Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia 5 Ide Bisnis Kecil, Modal Minim Peluang Cuan Besar

5 Ide bisnis dengan peluang sukses besar yang bisa dicoba tahun ini
Ilustrasi dropshipper
Ilustrasi dropshipper

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini usaha kecil banyak sekali bermunculan, dan tak sedikit yang dapat bertumbuh dengan pesat.  

Munculnya teknologi ditambah dengan kecerdasan buatan telah mendorong pertumbuhan usaha kecil. Menurut laporan Bank Dunia, usaha kecil dan menengah merupakan mayoritas bisnis di dunia, mewakili 90 persen bisnis global dan 50 persen penyedia lapangan kerja di seluruh dunia.  

Faktanya, usaha kecil dan menengah menyumbang 40 persen pendapatan nasional (PDB) di negara-negara berkembang. 

Jika melihat perusahaan-perusahaan yang sukses saat ini dulunya adalah sekadar ide bisnis yang menunggu untuk diimplementasikan dan dimulai dari bisnis kecil-kecilan. 

Usaha kecil juga mungkin bisa menjadi masa depan pasar kerja dan membuka banyak lapangan pekerjaan. Dengan kemajuan teknologi, tidak mengherankan jika banyak orang beralih menjadi wiraswasta.

Namun, tidak semua ide bisnis menawarkan keuntungan besar. Oleh karena itu, mengutip Insider Monkey, berikut ini ada lima ide bisnis kecil paling sukses:

5. Layanan Digital Marketing

Margin bersih Industri: 5,34 persen

Layanan pemasaran digital bukan hanya salah satu ide bisnis kecil yang paling sukses, tetapi juga merupakan industri yang populer untuk dikerjakan. 

Pemasaran digital memilii kebutuhan besar saat ini, dan setiap perusahaan membutuhkannya, baik dalam bentuk konsultasi SEO atau manajemen media sosial.  

Menurut laporan penelitian Grandview, pasar perangkat lunak pemasaran digital global bernilai US$65,33 miliar pada 2022. Pasar perangkat lunak pemasaran digital global diperkirakan akan tumbuh menjadi US$264,15 miliar pada 2030, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 19,4 persen. 

4. Layanan Komputasi Awan (Cloud Computing)

Margin Bersih Industri: 11,17 persen

Komputasi awan adalah ide bisnis sukses lainnya. Data sangat penting bagi bisnis saat ini. Komputasi awan berada di bawah industri perangkat lunak dan industri melaporkan margin bersih sebesar 11,17 persen sampai dengan 5 Januari 2023. 

3. Dropshipping

Margin Bersih Industri: -0,05 persen

Dropshipping adalah salah satu bentuk bisnis ritel yang populer masa kini, terlebih dengan adanya tren belanja online. Dropshipping  termasuk dalam ide bisnis kecil paling sukses. Bentuk bisnis retail ini mekanismenya adalah ketika penjual dan pelanggan saling bertukar pesanan tanpa penjual harus menyediakan tempat persediaan barang. 

Bentuk bisnis ritel ini menghemat biaya penyimpanan bagi penjual sehingga meningkatkan margin keuntungan bisnis.  Menurut laporan Grandview Research, pasar dropship global bernilai US$225,99 miliar pada 2022. Pasar dropship global diperkirakan akan tumbuh menjadi US$1,25 triliun pada 2030 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 23,4 persen. 

Dropshipping berada di bawah industri ritel online. Meskipun industri ini melaporkan margin bersih negatif, namun bisnis yang paling sukses terletak pada industri ini. 

2. Jasa Konsultasi Bisnis

Margin Bersih Industri: 4,32 persen

Konsultasi bisnis adalah salah satu ide bisnis kecil yang paling sukses. Konsultan bisnis menawarkan solusi profesional di bidang akuntansi, manajemen, sains, transformasi digital, dan teknologi.  

Bisnis konsultasi berada di bawah pasar bisnis dan layanan konsumen. Industri ini melaporkan margin bersih sebesar 4,32 persen pada 5 Januari, di 961 perusahaan yang diteliti Grandview Research. 

1. Layanan Perawatan Hewan Peliharaan

Margin Bersih Industri: 4,32 persen

Layanan perawatan hewan peliharaan termasuk di antara ide bisnis kecil yang paling sukses. Layanan perawatan hewan peliharaan meliputi persediaan hewan peliharaan, perawatan hewan peliharaan, dan penjualan hewan peliharaan itu sendiri.  

Menurut laporan Grandview Research, pasar layanan hewan peliharaan global bernilai US$24,92 miliar pada 2022. Industri layanan hewan peliharaan diperkirakan akan tumbuh hingga US$50,1 miliar pada tahun 2030 dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 9,1 persen. 

Industri layanan perawatan hewan peliharaan berada di bawah pasar bisnis dan layanan konsumen dan industri ini melaporkan margin bersih sebesar 4,32 persen pada 5 Januari, dari 961 perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper