Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Cara Membuat Batasan di Tempat Kerja

Di tempat kerja, Anda harus memiliki batasan dengan rekan kerja Anda, ini caranya
Ilustrasi karir/linkedin
Ilustrasi karir/linkedin

Bisnis.com, JAKARTA -  Membuat batasan dalam batasan sering kali tampak seperti tugas yang berat.

Namun, menetapkan batasan yang jelas sangat penting untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang sehat serta menjaga kesehatan mental dan produktivitas.

Tanpa batasan, kita akan mudah kewalahan, sehingga menyebabkan kelelahan dan penurunan efisiensi.

Menetapkan batasan bukan berarti bersikap kaku atau tidak fleksibel, ini tentang mengetahui batasan Anda dan memastikan Anda memiliki waktu dan energi untuk memenuhi komitmen pribadi dan profesional Anda.

Hal ini memungkinkan Anda menciptakan ritme kerja yang berkelanjutan, dimana Anda bisa menjadi produktif tanpa mengorbankan kehidupan pribadi Anda.

Berikut lima cara praktis menetapkan batasan dalam profesional

1. Prioritaskan perawatan diri

Jadikan perawatan diri, baik itu berolahraga, membaca, atau tindakan perawatan diri lainnya, sebagai bagian hidup tanpa syarat.

Seseorang harus mencari waktu untuk melakukan hal-hal yang menyegarkan dan menempatkannya di urutan teratas daftar prioritas.

Perawatan diri akan membantu mengelola stres, menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat, dan pada akhirnya menjadikan seseorang lebih efektif dan bahagia dalam peran tersebut.

2. Delegasikan tanggung jawab

Tidak perlu melakukan semuanya sendiri. Percayai tim dan delegasikan tugas bila diperlukan. Delegasi adalah tanda menghargai kerja sama tim dan dengan demikian memercayai kemampuan rekan kerja.

Ini juga melindungi seseorang dari kewalahan dan tugas-tugas yang menyita waktu secara tidak perlu.

3. Beristirahatlah secara teratur

Istirahat teratur juga harus dilakukan untuk menghindari kelelahan. Tetapkan beberapa menit istirahat dalam sehari agar memiliki cukup waktu untuk memulihkan tenaga. Bangun dari meja, berjalan-jalan, atau bermeditasi. Praktik ini akan meningkatkan produktivitas dan mengingatkan kita akan pentingnya perawatan diri.

4. Belajar mengatakan tidak

Tidak apa-apa untuk mengatakan tidak pada lebih banyak pekerjaan jika itu membebani Anda. Jelaskan dengan sopan bahwa Anda sudah memiliki sepiring penuh dan kemudian sarankan apakah Anda dapat melakukannya di lain waktu atau mungkin sesuatu yang lain.

Mengatakan tidak membantu Anda fokus pada prioritas Anda tanpa mengurangi efektivitas Anda. Melakukan beberapa hal dengan baik selalu lebih baik daripada melakukan banyak hal buruk.

5. Komunikasikan keterbatasan Anda

Seseorang dapat menetapkan batasan dan batasan serta berkomunikasi dengan jelas dengan rekan kerja mereka tentang ketersediaan mereka dan jam berapa mereka dapat tersedia untuk berkomunikasi.

Definisi batasan yang jelas membantu memastikan semua orang memiliki pemahaman yang sama, sehingga mengurangi kesalahpahaman dan stres yang tidak semestinya. Ini bukannya tidak kooperatif; ini hanya tentang ekspektasi realistis terhadap diri sendiri dan orang lain.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper