Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Deretan Bisnis Kaesang yang Masih Beroperasi

Masih aktif beroperasi, ini deretan bisnis milik anak Jokowi, Kaesang Pangarep
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono usai mencoblos di TPS 063 Tower 10 Apartemen Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama Erina Gudono usai mencoblos di TPS 063 Tower 10 Apartemen Taman Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024). JIBI/Annasa Rizki Kamalina

Bisnis.com, JAKARTA – Kaesang Pangarep merupakan putra bungsu dari Presiden Joko Widodo yang sekaligus ketum PSI.

Sebelum terjun ke politik, Kaesang juga memiliki jiwa seorang wirausaha dan memiliki beberapa bisnis.

Bisnis yang Kaesang jalankan beragam, mulai dari bisnis makanan, keuangan, teknologi, hingga tekstil. Berikut deretan bisnis Kaesang yang masih beroperasi:

1. Sang Pisang
Sang Pisang merupakan salah satu bisnis kuliner Kaesang yang paling terkenal. Bisnis tersebut didirikan pada tahun 2017 bersama dengan rekannya, Ansari Kadir. Bermodalkan Rp30 juta, bisnis Sang Pisang telah melakukan ekspansi ke Malaysia pada tahun 2019. Pada tahun 2023, bisnis tersebut telah memiliki 100 gerai di Indonesia–dengan lebih dari 1500 karyawan. Sang Pisang menawarkan berbagai menu, seperti banana naget, pisang madu, keripik pisang, dan lain-lain.

2. Mangkok Ku
Selain Sang Pisang, Kaesang juga memiliki bisnis di bidang kuliner bernama Mangkok Ku. Bisnis ini merupakan hasil kolaborasi dengan Chef Arnold, Randy J. Kartadinata, dan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. Sesuai namanya, Mangkok Ku menjual berbagai jenis nasi di mangkok, atau yang lebih akrab disebut rice bowl. Usaha ini didirikan pada tahun 2019, dan berhasil membuka 54 gerai di 16 kota pada tahun 2022.

3. Let’s Toast
Bisnis kuliner Kaesang juga merambah ke para pecinta roti. Bisnis yang diberi nama Let’s Toast ini merupakan salah satu UMKM yang didirikan pada tahun 2019. Saat ini, Let’s Toast sudah memiliki banyak gerai di beberapa daerah, seperti di Tendean, Setiabudi, Bintaro, Cipete, Kemayoran, Cikini, dan lain-lain. Let’s Toast memiliki kisaran harga mulai dari Rp6.000 saja.

4. Hompimpa Gamers
Tak hanya kuliner saja, Kaesang juga memiliki bisnis di dunia hiburan, lebih tepatnya di dunia permainan. Kaesang memiliki bisnis bernama Hompimpa Gamers, yang berfokus dalam menciptakan broad games untuk melatih kecerdasan dan mengedepankan budaya Indonesia.

5. Saham Rakyat
Pada Agustus 2020, Kaesang mendirikan sebuah platform komunitas saham bersama dengan Kevin Hendrawan. Platform ini dapat Anda gunakan untuk membeli dan mempelajari informasi tentang saham. Aplikasi ini pun sudah terdaftar pada lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Enigma Bootcamp

Enigma Bootcamp bergerak di bidang pelatihan IT. Usaha ini bertujuan untuk memberikan dampak positif lewat IT dan edukasi dengan melakukan berbagai macam pelatihan. Pada Enigma Bootcamp, Anda dapat belajar bahasa pemrograman–seperti Java, Javascript, dan Typescript. Jika Anda berminat, Anda dapat mengikutinya dengan harga yang cukup terjangkau.

7. Yang Ayam

Yang Ayam menjadi bisnis Kaesang lainnya yang bergerak di bidang kuliner, lebih tepatnya produk olahan daging ayam. Bisnis ini menjual ayam goreng tepung dengan berbagai varian sambal. Sudah berjalan sejak tahun 2019, Yang Ayam sudah memiliki gerai di Jakarta, Depok, dan Solo. (Rafi Abid Wibisono)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper