Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Chairul Tanjung, Menginjak Usia 62 Tahun Hari Ini, 16 Juni 2024

Ulang tahun ke-62, ini profil Chairul Tanjung, salah satu orang terkaya di Indonesia
Profil Chairul Tanjung, yang Menginjak 62 Tahun Hari Ini, 16 Juni 2024/ctcorp
Profil Chairul Tanjung, yang Menginjak 62 Tahun Hari Ini, 16 Juni 2024/ctcorp

Bisnis.com, JAKARTA - Pengusaha sekaligus salah satu orang terkaya di Indonesia Chairul Tanjung hari ini merayakan ulang tahun ke-62.

Mengutip laman Kementerian BUMN, Chairul Tanjung lahir di Jakarta, pada tanggal 16 Juni 1962.

Dia adalah pengusaha asal Indonesia yang pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa sejak 19 Mei 2014 hingga 27 Oktober 2014.

Namanya dikenal luas sebagai pengusaha sukses yang memimpin CT Corp.

Chairul yang memiliki enam saudara ini memulai pendidikannya dengan bersekolah di SD dan SMP Van Lith, Jakarta. Kemudian Chairul melanjutkan ke SMA Negeri 1 Jakarta. Tidak ingin menundah waktu, Chairul melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi tepatnya di Universitas Indonesia Jurusan Kedokteran Gigi hingga akhirnya lulus di tahun 1987.

Chairul memulai bisnisnya ketika dia kuliah di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia. Sempat jatuh bangun, akhirnya dia sukses membangun bisnisnya.

Kini perusahaan konglomerasi miliknya CT Corp, menjadi sebuah perusahaan yang membawahi beberapa anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan CT Global Resources.

Perjalanan Bisnis Chairul Tanjung

Dikutip dari laman resmi universitas Ciputra, Chairul memulai bisnisnya dengan berjualan buku, kemudian mendirikan usaha fotokopi hingga berjualan kaos. Semua jenis usaha itu ia jajal bukan hanya untuk pengalamannya dalam berbisnis, tetapi juga untuk membiayai kuliahnya.

Chairul juga sempat mendirikan toko yang menyediakan peralatan laboratorium dan kedokteran di kawasan Senen, namun usaha ini bangkrut.

Tak pantang menyerah hingga akhirnya Chairul dan ketiga temannya membuka sebuah usaha ekspor sepatu anak dengan nama PT Pariarti Shindutama.

Usaha yang dilakukan Chairul dan ketiga temannya ini cukup sukses dan berhasil mendapatkan pesanan sepatu dari Italia sebanyak 160.000 pasang. Namun, karena perbedaan visi dan misi Chairul memutuskan untuk keluar dari bisnis tersebut.

Dengan bekal pengalaman dan modal jaringan yang cukup luas, Chairul memulai bisnis Para Group dan berkembang pesat hingga pada tahun 1997 berhasil mendirikan Bank Mega yang pada mulanya adalah Bank Karman yang dibeli seluruh kepemilikannya oleh Chairul.

Para Group inilah yang menjadi cikal bakal dari CT Corp dan menjadikannya salah satu orang sukses di Indonesia.  Chairul melebarkan sayap di dunia bisnis dengan mengembangkan bisnis pertokoan melalui Bandung Supermall.

Tak hanya sampai disitu, Chairul juga memfokuskan bisnis di bidang multimedia dengan mendirikan Trans TV.

Chairul Tanjung menjadi konglomerat yang menguasai bank terbanyak. Perinciannya, tiga bank berstatus anak usaha yakni PT Bank Mega Tbk. (MEGA), PT Bank Mega Syariah, serta PT Allo Bank Indonesia Tbk. (BBHI).

Tak hanya itu, Chairul Tanjung melalui Mega Corpora juga terpantau menggenggam kepemilikan saham di beberapa bank daerah, seperti di Bank Sulteng yang memiliki 24,9% saham dan menggenggam sebanyak 24,82% di Bank Sulutgo.

Riwayat Pekerjaan:

Pendiri PT. Pariarti Shindutama
CEO Bandung Supermall
CEO Trans Corp
CEO Para Group
Komisaris Utama PT Carrefour

Riwayat Pendidikan:

SD Van Lith, Jakarta 
SMP Van Lith, Jakarta 
SMA Negeri I Boedi Oetomo, Jakarta 
Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia 
Executive IPPM (MBA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler