Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Konglomerat, Kiki Barki Taipan Batu Bara versi Forbes

Kiki Barki mendirikan Harum Energy pada 1995 dan berhasil membawa perusahaannya listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2010.
Kiki Barki mendirikan Harum Energy pada 1995
Kiki Barki mendirikan Harum Energy pada 1995

Bisnis.com, JAKARTA – Kiki Barki Makmur merupakan pendiri emiten tambang batu bara PT Harum Energy Tbk (HRUM), yang mengukuhkan statusnya sebagai salah satu taipan batu bara terkaya RI versi majalah Forbes.

Melansir situs Forbes pada Sabtu (27/1/2024), Kiki mendirikan Harum Energy pada 1995, dan berhasil membawa perusahaannya listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2010.

Selain Harum Energy, Kiki Barki juga memiliki tambang batu bara swasta yang bernama Tanito Harum.

Saat ini, putra sulungnya yaitu Lawrence Barki menahkodai Harum sebagai presiden komisaris, selagi putra bungsunya Steven Scott Barki menjabat sebagai komisaris.

Keluarga Kiki memiliki saham di Nickel Industries yang terdaftar di bursa Australia. Diketahui, Nickel Industries memiliki satu tambang nikel dan dua pabrik nikel besi kasar (pig iron) di Indonesia.

Cucunya, Nathan Barki, adalah pemegang saham minoritas di perusahaan minyak dan gas Medco Energi Internasional yang terdaftar di Indonesia, serta perusahaan pertambangan emas dan tembaga yaitu Amman Mineral Internasional.

Forbes mencatatkan jumlah harta kekayaan bersih milik Kiki pada angka US$1,3 miliar atau setara dengan Rp20,5 triliun pada 2023. Jumlah tersebut lebih rendah dari perolehan pada tahun sebelumnya, yakni US$1,9 miliar atau setara Rp29,97 triliun pada 2022.

Kendati demikian, jumlah tersebut tak membuat status Kiki sebagai salah satu orang terkaya di RI merosot. Kiki menempati posisi ke-33 dari daftar 50 orang terkaya RI versi Forbes pada 2023, dan menempati posisi ke-2133 di dunia pada periode yang sama.

Terkait kehidupan pribadinya, Kiki diketahui lahir dari keluarga Tionghoa pada 1 Januari 1940, yang berarti pada tahun ini merayakan ulang tahunnya yang ke-84.

Dirinya merupakan sarjana teknik jebolan Beijing University. Kiki dikarunia 4 anak dari pernikahannya dan saat ini dikabarkan menetap di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper