Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisah Sukses Kakak & Adik dalam Bisnis Puding

Peluang bisnis kuliner atau usaha di bidang makanan dan minuman termasuk bisnis yang menjanjikan. Selama manusia masih butuh makan dan minum, selama itu pula pelaku usaha bisa mendulang untung besar.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Peluang bisnis kuliner atau usaha di bidang makanan dan minuman termasuk bisnis yang menjanjikan. Selama manusia masih butuh makan dan minum, selama itu pula pelaku usaha bisa mendulang untung besar.

Di samping menjualan makanan utama, jenis lain yang disukai konsumen adalah makanan penutup (desert). Salah satu desert yang populer di lidah masyarakat Indonesia adalah puding. Pelaku usaha yang merasakan manisnya laba dari bisnis ini adalah pasangan kakak adik Adrian Christopher Agus dan Eugenie Patricia Agus. Di bawah bendera Puyo, mereka merintis bisnis ini sejak Juli 2013.
 
Adrian mengaku alasan dia memproduksi puding awalnya iseng belaka. "Waktu itu ayah mencoba membuat resep puding. Ternyata, rasanya enak dan berbeda dengan puding yang dijual di pasar. Kami melihat ini sebagai peluang potensial," ujar pria yang baru berusia 22 tahun ini.
 
Bermodalkan uang Rp5 juta dari sang ayah, kakak adik ini mulai membeli perlengkapan dan peralatan untuk membuat puding. Setelah bereksperimen selama tiga bulan, Adrian menjual puding Puyo pada Juli 2013.
 
Menurut dia, satu hal yang membedakan Puyo dengan puding lainnya ada di bahan dasar dan rasa. Alih-alih menggunakan susu hewani, dia justru memilih susu nabati yang lebih sehat. "Bukan cuma lebih sehat, puding kami juga cocok bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi susu hewani."
 
Selain itu, Puyo juga menawarkan rasa-rasa tak biasa, misalnya ubi ungu (taro), permen karet (bubble gum), pisang, teh hijau (green tea), stroberi, cokelat, mangga, dan hazelnut. Setial rasa hadir dengan warna puding yang menarik dan berbeda satu sama lain.
 
Pertumbuhan usaha Adrian dan Eugene tak hanya terlihat dari bertambahnya varian rasa, tetapi kapasitas produksi. Jika dulu dia hanya mampu membuat 100 cup puding, kini tim Puyo mampu menghasilkan 2.000-3.000 cup puding setiap hari.
 
Satu kemasan puding Puyo memiliki isi 240gram. Adrian membanderol puding-puding tersebut dengan harga Rp12.500 per cup dan Rp135.000 untuk satu lusin cup puding. Sayangnya, dia tidak mau mengungkapkan omzet dan margin keuntungan yang dia dapat. "Omzet Puyo di luar ekspektasi kami. Yang jelas, bisnis puding ini sangat potensil," katanya.

Setelah sukses menggaet konsumen via media sosial, dia juga beberapa kali mengikuti bazaar. Dari situ, antusiasme pembeli akan brand Puyo terus meningkat. Selain mengikuti bazaar, dia pun memberanikan diri untuk membuka gerai atau booth di dalam mall. Booth Puyo pertama diresmikan di salah satu pusat perbelanjaan di Alam Sutera, Tangerang, Jawa Barat dan booth kedua berlokasi di daerah Jakarta Selatan.

Karena berlokasi di mall, tak heran pembeli puding-puding nan lezat ini datang dari kalangan anak-anak muda yang berusia mulai dari 15-25 tahun. Kendati demikian, Adrian tak menampik bahwa ada juga ibu-ibu yang gemar membeli puding buatannya. "Biasanya mereka [ibu-ibu] membeli untuk keluarga, acara ulang tahun anak, atau arisan," kata Adrian.

Soal peluang, Adrian mengatakan tren bisnis makanan bisa naik dan turun dalam waktu singkat. Kendati saat ini merasakan sukses, dia tak lantas diam dan berpangku tangan. "Satu hal yang terpenting di bisnis kuliner adalah inovasi. Makanya, kami tak boleh lengah dan tetap berkreasi membuat kudapan yang unik dan enak."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper