Tahun Naga Kayu 2024

10 peluang bisnis yang berpeluang menguntungkan dan bisa dicoba mulai tahun baru 2024
Jenis peluang bisnis
Jenis peluang bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun baru 2024 sudah di depan mata. Banyak orang yang ingin mulai dengan resolusi hidup baru, salah satunya dengan membuka bisnis sendiri. 

Ada berbagai jenis bisnis yang bisa dicoba, tapi belum tentu semuanya menguntungkan, atau bahkan malah menelan modal besar dan berisiko tinggi. 

Agar tidak salah langkah, ada baiknya terlebih dahulu melakukan riset pasar dan mencari tahu apa yang menjadi kebutuhan di lingkungan terdekat lebih dulu. Hal ini untuk menentukan seberapa besar peluang bisnis yang dijalani bisa menghasilkan keuntungan. 

Berikut ini ada beberapa ide bisnis menguntungkan yang bisa dicoba pada 2024:

1. Bisnis dropship

Bisnis satu ini mulai tenar di tengah semakin tingginya transaksi belanja online. Bisnis ini tentu bisa menguntungkan karena bisa dimulai dengan modal yang sangat minim. 

Pada dasarnya, dropship hanya membutuhkan kegigihan dalam memasarkan produk yang disediakan oleh toko yang telah memiliki kesepakatan untuk dijual ke calon pembeli.

2. Percetakan

Tahun 2024 bisnis percetakan diramal bakal cuan besar, terutama di awal tahun karena tahun depan merupakan momen pesta politik Indonesia. 

Kampanye politik yang gencar di berbagai daerah akan secara otomatis meningkatkan permintaan percetakan banner, spanduk, kaso, dan atribut politik lainnya. 

Pembuatan souvenir tim dan poster yang masif membutuhkan jasa percetakan dapat diandalkan. Oleh karena itu, pastikan untuk menyediakan alat dan bahan cetak berkualitas agar mendapatkan hasil terbaik. 

Tidak hanya itu, bisnis percetakan juga akan terus dibutuhkan seiring dengan perkembangan bisnis di mana-mana untuk mencetak banner, iklan, dan sebagainya. 

3. Usaha jastip

Usaha jastip atau jasa titip ini semakin ngetren dengan tingkat perjalanan ke luar negeri yang kembali naik dan media sosial yang mulai ramai. 

Meskipun persaingannya cukup ketat, tapi selama kita bisa mengetahui kebutuhan konsumen, usaha ini bisa sangat menguntungkan. 

Usaha ini juga cocok bagi yang punya hobi jalan-jalan. Produk yang akan dijual bisa dipasarkan dan diumumkan melalui media sosial di jam-jam ramai. Nantinya penjual produk jastip bisa menyepakati harga jasa titip dengan pembelinya. 

4. Jasa sewa perlengkapan bayi

Tak bisa dipungkiri, banyak anak muda masa kini yang memilih nikah muda, dan memilih segera punya anak. Sementara itu, anak bayi bertumbuh dengan cepat. Oleh karena itu, bisnis satu ini bisa jadi pilihan yang menguntungkan. 

Zaman sekarang, alih-alih beli, para orang tua baru bakal lebih memilih sewa barang perlengkapan bayi karena hanya akan dipakai sebentar saja. Beberapa perlengkapan yang bisa disewakan seperti tempat tidur bayi, stroller, baby walker, pagar pembatas, karpet, mainan bayi, dan lainnya.

Modal awalnya bisa dengan membeli barang yang berkualitas dan memberikan peringatan kepada penyewa agar menjaga barangnya dengan baik selama masa sewa.

5. Jual aksesoris pernikahan

Bagi yang hobi berkreasi membuat aksesoris, bisnis berjualan aksesoris pernikahan bisa jadi pilihan, terutama aksesoris untuk pengantin wanita.

Dengan semakin banyak tema pernikahan yang kreatif, aksesoris yang dicari saat ini bukan sekadar perhiasan, tapi juga pernak-pernik yang cantik dan bentuknya beragam, dan bisa juga disesuaikan dengan keinginan pelanggan.

6. Manajemen media sosial

Media sosial saat ini memiliki peran penting dalam pemasaran. Jasa manajemen media sosial bisa ditawarkan kepada perusahaan, terutama yang perusahaan yang masih berkembang, yang belum mampu untuk membayar karyawan sendiri untuk mengelola media sosialnya. 

Melalui layanan ini dapat membantu mereka membangun brand yang kuat di media sosial, berinteraksi dengan pelanggan, dan menciptakan strategi pemasaran digital yang efektif.

7. Kursus online

Dengan kesibukan anak seolah atau orang yang sudah bekerja terutama di kota besar, dan pergi dari sekolah atau kantor ke tempat les, baru kemudian pulang ke rumah bisa jadi sangat melelahkan. 

Belajar dari pandemi, dengan pendidikan jarak jauh,  kursus online mendapatkan momentum. Kembangkan platform pembelajaran online yang menawarkan kursus dan layanan bimbingan belajar yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. 

Platform ini bisa fokus pada mata pelajaran khusus atau pengembangan profesional seperti kursus bahasa untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran tertentu.

8. Bisnis Makanan dan Minuman 

Meskipun sudah banyak orang yang berjualan makanan dan minuman, tapi bisnis satu ini tetap menjanjikan. Terutama jika bisa menawarkan makanan dan minuman baru dan unik. 

Prospek bisnis di bidang ini bisa pertimbangkan mengingat makanan dan minuman termasuk dalam kebutuhan sehari-hari yang akan selalu dicari. 

Tak hanya dari segi prospek yang cerah, dari segi modal pun tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Untuk 2024, bisnis makanan yang bisa dicoba antara lain dengan bisnis makanan sehat atau makanan diet. 

9. Affiliate Marketing

Hampir sama dengan dropship, bisnis ini bisa dimulai nyaris dengan tanpa modal dan cocok untuk yang belum siap meninggalkan pekerjaan utama, dan ingin mencoba usaha sampingan. 

Affiliate marketing atau praktik mempromosikan produk atau layanan dari e-commerce atau melalui konten di media sosial, banyak dilakukan. Para affiliate bisa cukup dengan membagikan link, atau melakukan live untuk memasarkan produknya. Ketika link tersebut diklik, nanti affiliate akan mendapat persenan keuntungan atau komisi dari barang yang ditawarkan. 

10. Usaha Waralaba atau Franchise

Jika belum memiliki pengalaman membangun bisnis sendiri, ikut waralaba atau franchise di produk yang sudah memiliki nama besar bisa jadi pilihan yang menguntungkan. 

Sebagai pemilik merek dagang, selain memberikan izin mengelola bisnis, mereka juga akan memberikan pelatihan mengenai cara menjalankan bisnis tersebut. 

Namun, untuk bisnis ini umumnya perlu modal yang tidak sedikit, karena harus terlebih dahulu membeli peralatan dan perlengkapan, atau bahkan lahan yang akan digunakan untuk berjualan kelak. Selain itu, juga ada biaya yang harus dibayarkan untuk penggunaan merek dagang.

Tak perlu khawatir, untuk mencoba waralaba bisa dimulai dengan yang mudah dan murah dulu seperti bisnis martabak kebab Turki, es teh, atau laundry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper