Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ide Bisnis yang Bisa Tambah Cuan saat Bulan Ramadan

Saat bulan Ramadan, Anda bisa menggeluti bisnis ini agar menambah cuan
Ide Bisnis yang Bisa Tambah Cuan saat Bulan Ramadan./Bisnis.com-Ilham Budhiman
Ide Bisnis yang Bisa Tambah Cuan saat Bulan Ramadan./Bisnis.com-Ilham Budhiman

Bisnis.com, JAKARTA – Berjualan saat bulan puasa menjadi rutinitas yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Pasalnya, kegiatan ini dapat memberikan cuan tambahan yang bisa digunakan untuk tambahan membeli baju lebaran.

Bulan puasa identik dengan ngabuburit atau kegiatan jalan-jalan sore untuk berburu takjil sebagai menu tambahan berbuka puasa.

Sehingga ide berjualan makanan atau minuman selalu jadi incaran bagi para pengusaha.

Selain berjualan makanan, berikut rekomendasi bisnis saat bulan puasa dihimpun dari berbagai sumber

1. Takjil

Jualan takjil menjadi tren saat bulan puasa. Mulai dari aneka minuman dingin seperti es buah, es campur, es cincau, dan es cendol menjadi incaran bagi setiap masyarakat sebagai menu buka puasa. Bisa dikatakan menu ini wajib dikonsumsi saat berbuka puasa karena memberikan kenikmatan sendiri. 

Tidak hanya minuman dingin, gorengan juga jadi incaran saat waktu adzan maghrib tiba. Tak heran, kedua jenis makanan dan minuman tersebut selalu ramai peminatnya. Kalian bisa membuat bakwan, tempe goreng, tahu goreng, cireng, lontong, dan aneka gorengan lainnya. 

Seperti diketahui, mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa merupakan Sunnah dari rasul. Sehingga banyak masyarakat yang mencari buah ini saat puasa. Kalian bisa menjadi reseller atau pihak yang menjual kembali produk kepada konsumen. Untuk produknya, Anda bisa mencari ke produsen atau marketplace terpercaya.

2. Kue Kering

Berjualan nastar dan kue keju, misalnya, merupakan salah dua rekomendasi jualan kue kering yang tidak pernah absen ketika bulan puasa.

Pasalnya, makanan tersebut atau aneka kue kering lainnya selalu cemilan untuk menyambut para tamu yang sedang bersilaturahmi.

3. Katering

Usaha catering bisa mendongkrak penghasilan kalian saat bulan puasa. Apalagi, acara Bukber atau buka bersama selalu menjadi agenda tak terlupakan ketika bulan puasa. Tentunya, memesan menu catering jadi solusi agar semua menu saat berbuka puasa bisa terpenuhi. 

4. Ketupat

Ketupat selalu disuguhkan saat Hari Raya Idul Fitri atau hari penting lainnya. Ketupat selalu disandingkan dengan sayur labu atau opor. Oleh karena itu, Anda bisa membuat ketupat matang atau menjual anyaman ketupatnya saja.

5. Pakaian Muslim

Pakaian muslim selalu dibeli oleh masyarakat untuk mempersiapkan jelang hari lebaran. Permintaan dari usaha ini bisa meroket secara signifikan dan membawa keuntungan yang menjanjikan.

Sama seperti berjualan kurma, kalian bisa menjadi reseller pakaian muslim. Produk ini meliputi, baju koko, gamis, kopiah atau peci, mukena, dan sarung.

6. Jasa Penukar Uang

Berbagi Tunjangan Hari Raya (THR) seperti budaya ketika lebaran. Biasanya setiap orang yang bekerja akan memberikan THR kepada anak, keponakan, dan sanak saudara. Umumnya THR dibagikan dalam nominal Rp2.000 sampai Rp10.000. Oleh karena itu, menjadi jasa penukar uang bisa menjadi alternatif ide bisnis ketika bulan puasa.

7. Parsel

Membawa buah tangan saat berkunjung kerumah saudara ketika lebaran salah satu rangkaian yang selalu dilakukan. Kalian bisa mempersiapkan berbagai bahan untuk parcel, seperti makanan, baju,dan peralatan ibadah.

8. Rental Mobil

Bagi Anda yang mobilnya tidak terpakai saat lebaran, mungkin bisa dijadikan peluang bisnis dengan merentalkannya. Bisnis ini bisa menjadi pasif income kalian. Tentunya, kalian juga harus mempersiapkan kebutuhan yang mendukung aspek keamanan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda bisa membuka harga sewa mulai Rp350.000 sampai Rp500.000. (Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper