Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meminjam definisi Raymond W.Y Kao, 1995, yang juga dikutip the Ciputra’s Way, entrepreneurship merupakan  proses melakukan sesuatu yang baru (kreatif) dan sesuatu yang berbeda (inovatif) dengan tujuan menciptakan kesejahteraan individu dan member nilai tambah bagi bagi masyarakat…”

Ciputra melakukan tujuh inovasi di bidang property: Taman Impian Jaya Ancol dengan berbagai tema. Itu salah satunya.

Kini dia tengah menggagas, bagian dari mimpi dan ide bisnisnya, membangun taman wisata terpadu berskala raksasa seluas 3.000 hektare di kawasan pegunungan: sejuk dengan pemandangan alami seperti flora dan fauna.

“Taman wisata yang saya idam-idamkan sebuah taman yang lengkap. Seua unsure alam dijadikan satu,” katanya.

Bagi Pak Ci –panggilan akrab lelaki kelahiran Parigi ini—sekali lagi, bisa meniru dan meramu berbagai praktik terbaik untk menghasilkan produk atau jasa yang baru yang lebih baik dan bernilai dibadingkan dengan yang ditirunya.

Seseorang menjadi entrepreneur didorong keinginan menciptakan sesuatu yang baru, yang belum pernah ada sebelumnya. Bisa juga ingin melakukan sesuatu secara berbeda dari yang dilakukan kebanyakan orang. “Namun, bukan meniru yang ikut-ikuta…Tapi untuk meraih pangsa pasar,” pesan Pak Ci.

Di tenvgah persaingan bisnis, selain keberanian, dibutuhkan terobosan yang menyebabkan produk atau jasa berbeda dan lebih baik dari lainnya.

Pak Ci, dalam facebook-nya, mengatakan entrepreneur potensial harus selalu peka terhadap peluang yang tersebar dalam lingkungan internal dan eksternal  di mana mereka tinggal.

Kepekaan ini akan memungkinkan entrepreneur untuk membuat sebuah ide dari apa yang orang lain tidak bisa kenali.

Dia merujuk kepada  sumber peluang entrepreneurial  menurut Donald F. Kuratko, seorang pakar entrepreneurship terkemuka dari Amerika Serikat:

Entrepreneur potensial harus selalu peka terhadap peluang yang tersebar dalam lingkungan internal dan eksternal  di mana mereka tinggal. Kepekaan ini akan memungkinkan entrepreneur untuk membuat sebuah ide dari apa yang orang lain tidak bisa kenali. Berikut ini merupakan sebagian sumber peluang entrepreneurial yang paling menonjol menurut Donald F. Kuratko, seorang pakar entrepreneurship terkemuka dari Amerika Serikat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper