Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tumbuhkan Minat Wirausaha, MPR: Orang Muda Harus Lebih Tertarik Ekonomi

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta mendorong generasi muda untuk lebih tertarik kepada ekonomi, yang bisa dilakukan dengan beragam cara termasuk penyelenggaraan jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Bandung, Mei 2016.
Ilustrasi/Surepayroll
Ilustrasi/Surepayroll

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta mendorong generasi muda untuk lebih tertarik kepada ekonomi, yang bisa dilakukan dengan beragam cara termasuk penyelenggaraan jambore Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Bandung, Mei 2016.

"Saya berharap dengan kegiatan jambore ini bisa mendorong generasi muda tertarik pada ekonomi," kata Wakil Ketua MPR Oesman Sapta dalam keterangan tertulis, Rabu (25/5/2016).

Oesman Sapta mengemukakan saat ini generasi muda jangan hanya berpikir menjadi pegawai negeri di pemerintahan tetapi harus turun ke akar rumput dengan membangun ekonomi rakyat.

Wakil Ketua MPR mengemukakan Hipmi memotori munculnya para pengusaha muda baru serta bisa mendorong untuk memenuhi kebutuhan kekurangan pengusaha di Tanah Air.

Sebagaimana diberitakan, Hipmi menyatakan penyelenggaraan Jambore Hipmi bertajuk Revolusi Mental di Bandung, Jawa Barat, 22-26 Mei 2016, bakal membangun jiwa kewirausahaan di antara para pemuda di Indonesia.

"Jambore ini akan mempromosikan semangat kewirausahaan di kalangan generasi muda terdidik dan produktif, yakni mahasiswa," kata Ketum Hipmi Bahlil Lahadalia.

Dia mengatakan tema yang diangkat dalam jambore tersebut, yakni "Revolusi Mental, Jalan Tengah Membangun Entrepreneur Muda Berdaya Saing di Era MEA".

Berdasarkan survei Hipmi, sebanyak 80% mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia masih bercita-cita menjadi pekerja, belum mau menjadi pengusaha. Padahal, lanjutnya, jumlah mahasiswa di Tanah Air terdapat sekitar 4 juta orang. "Di sisi lain, lapangan kerja sektor formal dan informal sangat terbatas," katanya.

Ketum Hipmi juga mengatakan Indonesia perlu menciptakan lebih banyak pengusaha untuk menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja, meningkatkan daya beli masyarakat, serta menciptakan kepastian pendapatan.

Dia memaparkan, saat ini Indonesia baru memiliki 1,5% pengusaha dari sekitar 252 juta penduduk Tanah Air. Sedangkan Indonesia dinilai masih membutuhkan sekitar 1,7 juta pengusaha untuk mencapai 2%. Adapun di negara Asean, seperti Singapura, tercatat sebanyak 7%, Malaysia 5%, Thailand 4,5%, dan Vietnam 3,3%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper