Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIPUTRA WAY: Arahkan Pikiran ke Praktik Terbaik

BISNIS.COM, JAKARTA--Pendiri Astra William Soeryadjaya yang biasa disapa Oom Wiliam salah satu orang yang dianggap sebagai bapak entrepreneur Indonesia. Pasalnya, dia  banyak menelurkan  pengusaha papan atas dan  masuk daftar Forbes sebagai

BISNIS.COM, JAKARTA--Pendiri Astra William Soeryadjaya yang biasa disapa Oom Wiliam salah satu orang yang dianggap sebagai bapak entrepreneur Indonesia. Pasalnya, dia  banyak menelurkan  pengusaha papan atas dan  masuk daftar Forbes sebagai orang terkaya di dunia.

Para pengusaha-pengusaha yang ia lahirkan bukan hanya dari orang-orang di luar lingkaran Grup Astra. Namun juga para mantan anak buahnya.

Dalam buku ‘Man of Honor Kehidupan, Semangat dan  Kearifan William Soeryadjaya’ disebutkan banyak profesional Astra pada generasi pertama  1960-an, generasi kedua era  1970-an  menjad pengusaha sukses setelah keluar dari Astra. Misalnya Benny Subianto, karirnya di Astra telah membawanya menjadi 14 orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2011. Kekayaan Benny mencapai US$ 1,05 miliar atau sekitar Rp 9 triliun, dengan posisi jadi orang terkaya ke-1.140 di dunia.

Pertanyaannya, apa yang menjadi kunci sukses mereka sehingga mampu lahir menjadi para pengusaha tangguh?  Ciputra, yang juga pernah dipaparkan dalam buku the Ciputra’s Way, sudah sering dikatakan.

Bagi Ciputra, dalam mengawali langkah menjadi entrepreneur, seseorang harus mengarahkan pikirannya kepada praktik-praktik terbaik yang pernah ada di bidang yang ingin digeluti sang calon entrepreneur.

Dia mencontohkan, bila seorang ingin terjun di bisnis property dan ingin menjalankan sebuah proyek tertentu, tidak bisa lain, sang calon entrepreneur harus banyak belajar tentang praktik-praktik yang pernah ada dalam mengelola proyek serupa.

Pak Ci mengatakan,”Setiap shopping centre yang baik, saya pergi melihatnya,” katanya. Dan, dia belajar dan mengambil tindakan dari apa yang dilihatnya. Bagaimana dengan Anda? Mainkan….

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper