Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis yang Cocok Digarap Setelah Lebaran, Bisa Tambah Cuan

Usai lebaran, intip 10 Ide bisnis yang cocok digeluti dan berpotensi cuan berikut ini
10 Ide Bisnis yang Cocok Dibuka Setelah Lebaran./JIBI-Dwi Prasetya
10 Ide Bisnis yang Cocok Dibuka Setelah Lebaran./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Tak hanya saat Ramadan, tapi momentum setelah lebaran juga bisa dimanfaatkan untuk mendulang untung dari peluang bisnis yang kembali terbuka. 

Beberapa jenis bisnis yang cocok dibuka setelah lebaran juga tak menutup kemungkinan untuk dikembangkan hingga bisa mendulang cuan sepanjang tahun dan berlangsung dalam jangka panjang. 

Mengutip berbagai sumber, berikut ini adalah 10 rekomendasi ide bisnis yang cocok dibuka setelah periode lebaran:

1. Jasa cuci kendaraan

Jasa cuci kendaraan bakal begitu laris menjelang hingga setelah lebaran. Pasalnya, pada momentum ini akan ada banyak orang yang mudik menggunakan kendaraan mobil. Ketika akan berangkat ke kampung halaman atau ketika pulang ke rumah masing-masing, mereka perlu waktu istirahat sementara mobil harus segera digunakan keesokan hari dalam keadaan bersih. 

Pada momentum ini, Anda bisa memanfaatkan peluang dengan membuka jasa cuci kendaraan. Semakin bagus kualitas kebersihan dan fasilitas yang ditawarkan, bisnis cuci mobil ini akan laris dan mudah dikembangkan. 

2. Jasa laundry

Selain cuci mobil, akan ada banyak orang yang mencari jasa untuk mencuci baju. Karena selain pemudik, mereka yang ditinggalkan para asisten rumah tangga selama libur lebaran juga akan kewalahan untuk mencuci baju mereka sendiri. 

Anda bisa memanfaatkan periode setelah lebaran ini untuk memulai bisnis laundry dan meringankan pekerjaan mereka. Sambil memperkenalkan bisnis Anda, membuka bisnis setelah lebaran bisa dengan menawarkan promo-promo khusus. 

3. Katering makanan sehat atau katering diet

Setelah puasa dan lebaran, pola makan kita cenderung tidak teratur. Hidangan lebaran juga biasanya mengandung banyak karbohidrat dan lemak. 

Membuka usaha katering makanan sehat atau diet bisa membuka peluang akan ramai pelanggan yang ingin memperbaiki pola makannya, tetapi tidak sempat untuk membuat makanan sehat sendiri.

4. Mainan

Tradisi lebaran di berbagai daerah di Indonesia biasanya memberikan uang ke anak-anak kecil. Anak kecil cenderung membelanjakan uang tersebut untuk membeli mainan atau barang-barang hobi yang mereka gemari. Membuka bisnis mainan memiliki peluang ramai pembeli setelah lebaran.

5. Hewan kurban

Selang dua bulan setelah lebaran, yakni Juni 2024, akan memasuki bulan Dzulhijjah, yang merupakan hari raya Iduladha. Setelah lebaran, sementara masih memiliki uang THR, mungkin masyarakat akan mulai mencari hewan-hewan kurban untuk dikurbankan saat Iduladha.

6. Wedding Organizer (WO)

Membentuk bisnis jasa ini memang berpeluang besar terutama setelah lebaran karena banyak Muslim yang menggelar pernikahannya di bulan Syawal atau setelah lebaran. Hal ini dikarenakan umat Islam percaya bahwa bulan tersebut adalah bulan baik.

Kementerian Agama mengungkapkan, bulan Syawal merupakan waktu disunahkannya menikah untuk menghilangkan kepercayaan orang-orang Arab Jahiliyah yang menganggap bahwa pernikahan di bulan Syawal adalah sebuah kesialan dan akan berujung perceraian. Oleh karena itu, Muslim dianjurkan menikah pada bulan Syawal sebagai bentuk ibadah menjalankan sunah Rasulullah.

7. Perlengkapan sekolah

Anak-anak akan kembali sekolah setelah menjalani libur panjang lebaran, yang juga dekat dengan liburan sekolah. Oleh karena itu, bisnis ini juga cocok dan berpotensi ramai pembeli setelah lebaran.

8. Oleh-oleh Khas Daerah

Setelah lebaran, para emudik akan banyak mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang dan dibagikan kepada teman-teman di kantor atau tetangga di rumah. Menjual oleh-oleh khas daerah di kampung halaman bisa menjadi peluang bisnis yang bakal laris manis setelah lebaran. 

9. Bahan-bahan pokok

Bahan-bahan pokok selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Sementara banyak toko yang tutup setelah lebaran, membuka toko kelontong pada periode ini bisa menjadi pilihan bisnis yang cocok untuk mendulang peluang agar dikenal warga sekitar dan ramai setelah lebaran.

10. Jasa bersih-bersih rumah

Jasa bersih-bersih rumah bisa menjadi peluang bisnis yang ramai setelah lebaran. Setelah merayakan Idulfitri dan menerima banyak tamu, kemungkinan rumah akan berantakan. Masa sekarang, yang serba cepat dan instan, jasa home cleaning atau bersih-bersih rumah menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper