Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inspirasi 10 Ide Bisnis Rumahan dengan Cuan Menjanjikan

Ini dia 10 ide bisnis yang bisa dilakukan mulai dari rumah dengan modal kecil dan omzet menjanjikan
Bisnis landry bisa jadi salah satu ide bisnis rumahan yang menguntungkan/JIBI-Dwi Prasetya
Bisnis landry bisa jadi salah satu ide bisnis rumahan yang menguntungkan/JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Membuka bisnis memang tidak mudah, karena butuh biaya, kemauan, dan kemampuan berwirausaha yang baik. 

Meskipun sulit, namun membuka bisnis juga bisa membuka peluang untuk meraup keuntungan lebih besar dan menambah pundi-pundi pendapatan. 

Membuka bisnis tak melulu harus di tempat yang berskala besar seperti sewa ruko atau menelan biaya mahal. 

Beberapa bisnis bisa dimulai dari rumah, dengan modal kecil, bahkan bisa tanpa modal. Dengan menghemat modal tanpa harus sewa toko, modal yang disiapkan bisa dialihkan untuk memaksimalkan kebutuhan lainnya. 

Adapun, hal yang harus disiapkan selain modal dan kemampuan berwirausaha adalah menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dijual, jangan asal lihat ada produk yang sedang ramai atau viral, sehingga tidak melakukan riset dan pengembangan yang dalam. 

Pastikan produk yang akan dijual beda dari yang sudah ada, lakukan modifikasi jika produk sejenis sudah pernah ada sebelumnya di lingkungan sekitar. 

Berikut ini rekomendasi usaha rumahan tanpa modal besar namun bisa menguntungkan

1. Frozen Food

Rekomendasi pertama untuk bisnis yang dimulai di rumah adalah dengan mengikuti agen frozen food. Makanan beku yang praktis ini memiliki peningkatan peminat seiring dengan masyarakat yang kembali sibuk, terutama usai pandemi. 

Modal yang harus disiapkan secara umum adalah menyiapkan freezer tambahan, sehingga mungkin biaya listrik di rumah juga akan meningkat. Namun, tak perlu takut sepi karena permintaan frozen food terus meningkat. 

Beberapa faktor yang membuat usaha ini laris manis adalah harganya yang murah meriah, praktis, dan rasanya tak perlu diragukan lagi membuat peminatnya semakin besar. 

Tak hanya sekadar nugget ayam atau sosis, frozen food kini juga sudah semakin bervariasi, mulai dari bakso, dimsum, aneka jajanan, hingga produk daging sapi yang siap saji. 

2. Jasa Laundry Kiloan

Dengan kesibukan masyarakat di kota besar yang semakin meningkat, mereka akan membutuhkan bantuan untuk mengerjakan pekerjaan rumah sehari-hari, salah satunya mencuci atau menyetrika baju. 

Oleh karena itu, membuka jasa laundry kiloan bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menguntungkan. Usaha laundry kiloan bisa dibuka di area yang ramai seperti dekat kost atau kompleks perumahan agar bisnis laundrynya semakin laris.

Modal yang diperlukan juga tak perlu langsung besar, bisa mulai dengan menambah satu mesin cuci dan setrika hingga nanti berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan. 

3. Bisnis Jasa Translator

Satu bisnis ini nyaris tak perlu modal, hanya perlu kemampuan bahasa asing yang mumpuni. 

Pasalnya, saat ini penggunaan bahasa asing sudah mulai digunakan di mana pun untuk berbagai kegiatan. Sementara, mengandalkan translator online berpotensi salah atau  tata bahasanya tidak sesuai dengan yang seharusnya. 

Oleh karena itu, keberadaan jasa penerjemah atau translator bisa menjadi peluang bisnis jasa yang cukup menjanjikan karena banyak orang membutuhkannya. 

4. Bisnis Lilin Aromaterapi 

Lilin aromaterapi mulai banyak diminati oleh masyarakat dan bahkan menjadi tren estetika, karena lilin aromaterapi mampu menimbulkan rasa relaksasi, mengendalikan stress, hingga membantu tidur nyenyak. 

Cara membuat lilin aromaterapi juga mudah, bahkan belakangan ada yang membuatnya dari minyak sisa masak atau minyak jelantah yang diolah kembali sehingga lebih ramah lingkungan. 

Melihat peminatnya yang semakin banyak, membuat peluang bisnisnya semakin besar dan menjanjikan. Apalagi, dengan tersedia di berbagai ukuran, lilin aromaterapi tidak hanya bisa digunakan secara pribadi tapi juga bisa dikemas menjadi produk souvenir atau kado. 

5. Bisnis Cuci Sepatu 

Bisnis jasa cuci pakaian atau laundry kiloan sudah cukup banyak tersebar, tapi bisnis satu ini masih jarang, padahal kebutuhannya cukup tinggi, yaitu cuci sepatu. 

Dengan semakin banyaknya merek dan model sepatu, semakin banyak pula orang yang mengoleksi sepatu dan membutuhkan perawatan khusus untuk sepatu-sepatu tersebut. 

Melihat kebutuhan itu, bisnis cuci sepatu berpeluang untuk menambah pundi-pundi pendapatan. Apabila bisa mengerjakan sepatu dengan bahan tertentu yang butuh perhatian khusus, toko cuci sepatumu bisa mendapat nilai tambah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper