Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Para Taipan Iran, Dulang Kekayaan di AS dan Inggris

Deretan orang terkaya asal Iran, banyak yang memiliki kewarganegaraan
Ardavan Farhad Moshiri/persiapage
Ardavan Farhad Moshiri/persiapage

Bisnis.com, JAKARTA — Iran tengah menjadi sorotan atas serangan balasannya ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) setelah sebelumnya mendapat serangan dari Israel pada 1 April 2024.

Di tengah kondisi penuh ketegangan, tidak menutup hadirnya miliarder dan orang-orang terkaya di negara tersebut.

Namun, mengingat sifat ekonomi Iran yang tertutup dan dikendalikan oleh negara, jumlah miliardernya tidak banyak, dan sulit untuk mengukur informasi spesifik mengenai kekayaan pribadi. 

Mengutip Forbes, miliarder terkaya di Iran saat ini diperkirakan adalah Ardavan Farhad Moshiri, pengusaha keturunan Iran yang memiliki kewarganegaraan Inggris. 

Dia adalah pemilik mayoritas dan anggota dewan tim Liga Utama Inggris Everton FC, dan mantan ketua USM Holdings, sebuah perusahaan induk Rusia. Sampai dengan 2021, Forbes mencatat Farhad memiliki kekayaan US$2,8 miliar.

Selanjutnya, ada Isaac Larian yang memiliki kekayaan US$1,1 miliar sampai dengan 2021. 

Larian merupakan pengusaha miliarder Amerika yang merupakan kelahiran Iran, pendiri dan CEO MGA Entertainment, perusahaan mainan swasta terbesar di dunia.

Selain itu, sebelumnya ada nama Mehdi Shams, yang mengelola perusahaan aluminium Iralco dan memiliki minat di bidang minyak, produksi mobil, dan distribusi senilai sekitar US$6 miliar melalui beberapa akun.

Nama lain yang muncul adalah pengusaha Asadollah Asgaroladi yang menguasai kerajaan ekspor-impor lewat konglomerat AFI Group miliknya. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai sekitar US$3,2 miliar namun meninggal pada 2019.

Miliarder Iran terkemuka lainnya termasuk Habibollah Sayyah yang bisnis ritel dan propertinya yang berakar pada Grup Bazargani telah menghasilkan kekayaan hingga US$2,4 miliar.

Selain itu tokoh-tokoh seperti Mokhber Dezfouli yang bisnis pemeliharaan pipa dan katupnya Fanam dan hobi kreasi lainnya telah menghasilkan kekayaan sekitar US$1,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler