Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosok di Balik Grup Kawan Lama yang Lepas Lisensi Ace Hardware Amerika

Grup Kawan Lama bakal segera melepas lisensi Ace Hardware Amerika, telah mengganti nama menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia dan siapkan logo baru.
Kuncoro Wibowo Chairman Kawan Lama Group/kawanlamagroup
Kuncoro Wibowo Chairman Kawan Lama Group/kawanlamagroup

Bisnis.com, JAKARTA — Ace Hardware Indonesia, yang kini telah berganti nama menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk. (ACES) bakal segera mengakhiri perjanjian lisensi dengan Ace Hardware Corporation (US) mulai 2025 dan seterusnya. 

Dengan putus hubungan lisensi tersebut, perseroan tak lagi perlu membayar biaya lisensi merek yang sudah 29 tahun hadir ditengah masyarakat Indonesia.

Di belakang jenama waralaba itu ada perusahaan konglomerat milik miliarder Indonesia, yakni PT Kawan Lama Sejahtera yang digawangi Kuncoro Wibowo. 

Sosok di Balik Grup Kawan Lama

Mengutip laman resmi Kawan Lama, sejarah perusahaan tersebut dimulai pada 1955 ketika Wong Jin mendirikan toko perkakas sederhana berukuran 3x3 meter di Kawasan Glodok, Jakarta. 

Setahun kemudian, anaknya, Kuncoro Wibowo, lahir dan siapa sangka tumbuh menjadi generasi penerus bisnis Kawan Lama yang membawa bisnis ini menjadi perusahaan nasional.

Pria yang lahir pada 1956 itu sejak kecil hingga remaja sudah jadi pekerja keras dan selalu haus akan ilmu. Meski, Kuncoro tidak mengenyam pendidikan formal karena peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang berujung pada percobaan kudeta dan pembunuhan massal, dia tetap mengenyam pendidikan dengan home schooling.

Sejak remaja dia juga sudah sering membantu sang ayah berjualan di toko perkakasnya. Namun dia juga terus mengasah kemampuan dengan belajar bahasa Inggris dan Mandarin. 

Ketika situasi sudah mulai membaik, dia melanjutkan pendidikannya pada 1977 di London Business School di Inggris dalam program non-diploma. Lalu, pada 1993, dia lulus dari Universitas Terbuka jurusan Manajemen Ekonomi.

Pada 1968, dia mulai masuk dalam usaha sang ayah dan membawa manajemen modern sehingga dapat memperluas pemasok produk dari berbagai negara lain.

Bisnisnya terus berkembang, hingga mulai 1970-an, bisnis keluarga ini menerapkan pendekatan yang lebih personal kepada para pelanggannya. Tidak hanya menunggu pelanggan datang tetapi langsung mendatangi mereka serta berhubungqn langsung dengan para principal di berbagai negara terus dibangun.

Ketika ayahnya meninggal pada 1981, Kuncoro pun mengambil alih perusahaan mereka PT Kawan Lama Sejahtera, yang saat itu baru membuka kantor pusatnya di kawasan Glodok.

Bermula dari kegigihan yang awalnya hanya membantu ayahnya untuk cari pemasok dan menghadiri beragam pameran perkakas itu menjadi cikal-bakal hadirnya Kawan Lama Group, di mana grup ini kemudian memegang lisensi berbagai brand, mulai dari Informa, Chatime, Toys Kingdom hingga Kawan Lama Sejahtera.

Mengutip Forbes, kini Kuncoro bahkan telah menjadi miliarder dengan kekayaan US$1,05 miliar atau sekitar Rp16,68 triliun.

Pada 1995, Kuncoro Wibowo kembali berekspansi dengan mendirikan PT ACE Hardware dan menjadi pemilik lisensi tunggal ACE Hardware, yaitu perusahaan perkakas yang berasal dari Amerika Serikat. ACE Hardware untuk pertama kalinya dibuka di Supermal Karawaci, Kota Tangerang.

Namun, pada 2024, Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Ace Hardware Tbk. (ACES) pada Jumat (7/6/2024) menyetujui perubahan nama perusahaan menjadi PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk.

Selain mengubah nama yang disepakati pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Jumat (7/6/2024), ACES juga telah meluncurkan logo baru perusahaan yang berbeda dengan yang sebelumnya juga dipakai oleh Ace Hardware di AS.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper