Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMPETISI USAHA: 6 Komunitas Menang, Dapat Duit Rp600 Juta

BISNIS.COM, JAKARTA--Arthur Gunnes Fund dan British Council menggelontorkan dana sebesar Rp600 juta bagi enam komunitas lokal di ajang Community Enterpreneurs Challenges 2013.Keenam komunitas tersebut berhasil menyisihkan sekitar 200 kelompok wirausaha

BISNIS.COM, JAKARTA--Arthur Gunnes Fund dan British Council menggelontorkan dana sebesar Rp600 juta bagi enam komunitas lokal di ajang Community Enterpreneurs Challenges 2013.

Keenam komunitas tersebut berhasil menyisihkan sekitar 200 kelompok wirausaha lainnya yang dinilai dari jenis usaha yang dimiliki masing-masing.

Wakil Arthur Guinnes Fund John Galvin mengungkapkan program tersebut dilaksanakan guna menekankan kepada masyarakat lokal untuk mengembangkan usaha berbasis komunitas.

"Kami ingin memberikan sesuatu yang menginspirasi, mendukung dan mengembangkan generasi pemimpin komunitas di bidang wiarausaha," ujarnya saat ditemui usai pembagian hadiah kepada pemenang di Ritz Carlton, Sabtu (23/03/2013) petang.

Sementara, Country Director British Council Indonesia Keith Davies mengatakan pihaknya bersama dengan Arthur Guinnes Fund ingin meningkatkan lebih banyak lagi program tersebut.

Menurutnya, sejak dimulainya program pada 2009, memasuki tahun ketiga ini pihaknya melibatkan lebih dari 200 komunitas dalam kompetisi tersebut.

"Kemitraan dengan Arthur sama saja artinya membantu kami dalam menjangkau jaringan wirausaha komunitas di Indonesia," ungkapnya.

Dengan begitu, lanjutnya kontribusi kedua pihak diharapkan dapat memberikan pendekatan alternatif pengembangan sosial untuk membantu menemukan solusi di lingkungan sosial.

Adapun enam komunitas yang berhasil mendapatkan uang masing-masing Rp100 juta antara lain untuk kategori pemula seperti Komunitas Pelangi Nusantara, Malang, Jawa Timur dengan bidang pemberdayaan perempuan.

Kemudian Koperasi Serba Usaha Nira Satria, Banyumas, Jawa Tengah dengan bidang pertanian, dan Kelompok Tani Wanita Sendya Mulya, Yogyakarta dengan bidang pertanian dan pemberdayaan perempuan.

Sementara Kategori Pra-Mandiri antara lain Koperasi Wana Lestari Menoreh, Yogyakarta, dengan bidang Konservasi hutan, Komunitas Brenjonk, Mojokerto dengan bidang pertanian organik dan eco tourism dan Komunitas Kapuk, Jakarta dengan bidang urban community development. (yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : Others
Sumber : Miftahul Khoer
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper