Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Percaya Diri saat Presentasi, Anti Gugup

Anti gugup dan dijamin lancar, ini tips percaya diri saat tampil presentasi
Tips Percaya Diri saat Presentasi, Anti Gugup./Freepik
Tips Percaya Diri saat Presentasi, Anti Gugup./Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Seseorang selalu dilanda rasa panik ketika ingin presentasi yang berakibat sulitnya menyampaikan materi.

Padahal presentasi membutuhkan ketenangan agara materi yang disampaikan bisa dipahami oleh audiens.

Tapi kondisi tersebut adalah hal yang normal dan selalu dialami oleh siapa pun itu saat ingin berbicara di depan umum.

Bahkan tidak menutup kemungkinan para pembicara kondang selalu merasa gugup atau panik. Apalagi presentasi dilakukan di depan jajaran petinggi perusahaan.

Melansir Inc.com ada beberapa tips bagi Anda agar rasa percaya diri meningkat ketika ingin presentasi, yaitu:

1. Yakinkan diri sendiri

Cobalah untuk terus meyakinkan diri sendiri bahwa presentasi bukanlah hal yang sulit. Berikan afirmasi positif untuk diri sendiri agar kepercayaan diri meningkat dan menghilangkan rasa takut.

Anggaplah diri Anda sebagai pembicara professional yang sudah terbiasa tampil di depan umum. Ciptakan suasana positif di dalam pikiran supaya materi bisa tersampaikan secara baik dan dipahami oleh audiens.

2. Berlatih di Kamar

Sebelum memulai presentasi Anda juga harus berlatih menyampaikan materi yang bisa dilakukan di kamar. Anggaplah ruangan tersebut dipenuhi oleh para penonton yang tidak sabar mendengarkan ide cemerlang Anda.

Metode lain yang bisa Anda gunakan adalah bercermin dan mulai lah berbicara dengan pantulan diri Anda, teruslah tatap cermin seperti Anda menatap para penonton saat presentasi. Dengan begitu, Anda akan terbiasa berbicara di depan umum.

3. Gunakan Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh memiliki peranan penting saat presentasi agar Anda tidak terlihat kaku saat menyampaikan materi.

Hal ini juga menjadi kunci meningkatkan kepercayaan diri dan melepaskan rasa gugup sehingga presentasi yang dilakukan bisa berjalan maksimal. Seperti Anda bisa menunjuk poin materi presentasi pada layar atau papan tulis, sehingga para audiens bisa merasa fokus.

4. Menyapa dan Melibatkan Audiens

Pada menit awal memulai presentasi menjadi ajang penentu Anda dalam menguasai panggung. Anda perlu menyapa para audiens sebelum masuk ke materi presentasi, hal ini menjadi cara membangun rasa kedekatan dengan para penonton.

Selain itu, libatkan lah audiens ke dalam presentasi Anda, coba lah untuk melempar pertanyaan untuk memancing audiens menjawab sehingga suasana presentasi menjadi lebih hidup.

Dengan begitu, Anda akan menguasai panggung dan rasa kepercayaan diri berangsur meningkat.

5. Tersenyumlah

Ekspresi yang menyenangkan bisa membuat audiens percaya bahwa Anda tidak dalam tekanan atau rasa gugup. Dengan tersenyum bisa membantu merilekskan tubuh dan menciptakan kepercayaan diri. Perlu diingat, senyumlah sewajarnya agar tidak terlihat seperti paksaan. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper