Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Ide Bisnis Keluarga yang Bisa Dicoba Tahun 2024

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis di rumah pada 2024, maka bisa mencoba ide bisnis di bawah ini.
Simak ide bisnis keluarga yang bisa dijalankan dari rumah
Simak ide bisnis keluarga yang bisa dijalankan dari rumah

Bisnis.com, BANDUNG – Bisnis keluarga adalah jenis bisnis yang biasanya dijalankan secara turun temurun di keluarga. Di Indonesia, banyak perusahaan besar yang dimulai dari bisnis bersama keluarga.

Jika Anda tertarik untuk mulai menjalankan bisnis keluarga, berikut adalah beberapa bisnis keluarga yang bisa dicoba.

1. Layanan bimbingan belajar online

Dengan meningkatnya permintaan akan pendidikan online, membuka layanan bimbingan belajar online bisa sangat menguntungkan.

Anda bisa memanfaatkan media pembelajaran online seperti zoom untuk membuat kegiatan belajar mengajar lebih mudah. Materi pembelajaran bimbingan online bisa bervariasi, mulai dari kelas musik, bahasa asing, dan lain-lain.

2. Toko roti

Toko roti merupakan salah satu bisnis keluarga yang cocok untuk keluarga yang gemar membuat kue. Salah satu keuntungan dari bisnis ini adalah dapat dimulai dengan modal terbatas, dan mulai menjual dalam jumlah yang kecil.

Anda bisa memilih untuk memproduksi roti dari rumah dan memasarkannya secara online.

3. Bisnis sayuran organik

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan makanan sehat yang tinggi, salah satunya sayuran organik. Hal ini bisa menjadi ide bisnis yang menarik.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa memanfaatkan halaman rumah dengan menggunakan teknik menanam hidroponik.

4. Kerajinan tangan

Jika Anda memiliki hobi dan kemampuan untuk membuat kerajinan tangan, bisnis ini bisa menjadi pilihan. Anda bisa memanfaatkan kreativitas Anda untuk membuat sebuah produk.

Namun, sebaiknya Anda membuat produk yang unik dan berbeda dengan yang sudah ada agar bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pembeli.


5. Studio fotografi

Fotografi adalah salah satu industri yang telah mengalami perkembangan. Dengan meningkatnya teknologi modern, memulai sebuah bisnis studio fotografi bisa menjadi sangat mudah.

Anda bisa membuat studio fotografi yang dikelola keluarga untuk mengabadikan kenangan khusus bagi para klien.


6. Coffee shop

Tingginya minat masyarakat terhadap kopi bisa Anda manfaatkan menjadi bisnis, salah satunya bisnis kedai kopi. Anda bisa memadukan produk kopi Anda dengan lokasi kedai yang strategis serta interior yang nyaman untuk menarik pelanggan.

7. Pet shop atau tempat penitipan hewan

Jika Anda senang dan mengerti bagaimana merawat hewan, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuka bisnis pet shop atau tempat penitipan hewan.

Bisnis ini bisa sangat menjanjikan, karena orang yang bekerja jauh dari rumah tentu memerlukan tempat untuk menitipkan hewan peliharaan mereka.

8. Layanan pengiriman

Sejak menjamurnya e-commerce dan penjualan online, layanan pengiriman menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan.

Anda bisa mencoba untuk menawarkan layanan pengiriman cepat untuk menarik pelanggan. Namun, untuk mengoperasikan bisnis ini mungkin memiliki beberapa lisensi dan izin beroperasi. Selain itu, asuransi kurir juga diperlukan untuk menjalankan bisnis ini.

9. Bisnis pariwisata

Jika Anda tinggal di daerah tujuan wisata seperti Yogyakarta, Bali, Bandung, atau kota-kota pariwisata lainnya, Anda bisa mencoba untuk memulai bisnis pariwisata.

Anda bisa memulai dengan bisnis penginapan, rental kendaraan, pemandu wisata, atau membuka toko souvenir dan oleh-oleh khas daerah setempat.

10. Rental mobil atau motor

Untuk memulai bisnis rental mobil atau motor, Anda tidak perlu melibatkan seluruh anggota keluarga, melainkan Anda bisa menjalin kerja sama dengan satu atau dua orang anggota keluarga dan membagi tugas.

Namun, salah satu kendala untuk membuka rental kendaraan adalah harganya yang tinggi dan memerlukan modal yang cukup besar. (Kresensia Kinanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper